Cara Jitu Melakukan Analisa Emas Bagi Investor Pemula

Cara Jitu Menganalisa Emas Bagi Investor Pemula
Cara Jitu Menganalisa Emas Bagi Investor Pemula

Investasi emas menjadi pilihan investasi yang menjanjikan di mana saking menguntungkannya. Saat ini, terdapat beberapa opsi dalam kepemilikannya seperti langsung membeli emas batangan di toko emas atau melalui tabungan emas digital secara online. Baik itu langsung ataupun dengan tabungan emas digital, kedua cara tersebut merupakan salah satu cara agar masyarakat dapat memulai investasi emas mulai dari sekarang.

Emas telah digunakan untuk menyimpan kekayaan selama lebih dari 3.000 tahun lamannya. Mengapa? Karena emas sangat langka dan emas saat ini menjadi semakin sulit ditemukan dan ditambang.  Di mana emas yang terdapat di bumi ini, enam kali lebih jarang dibandingkan platinum dan 18 kali lebih jarang dari perak.  Selain itu, salah satu alasan mengapa emas dijadikan investasi jangka panjang dikarenakan harga emas relatif stabil dibandingkan dengan logam mulia lainnya. Buat kamu yang tertarik berinvestasi emas mulai dari sekarang, tentu saja kamu perlu mempersiapkan segala sesuatu perihal tingkat keuntungan dan risiko melalui cara menganalisa emas bagi pemula berikut ini.

Cara Membeli Emas Secara Aman

Cara menganalisa emas bagi pemula yang pertama adalah, kamu harus menentukan terlebih dahulu di mana kamuakan membeli atau berinvestasi emas. Hal ini penting, agar kamu tidak tertipu dengan investasi emas bodong. Saat ini, kamu bisa membeli atau berinvestasi emas baik itu secara langsung atau melalui investasi online emas yang tersedia di pasaran. 

Cara Menganalisa Emas

Analisa emas yang dilakukan dengan dua cara yaitu secara teknikal dan fundamental, jika dari sisi analisa teknikal emas. Kamu dapat memantau terus pergerakan emas secara real-time, saat ini sudah tidak susah melihatnya dengan berbagai macam bantuan aplikasi untuk memprediksi harga emas. Sedangkan analisa secara fundamental, kamu harus rajin membaca koran dan artikel-artikel terkait bisnis dan ekonomi karena harga emas cenderung naik-turun. 

Karena terjadi fenomena ekonomi di suatu negara seperti kenaikan tingkat suku bunga, terpuruknya ekonomi di negara-negara besar. Serta, memang sedang lesuhnya industri emas baik di Indonesia dan luar negeri.

Kapan Waktu Beli Emas

Seiring semakin seringnya kamu melakukan analisa teknikal emas di smartphone, laptop, dan tablet Anda melalui aplikasi-aplikasi untuk trading emas. Hal ini akan mengasah cara kamu memprediksi harga emas, namun juga perlu diketahui waktu terbaik bagi kamu untuk menjual dan membeli emas.

Biasanya waktu terbaik untuk membeli emas pada bulan April hingga pertengahan Juni. Sedangkan, waktu terbaik untuk membeli emas jatuh pada momen-momen akhir tahun pada periode bulan November-Desember. Kendati demikian, belum tentu patokan-patokan waktu yang tepat membeli dan menjual emas tersebut akurat.

Apakah Boleh Menyimpan Emas dalam Jangka Waktu yang Lama?

Tujuan investasi menjadi dasar mengapa kamu memilih produk investasi tersebut, hal ini sama dengan apa yang mendasari diri kamu untuk berinvestasi emas? 

Tidak salah jika kamu ingin menjadi seorang trader emas, kamu membeli emas saat harga emas turun dan menjualnya ketika harga emas sedang naik. Tetapi, apakah boleh saya menyimpan emas dalam jangka waktu yang lama? Hal tersebut sah-sah saja, walaupun harga emas juga kadang naik kadang turun. 

Emas Investasi Menguntungkan

Dalam kurun enam bulan terakhir emas Antam menunjukkan grafik yang terus naik, dan bisa dibilang keuntungan investasi emas bisa mencapai 20% per tahun. Bahkan harga emas diprediksi dapat meroket hingga menyentuh Rp900.000 per gram pada akhir tahun ini.

Sebelum kamu berinvestasi emas, cobalah untuk menganalisa harga emas. Apakah ketika kamu ingin membeli emas, harga emas tersebut dalam posisi yang menguntungkan atau tidak (harga yang tak terlalu tinggi). Selain investasi emas, kamu juga bisa memulai investasi saham, di mana investasi saham tidak memerlukan tempat penyimpanan seperti kamu berinvestasi emas. Kamu bisa memulai investasi reksa dana dan saham melalui aplikasi Ajaib. Kamu hanya perlu mendownload, belajar, dan beli saham di satu platform, yaitu Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Tags: , ,
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait