Bagaimana Kaum Milenial Menghabiskan Uang Mereka?

Ajaib: Bagaimana Kaum Milenial Menghabiskan Uang Mereka?
Ajaib: Bagaimana Kaum Milenial Menghabiskan Uang Mereka?

Milenial sekarang telah menjadi generasi dengan jumlah populasi terbesar. Sebagai generasi terbanyak, mereka akan segera menjadi pembelanja terbesar di dunia sehingga tidak asing lagi melihat para Milenial tampaknya selalu mendominasi percakapan seputar strategi produk, pemasaran, dan ekonomi pada umumnya.

Meskipun Milenial sering disebut sebagai generasi yang materialistis dan dimanjakan, banyak Milenial merasa bahwa mereka tidak akan dapat mencapai tujuan material seperti menemukan pekerjaan impian mereka, membeli rumah atau pensiun dalam usia muda. Sementara data menunjukkan bahwa generasi Milenial tidak membeli rumah, mobil atau menabung untuk masa pensiun seperti yang dilakukan generasi orang tua mereka, banyak orang mulai bertanya: Bagaimana Milenial menghabiskan uang mereka?

# Filosofi Investasi Milenial

Kejatuhan ekonomi dan krisis-krisis keuangan memainkan peran utama bagaimana Milenial menempatkan uang mereka. Penelitian mengatakan banyak dari kaum Milenial memilih untuk mengikuti insting mereka sendiri atau mengikuti teman-teman mereka ketika datang ke pilihan investasi. Milenial juga sedikit tidak percaya pada nasihat keuangan yang diberikan oleh orang tua mereka atau perencanaan keuangan profesional. Pergerakan yang berkembang di industri keuangan menuju model kompensasi yang didasarkan pada kinerja investasi daripada komisi belum membuat kesan pada generasi ini. Milenial juga lebih tertarik untuk memiliki hubungan pribadi dengan mereka yang mengelola uang mereka daripada sebelumnya, meskipun mereka merasa nyaman dengan penggunaan teknologi seluler dan online untuk melakukan banyak fungsi investasi.

# Perilaku Konsumsi Milenial

Sebuah survei menunjukkan bahwa lebih dari tiga perempat generasi Milenial ingin memiliki pakaian, mobil, dan peralatan teknologi yang sama dengan teman-teman mereka, dan sekitar setengah dari mereka harus menggunakan kartu kredit untuk membayar biaya dasar untuk kebutuhan sehari-hari seperti makanan dan utilitas. Lebih dari 25% dari Milenial memiliki keterlambatan pembayaran atau berurusan dengan penagih tagihan, dan lebih dari setengahnya masih menerima beberapa bentuk bantuan keuangan dari orang tua mereka.

Secara umum, generasi Milenial adalah pembelanja yang lebih besar daripada generasi sebelumnya, terutama dalam hal kebiasaan makan, seperti makan di luar atau membeli kopi mahal. Misalnya, 60 persen generasi Milenial akan membeli secangkir kopi yang harganya lebih dari 50 ribu, dibandingkan dengan hanya 40 persen Generasi X atau 29 persen Baby Boomer.

Setiap tahun biaya perumahan selalu meningkat dan hal ini ikut memengaruhi kaum Milenial. Sekitar 34,9 persen, Milenial menghabiskan bagian lebih besar dari pengeluaran mereka untuk perumahan daripada generasi yang lebih tua. Secara keseluruhan, transportasi adalah kategori pengeluaran tertinggi kedua untuk ketiga generasi. Generasi Milenial cenderung menghabiskan lebih dari Generasi X dan Baby Boomers untuk kendaraan, mobil bekas dan truk, biaya keuangan kendaraan (seperti bunga untuk pinjaman mobil), sewa dan sewa kendaraan, dan gas. Yang menarik, generasi Milenial menghabiskan lebih sedikit dari orang tua mereka untuk transportasi umum, seperti angkutan umum, bus, kereta api, dan maskapai penerbangan, serta asuransi kendaraan.

Makan di restoran populer adalah kebiasaan lain dari kaum Milenial, dengan 79 persen hasil survei mengatakan bahwa mereka akan menghabiskan uang untuk melakukannya, dibandingkan dengan 66 persen di Generasi X dan 56 persen dari Baby Boomers. Tentu saja hal ini dipengaruhi oleh banyaknya tekanan yang menurut Milenial sesuai dengan kebiasaan keuangan teman-teman mereka berasal dari media sosial, di mana tonggak keuangan seperti pembelian rumah dan mobil secara rutin diunggah untuk dilihat semua orang sehingga mereka merasa iri.

# Hal-Hal yang Milenial Habiskan Lebih Sedikit dari Generasi Lain

Millenial menghabiskan 11,9 persen dari pengeluaran mereka untuk asuransi pribadi dan pensiun, jauh lebih sedikit dari orang tua mereka. Dalam kategori ini, Milenial juga menghabiskan paling sedikit untuk dana pensiun dan Jaminan Sosial, serta asuransi jiwa dan pribadi lainnya. Hasil ini konsisten dengan survei yang menemukan bahwa 20 persen Milenial tidak memiliki asuransi jiwa sama sekali, dan dari mereka yang melakukannya, 70 persen masih underinsured.

Mungkin tidak mengejutkan bahwa biaya perawatan kesehatan akan meningkat seiring bertambahnya usia. Generasi Millenial menghabiskan kurang dari Generasi X untuk perawatan kesehatan dan jauh lebih sedikit daripada Baby Boomer. Dalam kategori perawatan kesehatan yang lebih besar, Milenial memiliki pengeluaran terendah untuk asuransi kesehatan, layanan medis seperti X-Ray, Tes Laboratorium, perawatan mata dan gigi, dan layanan rumah sakit, dan obat-obatan.

Millenial menghabiskan uang yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan Generasi X dan Baby Boomer. Membaca termasuk membaca koran dan majalah, buku, e-book serta ensiklopedi dan buku referensi lainnya. Hal ini tidak selalu berarti bahwa Milenial kurang membaca. Hal ini disebabkan karena Milenial lebih memilih untuk mendapatkan konten secara online yang gratis daripada membayar untuk media cetak tradisional.

Milenial menghadapi serangkaian tantangan yang berbeda dari generasi lainnya. Masa depan untuk Generasi Y dalam beberapa hal lebih tidak pasti daripada generasi sebelumnya, dan anggota generasi ini dengan cepat mengetahui bahwa hanya sedikit yang dapat mereka andalkan. Kemampuan mereka untuk berhasil secara finansial akan bergantung pada banyak faktor, termasuk kondisi ekonomi dan politik dan apakah mereka dapat mengatasi perasaan ingin mengikuti gaya hidup teman-temannya.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait