Investasi Zaman Now Untuk Generasi Milenial

Zaman now, semakin banyak alternatif instrumen investasi yang sesuai untuk generasi milenial. Mengingat semakin sulitnya mempersiapkan jaminan finansial masa depan, kini investasi haruslah menjadi gaya hidup bagi anak muda. Penasaran apa saja investasi zaman now yang cocok untuk Kamu? Simak ulasannya berikut ini.

Dewasa ini, banyak curhatan atau lebih tepatnya keluhan dari teman dan kerabat yang lebih muda. Problemanya apalagi kalau bukan bagaimana sulitnya bagi generasi milenial untuk bisa mempersiapkan masa depannya. Penyebanya banyak mulai dari mustahilnya untuk membeli hunian karena harganya yang tinggi, menyisihkan gaji untuk tabungan ataupun simpanan untuk persiapan masa pensiun.

Namun jika ada satu hal yang kerap ditanyakan pada anak muda tersebut yaitu, “Sudahkah kamu memikirkan untuk berinvestasi?” Ternyata 90% menjawab BELUM. Bahkan banyak dari generasi milenial yang tidak memiliki literasi keuangan sehingga tidak paham pentingnya investasi.

Apakah kamu juga belum mulai memikirkan investasi? Segeralah lakukan investasi pertamamu sekarang juga. Nyatanya, berinvestasi sejak dini akan memberikan benefit yang sangat besar bagi kamu. membeli rumah, apartemen, tabungan pernikahan atau simpanan masa pensiun bisa diwujudkan jika pandai berinvestasi.

Certified Public Accountant, Micah Fraim mengilustrasikan pentingnya berinvestasi sejak dini melalui sebuah infografis, dan menyimpulkan beberapa hal berikut ini:

  1. Mereka yang mau berinvestasi lebih dulu akan memperoleh jumlah yang lebih besar ketimbang mereka yang terlambat berinvestas
  2. Semua itu bisa terjadi meski jumlah yang kamu investasikan lebih sedikit dari mereka.
  3. Pada skenario idealnya, kamu sudah bisa bersantai di usia muda bahkan pensiun saat teman sebaya masih harus membanting tulang berinvestasi.

Intinya, dengan berinvestasi kamu mengalokasikan uangmu untuk bekerja bagimu. Dengan demikian, persiapan untuk kemampuan finansial di masa depanmu lebih potensial. Berinvestasi adalah suatu langkah cerdas memanfaatkan uangmu dengan dikelola lebih maksimal.

Jadi, apakah kamu sudah mulai berubah pikiran dan ingin memulai investasi sesegera mungkin?

Tentunya muncul pertanyan baru di kepalamu saat ini, “Lalu, dari mana saya harus memulai dan jenis investasi apa yang cocok?” Kekhawatiran pasti muncul jika kamu selama ini buta terhadap dunia keuangan apalagi soal instrumen investasi. Belum lagi anggapan jika investasi membutuhkan dana yang besar sehingga kamu yang gajinya masih terbatas sudah takut duluan.

Jangan takut untuk memulai, karena kini sudah banyak sekali alternatif investasi zaman now yang bisa disesuaikan dengan karakteristik Kamu para generasi milenial.Tidak percaya? Melalui artikel berikut, Ajaib, akan menjabarkan beberapa instrumen investasi yang cocok untuk generasi milenial:

Pilihan investasi zaman now yang cocok bagi milenial

Kalau kamu adalah generasi milenial yang memiliki modal lebih besar dan ingin investasi dengan tingkat risiko lebih rendah, reksa dana adalah jawabannya. Reksa dana merupakan pilihan tepat bagi investor pemula karena keberadaan manajer investasi. Mereka yang nantinya bertugas untuk menjaga nilai investasi kita tetap potensial dan tidak merugi.

Ada beberapa jenis reksa dana yang tersedia di pasar keuangan seperti reksa dana pasar uang, reksa dana saham, dan reksa dana obligasi. Semuanya memiliki kelebihan dan risikonya masing-masing namun berikut ini adalah rekomendasi produk investasi zaman now yang pantas kamu coba.

# Reksa Dana Saham

Investasi saham merupakan sebuah jenis investasi dengan membeli surat berharga saham yang merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Saham ini diperjualbelikan di pasar modal yang dikelola oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mendapatkan investor bagi perusahaan yang membutuhkan.

Keuntungannya sendiri dapat diperoleh melalui pembagian dividen dan capital gain. Dividen merupakan laba bersih perusahaan yang dibagikan kepada pemegang sahamnya, semetara capital gain merupakan keuntungan dari kenaikan harga saham dalam perdagangan BEI. Investasi saham memberikan alternatif sumber pemasukan baik dari keuntungan jual beli saham atau pembagian laba perusahaan.

Bagi generasi milenial, investasi saham bisa jadi cukup menarik karena beberapa alasan berikut ini:

● Imbal hasilnya cukup tinggi

● Sesuai untuk investasi jangka panjang (misal: untuk persiapan dana pensiun)

● Kini sudah dapat dibeli dengan modal yang sedikit, mulai dari 100.000 rupiah

Namun jika kamu masih terkendala waktu maupun pengetahuan untuk memantau pergerakan saham, tenang karena masih ada pilihan investasi lainnya yang cocok bagi milenial.

# Reksa dana obligasi

Obligasi merupakan surat perjanjian hutang yang dikeluarkan oleh pihak pertama (atau pihak yang mengeluarkan obligasi) kepada pihak kedua (atau pihak pemegang obligasi) dengan tujuan memanfaatkan dana pihak kedua dan mengembalikannya beserta keuntungan berupa bunga dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Dalam obligasi akan ada 2 pihak, dimana pihak:

● penerbit obligasi adalah pihak yang meminjam atau debitur, sedangkan

● pemegang obligasi adalah pihak yang memberi pinjaman atau kreditur

Beberapa kelebihannya dibandingkan kedua instrumen investasi sebelumnya antara lain adalah:

● Tingkat risikonya lebih rendah

● Sesuai untuk investasi jangka menengah hingga panjang (misal: untuk persiapan dana pensiun)

Namun salah satu kelemahannya yakni membutuhkan modal lebih besar (sebagai contohnya, nilai yang umum digunakan dalam pembelian obligasi minimal adalah mulai dari 1.000.000.000 rupiah).

Kesimpulannya, berinvestasi tidak mengenal usia dan harus dimulai sedini mungkin. Generasi milenial seperti kamu yang saat ini sedang sibuk berkarier dan menikmati penghasilan sendiri juga tak boleh lupa berinvetasi. Investasi pada produk keuangan memang menjadi salah satu yang paling direkomendasikan karena bisa dilakukan dengan modal terbatas.

Selain itu, keuntungannya juga lebih progresif dibandingkan investasi model lama seperti properti, tanah, atau logal mulia seperti emas. Terlebih lagi nilai keuntungan model investasi zaman now ini tentunya akan naik seiring dengan inflasi. Sisi lainnya, kamu juga akan berpartisipasi dalam pembangunan perekonomian dalam negeri dengan aktif berinvestasi.

Jika selama ini hanya rutin menyimpan uang di tabungan maka lebih baik alokasikan untuk membeli reksa dana. Bunga tabungan yang ditetapkan bank tidak seberapa jika dibandingkan dengan keuntungan investasi. Namun ingat juga untuk menyisihkan sejumlah dana untuk kebutuhan pokok dan proteksi kesehatan dan sisanya ditanamkan pada investasi.

Bagi kamu para generasi milenial, mulai berinvestasilah dan nikmati benefitnya di masa depan. Semoga artikel ini memberikan gambaran mengenai beberapa instrumen investasi yang sesuai bagi kamu. Jangan tunda-tunda lagi keputusan investasimu agar kondisi finansialmu di masa depan terjamin.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait