Investasi Zaman Now Untuk Generasi Milenial

Zaman now, semakin banyak alternatif instrumen investasi yang sesuai untuk generasi milenial. Mengingat semakin sulitnya mempersiapkan masa depan, kini investasi haruslah menjadi gaya hidup bagi generasi milenial. Penasaran apa saja investasi zaman now yang cocok untuk Anda? Simak ulasannya berikut ini:

Pentingnya Investasi Sejak Dini untuk Generasi Milenial

Dewasa ini, saya sering mendengar banyak curhatan dari teman dan kerabat yang lebih muda. Mereka mengeluh bagaimana sulitnya bagi generasi milenial untuk bisa mempersiapkan masa depannya. Mulai dari tingginya harga hunian, sulitnya menabung, hingga sulitnya mempersiapkan masa pensiun.

Namun satu hal yang sering saya tanyakan saat mereka menyampaikan keluhannya yaitu, “Sudahkah kamu memikirkan untuk berinvestasi?” Ternyata 90% menjawab BELUM.

Apakah Anda juga belum mulai memikirkan investasi? Nyatanya, berinvestasi sejak dini akan memberikan benefit yang sangat besar bagi Anda.

Certified Public Accountant, Micah Fraim mengilustrasikan pentingnya berinvestasi sejak dini melalui sebuah infografis, dan menyimpulkan beberapa hal berikut ini:

  1. Mereka yang mau berinvestasi lebih dulu akan memperoleh jumlah yang lebih besar ketimbang mereka yang terlambat berinvestasi
  2. Semua itu bisa terjadi meski jumlah yang Anda investasikan lebih sedikit dari mereka.
  3. Pada skenario idealnya, Anda sudah bisa bersantai di usia muda bahkan pensiun saat mereka masih harus membanting tulang berinvestasi.

Intinya, dengan berinvestasi Anda mengalokasikan uang Anda untuk bekerja bagi Anda. Dengan demikian Anda mempersiapkan masa depan Anda dengan potensi kesejahteraan yang lebih tinggi.

Jadi, apakah Anda sudah mulai berubah pikiran dan ingin memulai investasi sesegera mungkin?

Tentunya muncul pertanyan baru di kepala Anda, “Lalu, dari mana saya harus memulai dan jenis investasi apa yang cocok?” Jangan takut untuk memulai, karena kini sudah banyak sekali alternatif investasi zaman now yang bisa disesuaikan dengan karakteristik Anda para generasi milenial.

Tidak percaya? Melalui artikel berikut, Ajaib, akan menjabarkan beberapa instrumen investasi yang cocok untuk generasi milenial:

# Saham

Investasi saham merupakan sebuah jenis investasi dengan membeli surat berharga saham yang merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Umumnya saham ini diperjualbelikan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Keuntungannya sendiri dapat diperoleh melalui pembagian dividen dan capital gain. Dividen merupakan laba bersih perusahaan yang dibagikan kepada pemegang sahamnya, semetara capital gain merupakan keuntungan dari kenaikan harga saham dalam perdagangan BEI.

Bagi generasi milenial, investasi saham bisa jadi cukup menarik karena beberapa alasan berikut ini:

● Imbal hasilnya cukup tinggi

● Sesuai untuk investasi jangka panjang (misal: untuk persiapan dana pensiun)

● Kini sudah dapat dibeli dengan modal yang sedikit, mulai dari 100.000 rupiah

Namun jika Anda masih terkendala waktu untuk memantau pergerakan saham, Anda bisa mempertimbangkan instrument selanjutnya, yakni reksadana.

# Reksadana

Bagi Anda generasi milenial yang memiliki modal lebih besar dan ingin investasi dengan tingkat risiko lebih rendah, obligasi adalah jawabannya. Obligasi merupakan surat perjanjian hutang yang dikeluarkan oleh pihak pertama (atau pihak yang mengeluarkan obligasi) kepada pihak kedua (atau pihak pemegang obligasi) dengan tujuan memanfaatkan dana pihak kedua dan mengembalikannya beserta keuntungan berupa bunga dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Dalam obligasi akan ada 2 pihak, dimana pihak:

● penerbit obligasi adalah pihak yang meminjam atau debitur, sedangkan

● pemegang obligasi adalah pihak yang memberi pinjaman atau kreditur

Beberapa kelebihannya dibandingkan kedua instrumen investasi sebelumnya antara lain adalah:

● Tingkat risikonya lebih rendah

● Sesuai untuk investasi jangka menengah hingga panjang (misal: untuk persiapan dana pensiun)

Namun salah satu kelemahannya yakni membutuhkan modal lebih besar (sebagai contohnya, nilai yang umum digunakan dalam pembelian obligasi minimal adalah mulai dari 1.000.000.000 rupiah).

Kesimpulannya, berinvestasi tidak mengenal usia. Bagi Anda para generasi milenial, mulai berinvestasilah dan nikmati benefitnya di masa depan. Semoga artikel ini memberikan gambaran mengenai beberapa instrumen investasi yang sesuai bagi Anda.

Share to :
Tags: ,
Artikel Terkait
PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com