Cara Membuat SIM Online Mudah Kapan & Di Mana Saja

Cara Membuat SIM Online Mudah Kapan & Di Mana Saja
Cara Membuat SIM Online Mudah Kapan & Di Mana Saja

Pengendara mobil dan motor di Indonesia memang diwajibkan memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi). Hal ini menjadi penting karena SIM adalah tolak ukur pengendara terkait dengan kelayakan dan keterampilan mengemudi. Walau sudah mengetahui kewajiban memiliki SIM, namun masih sering dijumpai pengendara nakal yang tidak memiliki SIM. Padahal saat ini membuat SIM sangat mudah. Bahkan ada layanan SIM Online yang bisa dilakukan hanya bermodalkan koneksi internet saja.

Layanan SIM Online dapat dimanfaatkan untuk perpanjang SIM ataupun pengajuan pembuatan SIM baru. Sayangnya tidak semua golongan dapat menggunakannya, hanya SIM A dan SIM C saja yang bisa menggunakan layanan ini.

Pendaftaran SIM Online

Pendaftarannya juga sangat mudah, cukup mengisi beberapa dokumen dan kemudian melunasi pembayaran administrasinya melalui transfer bank. Setelahnya, kamu hanya perlu datang ke Polresta atau lokasi kedatangan yang kamu pilih saat mendaftar. 

Meskipun sudah menggunakan sistem layanan pembuatan atau perpanjangan SIM online, namun ini tidak semerta-merta SIM langsung jadi. Kamu tetap wajib mengikuti serangkaian tes hingga nantinya dianggap layak memperoleh SIM A ataupun SIM C. 

Kegunaan Layanan SIM Online

Nah, mungkin kamu bertanya-tanya apa kegunaan layanan SIM Online? Layanan SIM online memiliki kegunaan untuk mempermudah proses administrasi sehingga pemohon tidak perlu antri dalam mengurus berkas administrasi saat berada di Polresta ataupun di lokasi SIM keliling. 

Selain itu, layanan SIM Online juga diperuntukkan guna mencegah tindak kecurangan Calo SIM yang sering mematok harga fantastis. Apalagi proses pembayaran langsung dilakukan di Bank, sehingga biaya akan masuk ke negara tanpa diganggu oleh pihak lain.

Prosedur & Cara Membuat SIM Online

Berikut serangkaian prosedur dan tata cara dalam membuat SIM Online 2019 : 

  1. Siapkan data-data pendukung untuk membuat atau memperpanjang SIM seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku dan untuk warga negara asing harus memperlihatkan dokumen keimigrasian.
  2. Setelah semua data disiapkan, selanjutnya adalah membuka situs resmi Polri di http://sim.korlantas.polri.go.id. Kemudian pilih ‘Pendaftaran SIM Online’.
    Setelah itu akan muncul informasi pengenai pendaftaran SIM Online yang bisa kamu baca terlebih dahulu. Kemudian klik ‘Lanjut’ dan kemudian akan muncul menu Data Permohonan. 
  3. Silakan kamu isi jenis pemohonan, untuk membuat SIM baru atau perpanjangan SIM, dilanjutkan dengan mengisikan golongan SIM, alamat email dan lokasi tes. Klik ‘Lanjut’ dan isi data pribadi yang berisi mengenai kewarganegaraan, nomor KTP, nama, jenis kelamin, hingga nomer telepon. Kemudian klik ‘Lanjut’ dan isikan kontak yang bisa dihubungi dalam keadaan darurat.
  4. Dalam kolom data validasi, isikan nama ibu kandung, lalu ada pula data sertifikasi sekolah mengemudi yang bisa diisi Iya atau Tidak. Pastikan data yang dimasukan benar. Selanjutnya tekan tombol ‘lanjut’ dan akan muncul menu konfirmasi data input sesuai data yang kamu masukan pada proses cara membuat SIM Online sebelumnya. 
  5. Pada menu ini akan ada kolom tanggal kedatangan yang bisa dipilih sesuai waktu kedatangan yang Anda inginkan. Selanjutnya isi kode verfikasi kemudian klik tombol ‘kirim’. Kemudian akan muncul tampilan sukses registrasi, silahkan Anda klik ‘Ok’. Sistem akan mengirim email sebagai bukti registrasi online telah berhasil. Dimana Anda akan dikirimkan Nomor Registrasi beserta total biaya.
  6. Setelah itu kamu hanya perlu mengikuti serangkaian tes untuk mendapatkan SIM baru yang terdiri dari ujian teori, ujian praktik, dan ujian keterampilan melalui simulator. Namun bagi pemohon perpanjangan SIM tak perlu lagi mengikuti tes, terkecuali jika naik golongan.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait