Investasi, Obligasi

Cara Membeli Obligasi Negara Seri ORI018 dan ST008

Sumber: Kemenkeu.go.id

Ajaib.co.id – Obligasi Negara merupakan salah satu instrumen investasi yang layak kamu miliki, seperti seri ORI018 dan ST008. Bagaimana cara membeli obligasi dan apa saja kelebihannya?

Obligasi adalah surat utang berjangka menengah dan panjang yang dapat diperjualbelikan. Karena terdapat proses jual beli, obligasi mempunyai perjanjian antara pihak penerbit surat utang kepada pihak pembeli atau investor. Pihak penerbit akan mengembalikan nilai pokok dan bunga (kupon) sebagai imbalan kepada investor.

Karena nilai kupon relatif stabil dan risiko pembelian (investasi) cukup rendah, maka obligasi negara layak dijadikan investasi jangka pendek atau tidak lebih dari tiga tahun. Selain sebagai produk investasi, keikutsertaan masyarakat dalam membeli obligasi merupakan bagian dari membangun negara.

Jenis Obligasi di Indonesia

Produk obligasi yang tersedia di Indonesia adalah:

Obligasi Pemerintah

Obligasi ini diterbitkan oleh pemerintah berbentuk Surat Utang Negara (SUN) dan Sukuk Negara (obligasi syariah) dengan kupon berupa Fixed Rate (FR) atau Variable Rate (VR).

Obligasi Ritel

Obligasi pemerintah ini tersedia dalam bentuk konvensional, Obligasi Ritel Indonesia (ORI), dan syariah yang bernama Sukuk Ritel.

Obligasi Korporasi

Surat utang yang diterbitkan oleh korporasi atau perusahaan, baik perusahaan BUMN maupun swasta. Pada prinsipnya, obligasi korporasi seperti obligasi pemerintah. 

Keuntungan Investasi Pada Obligasi Negara

Seperti yang telah disinggung di atas. Obligasi negara bukan sekadar instrumen investasi, melainkan juga investor berperan serta dalam pembangunan negara. Karena dana yang terkumpul akan dimanfaatkan negara untuk memajukan pendidikan, infrastruktur, kesehatan, dan lainnya. Begitu pula dengan ORI018 dan ST008 yang dananya akan dialokasikan untuk kepentingan warga negara.

Dikutip dari laman Kemenkeu.or.id, keuntungan investasi pada obligasi negara adalah:

  • Pokok dan kupon dijamin oleh undang-undang. Jadi investor tak perlu khawatir mengenai legalitasnya.
  • Nilai kupon kompetitif jika dibandingkan rata-rata bunga deposito bank BUMN. Bahkan kupon akan diberikan kepada investor setiap bulan. Seperti kupon ORI018 sebesar 5,7 persen per tahun.
  • Tersedianya kuotasi harga beli (bid price) dari mitra distribusi atau pihak lain yang bekerja sama dengan mitra distribusi.
  • Minimal pembelian Rp1 juta, berlaku kelipatannya. Pembelian ini cukup terjangkau dibandingkan dengan keuntungan yang diterima.
  • Pembelian secara daring, sehingga mempermudah investor dan bisa dilakukan dari mana saja.

Risiko Investasi Obligasi

Investasi obligasi, baik korporasi maupun negara, sama seperti investasi lainnya, yaitu ada keuntungan dan risiko. Risiko adalah hal wajar dalam sebuah investasi. Karena semakin besar dana yang dikeluarkan dan imbal hasil yang ditawarkan, risikonya juga besar. Begitu juga sebaliknya. Adapun risiko investasi ini adalah:

Risiko Gagal Bayar

Risiko gagal bayar merupakan kondisi di mana penerbit surat utang tidak mampu membayar kupon atau memberikan nilai pokok obligasi.

Risiko Likuiditas

Risiko likuiditas akan terjadi jika penerbit obligasi sangat memerlukan dana tunai, tetapi penjualan obligasi (dengan harga wajar) tidak secepat yang diharapkan di pasar sekunder.

Risiko Pasar

Risiko pasar adalah kerugian karena tingkat suku bunga naik yang menyebabkan harga obligasi di pasar sekunder tutun. Kerugian terjadi jika investor menjual obligasi di pasar sekunder dijual dengan harga lebih rendah (dibanding harga beli) sebelum jatuh tempo.

Cara Membeli Obligasi Negara

Pada Oktober 2020, terdapat dua obligasi negara yang diluncurkan. ORI018 dan ST008. ORI018 merupakan Obligasi Negara Ritel seri 018 yang ditawarkan pada 1-21 Oktober 2020. Sedangkan ST008 adalah Sukuk Tabungan seri 008 berprinsip syariah dan ditawarkan mulai 26 Oktober 2020.

Buat kamu yang tertarik berinvestasi, berikut ini cara membeli obligasi:

Registrasi 

Buat calon investor baru, kamu harus melakukan registrasi yang tersedia pada mitra distribusi (bank, perusahaan sekuritas, dan lainnya) untuk memperoleh nomor SID (Single Investor Identification), rekening dana, dan/atau rekening surat berharga. Bagi kamu yang telah memiliki SID atau pernah berinvestasi pada instrumen lain, registrasi dengan memasukkan data diri, nomor SID, rekening dana, dan/atau rekening surat berharga.

Sekadar info, SID atau Nomor Tunggal Identitas Pemodal merupakan nomor tunggal dan khusus dari Kustodian Sentral Efek indonesia (KSEI) kepada investor. KSEI bertindak sebagai penyedia laporan dan penyelesaian transaksi efek yang teratur, wajar dan efisien.

Pemesanan

Cara membeli obligasi berikutnya adalah melakukan pemesanan. Setelah registrasi selesai, investor dalam melakukan pemesanan. Pastikan setelah memesan, kamu menerima kode pembayaran (billing code) yang dikirim melalui email. Biasanya, pemesanan obligasi negara hanya dilakukan pada waktu penawaran yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Pembayaran 

Pembayaran obligasi dapat dilakukan dengan cara membayar langsung ke bank, melalui ATM, atau internet banking. Perhatikan cara pembayaran agar tak salah memasukkan kode.

Konfirmasi 

Setelah pembayaran dinyatakan berhasil, investor akan mendapatkan Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN), notifikasi bahwa pesanan telah selesai, dan alokasi obligasi pada setelmen atau penerbitan. Setelah itu, investor bisa meminta bukti kepemilikan obligasi kepada mitra distribusi.

Alternatif Investasi Lain

Jika kamu tak memiliki kesempatan berinvestasi pada ORI018 dan ST008, ada cara lain. Kamu dapat berinvestasi pada reksa dana yang berjenis reksa dana pendapatan tetap. Karena jenis tersebut akan mengalokasikan dananya sebanyak 80 persen ke instrumen surat utang.

Di Ajaib, kamu akan mendapatkan beragam produk reksa dana pendapatan tetap. Bahkan kamu bisa membandingkan kinerja reksa dana, mengecek detail produk, dan memanfaatkan fitur kalkulator untuk memperkirakan imbal hasil.

Investasi di Ajaib sangat mudah dan cara membeli reksa dananya pun tak perlu menggelontorkan uang jutaan rupiah. Karena kamu cukup mendaftarkan diri dan menginvestasikan dana minimal Rp100.000. Produk yang bisa kamu pertimbangkan di antaranya Obligasi Pilihan Para Ahli, Ciptadana Dana Obligasi, Obligasi Ekonomi Syariah, dan masih banyak lagi.

Alokasikan danamu untuk investasi sekarang juga untuk mendapatkan keuntungan optimal. Yuk, mulai berinvestasi bersama Ajaib!

Artikel Terkait