Milenial

Cara Anak Muda Berkontribusi dalam Kesejahteraan Indonesia

Ajaib.co.id – Sudah menjadi harapan dan cita-cita yang luhur untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera. Meski bangsa Indonesia sudah merdeka selama 75 tahun, namun kesejahteraan masyarakatnya masih belum merata. Berbagai upaya terus dilakukan untuk bisa menggapainya cita-cita tersebut.

Demi mewujudkan mimpi Indonesia, seluruh kalangan harus saling bahu membahu tak terkecuali para remaja. Perlu diingat bahwa dalam sejarahnya, pemuda Indonesia punya peran penting dalam memperjuangkan kemerdekaan melalui berbagai macam gerakan. Sikap nasionalisme yang tinggi para pemuda saat itu berhasil memukul perlawanan kolonial Belanda hingga mencapai kemerdekaan.

Setelah satu dekade lebih Indonesia merdeka, kini kita dihadapkan pada era globalisasi. Saat ini semua orang bisa memperoleh kemudahan akses dan keterbukaan informasi melalui teknologi. Akibatnya, mobilitas jadi semakin tinggi dan interaksi bisa dilakukan tanpa batasan jarak dan waktu.

Tentu beda zaman akan berbeda pula tantangan yang dihadapi terutama oleh bangsa Indonesia. Kini para remaja dan anak muda menghadapi berbagai tantangan yang beragam. Mulai dari arus informasi yang deras, ketatnya persaingan tenaga kerja, hingga kemajuan teknologi yang suatu saat bisa menggantikan beberapa peran manusia.

Indonesia Dapat Bonus Demografi

Tahun 2030 sampai 2040, Indonesia diprediksi bakal mendapat bonus demografi. Maksudnya adalah jumlah penduduk dengan usia produktif antara 15 – 64 tahun jumlahnya lebih besar dibandingkan penduduk usia nonproduktif. Ini artinya anak muda akan mendominasi keseluruhan dari penduduk di Indonesia.

Penduduk berusia produktif diperkirakan mencapai angka 64% dari total jumlah penduduk yang diproyeksikan mencapai 297 juta jiwa. Jumlah tersebut bisa jadi aset berharga bagi Indonesia, dimana peran generasi muda diharapkan mampu jadi penerus kemajuan bangsa dan mewujudkan kesejahteraan bangsa.

Besarnya potensi bonus demografi ini juga bisa jadi ancaman serius jika pengambil kebijakan tidak bisa mengambil langkah strategis dalam melihat potensinya. Bila tidak dipersiapkan dan dibina dengan baik dan tepat, para generasi muda malah akan membawa dampak buruk bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Demi bisa menggapai kesejahteraan, peran anak muda sangat dibutuhkan mulai dari hulu ke hilir. Dimulai dari pembangunan desa hingga merambat ke daerah-daerah lainnya. Namun, yang jadi masalah saat ini adalah banyaknya rendahnya keikutsertaan remaja dalam memberikan kontribusi di setiap pembangunan, dan sikap apatis terhadap berbagai kegiatan yang ada di masyarakat.

Oleh karena itu dibutuhkan organisasi masyarakat yang dapat menjadi wadah dalam membina generasi muda agar mampu berkontribusi terhadap permasalahan negara.

Upaya Mewujudkan Kesejahteraan Bangsa

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, sejahtera berarti selamat sentosa, senang, dan tenteram. Artinya kondisi di mana masyarakat dalam keadaan sehat, senang, dan damai.

Adapun pengertian dari kesejahteraan masyarakat menurut buku Indonesia Macroeconomic Outlook (2009) yaitu masyarakat yang bisa menikmati kemakmuran sepenuhnya, menikmati pendidikan, bisa menikmati fasilitas kesehatan secara merata, tidak mengalami kemiskinan, tidak menderita kelaparan, dan implementasi kesetaraan gender.

Kehidupan yang sejahtera ditandai dengan masyarakatnya hidup dalam lingkungan yang ramah dan lebih hijau. Masyarakat yang sejahtera bisa diwujudkan bila penduduknya mampu beradaptasi terhadap pembangunan. Maka dari itu, strategi dan pembangunan yang dilakukan harus bertujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan masyarakat Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan, yaitu:

·      Ketahanan sosial dan budaya masyarakat harus diperkuat berdasarkan nilai budaya lokal yang luhur

·      Memanfaatkan sumber daya alam untuk pengembangan kreativitas masyarakat

·      Menata kehidupan bermasyarakat yang tertib, taat hukum, harmonis, dan aman

·      Membuat program untuk desa-desa untuk menyadarkan masyarakat pentingnya akan kesehatan, gizi, pola hidup sehat, serta bersih secara jasmani dan rohani.

Cara Anak Muda Mengupayakan Kesejahteraan

Para pemuda harus bisa menghadapi tantangan yang ada saat ini dengan meneruskan semangat mimpi para pahlawan dalam memajukan, mewujudkan kesejahteraan masyarakat, dan menjaga persatuan bangsa Indonesia. Beberapa hal sederhana yang bisa dilakukan adalah:

1.   Meningkatkan Literasi

Berkembangnya teknologi memberikan kemudahan akses bagi siapapun dalam mencari informasi. Inilah yang harus bisa dimanfaatkan anak muda untuk mulai membiasakan membaca. Dengan membaca literasi atau buku dapat menambah wawasan dan merangsang kemampuan kreativitasmu.

Kemampuan literasi bisa membantu lebih bijak dan menyelesaikan persoalan masyarakat dengan langkah-langkah yang strategis.

2.   Terbuka Untuk Menerima Pemikiran dan Pengalaman Baru

Keterbukaan informasi secara tidak langsung membuat siapapun bisa terpapar budaya dan pengalaman baru dari luar. Maka dari itu penting bagi kamu anak muda untuk membiasakan diri menerima perbedaan pendapat dengan cara bergabung ke dalam organisasi maupun komunitas sosial.

Kegiatan sosial yang dilakukan akan membuatmu lebih peka   terhadap lingkungan, lebih kritis terhadap apa yang sedang terjadi, dan aktif dalam sebuah diskusi.

3.   Menjadi Relawan

Salah satu bentuk dalam mengupayakan kesejahteraan masyarakat adalah dengan menjadi relawan. Saat ini sudah banyak komunitas maupun organisasi nonprofit yang menciptakan program sebagai solusi bagi isu sosial di Indonesia. Isunya beragam, mulai dari pendidikan, lingkungan, sampai kemanusiaan.

Kamu bisa memulainya dari hal sederhana dengan bergabung dalam komunitas relawan melakukan kegiatan sosial sesuai minatmu. Misalnya, mengajar anak-anak di desa atau kurang mampu, gotong royong membersihkan sampah, menyiapkan makanan untuk lansia di panti jompo, dan lain-lain.

4.   Dukung Produk-Produk Lokal

Salah satu kunci dalam mewujudkan kesejahteraan Indonesia adalah dengan membeli dan menggunakan produk-produk lokal. Ini dilakukan sebagai bentuk dukungan terhadap usaha kecil menengah (UKM) karena para pengusaha lokal ini termasuk bagian penting dari roda perekonomian Indonesia.

Dukungan terhadap produk lokal secara perlahan dapat akan membantu meningkatkan ekonomi di Indonesia dan mendongkrak nilai mata uang Rupiah. Dengan demikian mewujudkan masyarakat yang sejahtera bukan lagi jadi angan-angan.

Banyak peluang terbuka yang bisa dimanfaatkan di era modern ini dengan berbagai tantangan beragam yang harus dihadapi. Untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, tidak melulu bergantung pada pemerintah melainkan kita anak muda harus ikut berperan dan berkontribusi.

Artikel Terkait