milenial, Rumah Tangga Masa Kini

Begini Cara Cek Kode Pos Lewat Aplikasi Android

Kode pos merupakan deretan angka atau huruf yang sering ditambahkan pada alamat surat agar memudahkan proses pemilahan surat sehingga bisa tiba secepatnya. Di Indonesia, umumnya kode pos terdiri atas lima digit. Namun, pada daerah untuk tujuan tertentu ada satu atau dua angka yang tambahan dengan maksud pengiriman surat lebih cepat sampai. Sementara buat Anda yang lupa atau tidak tahu berapa kode pos tempat Anda tinggal, bisa cek kode pos di laman situs Pos Indonesia.

Di sisi lain, mungkin sebagian orang menganggap kode pos adalah sesuatu yang tak terlalu berguna. Akan tetapi bila Anda berbisnis online, kode pos akan sangat penting untuk mengetahui alamat dari mitra bisnis Anda, baik sesama pedagang maupun konsumen. Namun, kini Anda bisa dengan mudah cek kode pos tanpa membuka situs kantor Pos. Sebab ada aplikasi Android yang memudahkan Anda mencari informasi kode pos.

Cara Mencari Tahu Kode Pos

Sebagian besar orang Indonesia menganggap remeh keberadaan kode pos dan itu merupakan hal yang sederhana. Kode pos ini merupakan kode unik yang digunakan PT Pos Indonesia untuk menandai lokasi yang ada di seluruh wilayah negeri. Sebelum ada teknologi smartphone, para pedagang baik online maupun offline akan mencari tahu tahu informasi kode pos pembelinya dengan tiga cara, yaitu:

•   Mendatangi langsung ke cabang kantor pos terdekat.

•   Cek kode pos melalui internet.

•   Bertanya langsung kepada konsumen atau pembeli.

Namun, sekarang ini ada satu tambahan cara yang lebih mudah dan praktis untuk cek kode pos yaitu dengan mengaksesnya lewat aplikasi smartphone android.

Aplikasi “Kode Pos Indonesia”

Tiga cara di atas untuk mencari tahu kode pos sudah dianggap kuno, kini dengan aplikasi Anda bisa cek langsung dengan jari-jari Anda di layar handphone. Aplikasi ini bernama “Kode Pos Indonesia”. Ya, nama yang cukup unik karena tidak seperti kebanyakan aplikasi lainnya, aplikasi ini diberi nama sesuai dengan fungsi yang ditawarkan oleh pembuatnya.

Lewat aplikasi tersebut para pedagang atau siapapun yang ingin mengirim barang dapat dengan mudah cek kode pos sejumlah lokasi yang ada di 33 provinsi. Mulai dari Sabang hingga Merauke dan ke daerah timur ke Provinsi Papua, sangat membantu sekali. Masih belum percaya? Silakan Anda uji sendiri dengan mengunduhnya langsung di Google Playstore.

Dua Cara Pencarian

Untuk mengetahui informasi kode pos yang dicari, aplikasi ini memiliki dua cara. Pertama, menggunakan fitur pencarian “cari alamat via kode pos”. Lewat fitur ini Anda bisa cek lokasi atau keberadaan dari kode pos yang sebenarnya.

Jadi dengan memasukkan kode posnya, Anda bisa langsung tahu dimana lokasi tersebut berada. Ini sangat membantu buat Anda yang punya bisnis online, karena alamat seringkali jadi kendala barang sampai dengan tepat.

Lalu cara yang kedua diberikan oleh aplikasi ini adalah “cari kode pos via alamat”. Kalau fitur yang satu ini, Anda bisa menemukan berapa kode pos yang ingin dicari. Di situ sudah terdaftar lengkap nama wilayah dan provinsi, tinggal Anda klik untuk menemukannya.

Menariknya lagi, aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk cek kode pos dimanapun tanpa menggunakan koneksi jaringan internet. Bagaimana? Lebih praktis bukan! Aplikasi sederhana namun memberikan manfaat yang besar.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait