Cara Asik Belajar Saham Lewat ‘Nabung Saham GO’

Cara Asik Belajar Saham Lewat 'Nabung Saham GO'
Cara Asik Belajar Saham Lewat 'Nabung Saham GO'

Saham dikenal sebagai instrumen investasi yang sangat atraktif. Dalam jangka waktu yang relatif singkat keuntungan yang diperoleh bisa lebih tinggi daripada produk-produk investasi lainnya. Meski begitu, ada kalanya kerugian yang ditanggung sangat besar.

Rasa takut akan merugi ini sering mengecilkan niat calon investor untuk mendalami saham. Padahal dengan menghabiskan sedikit waktu saja, calon investor dapat membaca berbagai literatur mengenai saham. Selain itu, ada metode lain untuk belajar tentang saham. Kamu bisa mengunduh aplikasi simulasi saham.

Banyak sekali pilihan aplikasi yang tersedia, baik di Android Play Store maupun App Store milik Apple. Beberapa contohnya adalah Stock Trainer dan MarketSim. Tampilan kedua aplikasi ini memang terkesan serius dan rumit. Alternatif lainnya belajar saham lewat aplikasi permainan. Uniknya, ada anak bangsa yang membuat aplikasi bermain saham yang bernama Nabung Saham GO.

Tentang Nabung Saham Go

Nabung Saham Go dikembangkan oleh perusahaan dalam negeri, yaitu PT Winratama Perkasa. Perusahaan yang bermarkas di Jakarta ini merilis Nabung Saham Go untuk sistem operasi Android dan iOS. Saat artikel ini dibuat, permainan ini sudah diunduh lebih dari 100.000 kali di Play Store dengan rata-rata rating 3.7.

Dilansir dari deskripsi laman aplikasi sahamnya, Nabung Saham GO ditujukan untuk masyarakat yang awam tentang saham. Pemain diajak mendalami seluk beluk saham lewat fitur-fitur yang edukatif.

Belajar Saham Lewat Aplikasi

Sayangnya, aplikasi ini sudah lama tidak diperbaharui oleh pengembangnya. Pembaharuan terakhir adalah di tahun 2017, baik di App Store maupun Play Store.

Meskipun begitu, Nabung Saham GO sudah memiliki fitur yang cukup lengkap. Ada dua pasar saham (market) yang tersedia, yaitu IDX untuk pagi hari dan NGSX untuk sore hari. IDX buka dari pukul 09.00 s/d 16.15 dari Senin hingga Jumat dan libur di akhir pekan. NGSX dibuka sejak jam 17.00 s/d 08.00 dan libur di akhir pekan.

Modal awal yang diberikan untuk kedua pasar sama-sama Rp100 juta. Tiap bursa saham memiliki 10 emiten yang berbeda. Perbedaan lainnya antara IDX dan NGSX adalah harga saham pada IDX ditampilkan sesuai kenyataan (real-time) di Indonesia Stock Exchange. NSGX (Nabung Saham GO Stock Exchange) adalah pasar saham fiktif yang dibuat oleh pengembang aplikasi. Harga sahamnya diatur pengembang dan diperbaharui setiap 1 menit.

Jika kamu terus mengalami kerugian, kamu bisa membeli uang fiktif lewat aplikasi. Tentunya pembelian tersebut menggunakan uang nyata. Kebijaksanaan pengguna sangat dianjurkan. Kalau kamu merasa bosan, aplikasi ini menyediakan fitur-fitur tambahan. Kamu bisa menguji wawasanmu tentang investasi lewat kuis. Kamu juga dapat menghias rumahmu dengan aksesoris yang cantik.

Belajar saham tidak melulu lewat medium konvensional seperti buku. Lewat aplikasi Nabung Saham GO, kamu bisa mempelajari setiap lapisan saham  dengan menyenangkan.

Sudah memahami dan merasa siap berinvestasi? Investasi langsung di Ajaib sekarang. Di sana, kamu bisa mendapat beberapa pilihan investasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan bisnis, baik untuk investasi saham, reksa dana, atau investasi lainnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait