Investor Pemula

Belajar Tentang Pengertian Pasar Modal yang Perlu Diketahui

pengertian pasar modal

Ajaib.co.id – Sebelum terjun ke pasar modal, ada baiknya kamu mengerti akan pengertian pasar modal. Karena hal itu, redaksi Ajaib akan menjabarkan secara lengkap pengertian pasar modal yang harus kamu tahu.

Pasar modal menghubungkan orang dan entitas, baik perusahaan atau pemerintah, yang memiliki uang orang dan bisnis yang membutuhkannya. Ada banyak jenis pasar modal, termasuk pasar saham, pasar obligasi dan pasar komoditas. Efek dibeli dan dijual di pasar ini oleh investor. Itulah sedikitnya pengertian pasar modal yang selama ini terjadi.

Undang-undang pasar modal Nomor 8 Tahun 1995 mendefinisikan pengertian pasar modal sebagai “aktivitas perdagangan dan penawaran efek kepada publik, aktivitas perusahaan publik sehubungan dengan efek yang telah diterbitkan, dan aktivitas lembaga dan profesi yang terkait dengan sekuritas.”

Pasar modal memainkan peran penting dalam perekonomian suatu negara karena melayani dua fungsi sekaligus. Pertama, pasar modal berfungsi sebagai alternatif untuk sumber daya modal perusahaan. Modal yang didapat dari penawaran umum dapat digunakan untuk pengembangan bisnis perusahaan, ekspansi, dan sebagainya. 

Kedua, pasar modal berfungsi sebagai alternatif untuk investasi publik. Orang dapat menginvestasikan uang mereka sesuai dengan pengembalian yang diinginkan dan karakteristik risiko masing-masing instrumen.

Bagaimana Pasar Modal Bekerja?

Pasar modal adalah tempat untuk membeli dan menjual produk keuangan seperti saham, obligasi dan mata uang. Pasar-pasar ini menghubungkan orang-orang yang memiliki modal dan menginginkan keuntungan dengan perusahaan dan pemerintah yang membutuhkan uang dari para investor ini. 

Sebagai contoh, pasar saham, yang merupakan salah satu jenis pasar modal, membantu perusahaan yang membutuhkan investor untuk menemukan individu dan lembaga dengan uang untuk berinvestasi. 

Pasar obligasi membantu lembaga-lembaga yang ingin meminjam uang mencari investor yang dapat memberikan pinjaman tersebut dengan imbalan pembayaran bunga.

Apa Jenis pasar modal yang Ada?

Pasar modal dapat datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Pasar saham seperti New York Stock Exchange, NASDAQ atau London Stock Exchange adalah semua contoh pasar modal yang berurusan dengan ekuitas. Chicago Mercantile Exchange adalah pasar modal yang berurusan dengan komoditas. Jenis pasar modal yang paling umum adalah:

  • Ekuitas: Di pasar saham, investor umumnya akan memperdagangkan modal untuk saham kepemilikan di perusahaan. Sebagai gantinya, perusahaan menerima uang ini untuk dibelanjakan pada pertumbuhan dan operasinya sendiri.
  • Obligasi: Dalam pasar obligasi, investor akan meminjamkan uang kepada lembaga sebagai imbalan atas janji untuk membayar kembali pinjaman tersebut ditambah bunga.
  • Komoditas: Di pasar komoditas, investor akan membeli kontrak untuk bahan mentah dan barang olahan dengan imbalan janji untuk membayar harga masa depan dari produk-produk tersebut.
  • Mata uang: Di pasar mata uang, investor akan menjual mata uang (seperti dolar, euro, dan pound) kepada individu dan lembaga lain yang mencari uang yang bisa dihabiskan di pasar tertentu.

Pasar Modal Primer vs Sekunder

Ada dua bentuk utama pasar modal: pasar primer dan sekunder. Di pasar primer, investor membeli produk keuangan langsung dari lembaga yang membuatnya (seperti perusahaan yang menerbitkan saham atau lembaga yang menerbitkan obligasi). Semua modal yang bergerak di pasar primer pergi ke individu atau lembaga mencari uang itu.

Misalnya, pada pasar obligasi primer, pembeli yang membeli obligasi mendapatkannya langsung dari lembaga yang mencari pinjaman itu. Di pasar saham primer, investor membeli saham langsung dari perusahaan yang mencari investasi. Perusahaan dan institusi lain hanya menerima kapitalisasi dari pasar primer.

Jarang bagi individu untuk berpartisipasi dalam pasar primer karena ukurannya yang tipis. Sebagian besar penjualan pasar primer melibatkan transaksi multi-juta dolar, menempatkannya jauh di luar jangkauan investor rata-rata. Pasar primer, sebaliknya, sebagian besar dihuni oleh lembaga-lembaga seperti bank, dana investasi dan investor skala besar lainnya.

Sebagian besar investor individu akan berpartisipasi di pasar sekunder. Di pasar sekunder, investor membeli dan menjual produk keuangan di antara mereka sendiri. Uang yang berpindah tangan tidak pergi ke lembaga mencari modal, melainkan ditukar di antara investor.

Sebagai contoh, sebagian besar perdagangan di bursa saham dianggap sebagai pasar sekunder. Di sini, seorang individu akan memiliki saham dan akan menjual saham tersebut kepada individu lain. Perusahaan yang mendasari tidak berpartisipasi dalam transaksi atau menerima uang.

Manfaat Pasar Sekunder

Pasar sekunder pada umumnya adalah pasar modal terbesar baik berdasarkan volume perdagangan maupun nilai. Sebagian besar perdagangan saham dan obligasi yang terjadi, misalnya, terjadi di pasar sekunder. 

Satu-satunya pengecualian adalah ketika saham dijual sebagai bagian dari penawaran umum (ketika perusahaan membuat, menerbitkan dan menjual saham kepemilikan).

Meskipun tidak ada uang yang dipertukarkan di pasar sekunder yang secara langsung mengkapitalisasi perusahaan yang menerbitkan saham atau entitas yang menerbitkan obligasi, mereka tetap mendapatkan manfaat dari aktivitas pasar sekunder. Pasar-pasar ini meningkatkan likuiditas dan mempromosikan penjualan di pasar primer. 

Ketika investor membeli aset di pasar primer, mereka jarang melakukannya dengan maksud untuk menyimpan aset-aset itu untuk jangka waktu yang lama. 

Kemampuan untuk menjual aset di pasar sekunder untuk mendapat keuntungan membuat investor lebih mungkin membeli aset itu di pasar primer, dan bahwa mereka akan membelanjakan lebih banyak untuk mereka.

Bacaan menarik lainnya:

Darmadji, T., & Fakhruddin, H. M. (2011). Pasar Modal Di Indonesia (Edisi 3 ed.). Jakarta: Salemba Empat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait