Antisipasi Kerugian dengan Merebut Saham Pemenang

Antisipasi Kerugian dengan Merebut Saham Pemenang
Antisipasi Kerugian dengan Merebut Saham Pemenang

Saham pemenang (winning stock) adalah saham-saham perusahaan yang memiliki pertumbuhan konsisten dalam penjualan, laba dan harga. Saham-saham itu umumnya diterbitkan emiten terkemuka di industrinya dan memiliki perkembangan produk yang berkelanjutan untuk pasar yang baru, atau yang sudah ada. Hal ini menjadikan penjualannya stabil.

Saham pemenang sebaiknya dipegang sampai fundamental yang membuatnya menjadi pemenang mulai melemah, atau hingga harganya naik terlalu jauh dari laba ke depan. Kadang-kadang antisipasi dengan cepat melampaui pertumbuhan dan bahkan potensi pertumbuhannya. Jika ada berita tentang melemahnya laba maka harga saham akan tertekan ke bawah dan saham pemenang berubah menjadi saham pecundang (losing stock). Saham pecundang (losing stock) menggerus uang investor dan karenanya harus dijual dan dilupakan sampai saham tersebut mengalami stabilisasi dan membangun kekuatan fundamental yang diperlukan untuk menjadi pemenang di masa mendatang.

Hentikan Kerugian & Rebut Saham Pemenang

Ada pepatah kuno yang tetap berguna dipegang investor sampai sekarang: jualah saham yang merugikan, yakni saham yang sedang menurun harga dan nilainya (losing stock). Dengan logika yang sama, maka menjadi logis untuk tetap memegang saham yang terus memeberikan hasil (winning stock), sepanjang fundamental sahamnya tetap kuat. Masalahnya adalah bagaimana caranya mengetahui saham mana yang saham pecundang (losing stock). Apakah sebuah saham dapat dikatakan pecundang hanya karena investor dalam keadaan loss, yakni harga pasar sekarang berada di bawah harga beli? “Caveat Emptor” adalah Bahasa Latin untuk “Konsumen harus berhati-hati.” Memang, setiap penurunan harga adalah situasi yang merugikan bagi investor. Dalam situasi tertentu investor memang sebaiknya menjual, tetapi dalam situasi lain investor mungkin harus menunggu dan mengamati lebih cermat sebelum memutuskan untuk menjual.

Faktor Penyebab Penurunan Harga Saham

Penentunya adalah faktor-faktor penyebab penurunan harga. Jika faktor penurunan harga adalah melemah dalam seluruh pasar atau fluktuasi harga harian, maka masih akan bisa menjadi pemenang. Jika faktor penurunan harga tersebut adalah faktor yang akan berdampak pada fundamental emiten dalam jangka panjang, mungkin saat itulah investor harus melakukan cut loss dan ganti portfolio, memindahkan dana ke saham lain. Faktor-faktor yang berdampak pada fundamental emiten dalam jangka panjang dan cepat mengubah saham menjadi pecundang misalnya penurunan penjualan, kesulitan perpajakan, masalah legal, kelesuan sektor industri, dan suku bunga lebih tinggi.

Situasi Khusus yang Membuat Saham Pemenang Tampak Seperti Saham Pecundang:

1. Fluktuasi harga harian

Pengamatan sekilas pada grafik harian menunjukkan apakah harga masih dalam kisaran normal dari fluktuasi harian normal untuk saham individual atau tidak.

2. Penurunan pasar

Penurunan signifikan dalam pasar secara keseluruhan dapat menekan harga saham pemenang jauh ke bawah.

3. Penurunan harga karena aksi pencairan keuntungan (profit taking)

Penurunan harga saham sesaat setelah investor beramai-ramai melakukan pencairan keuntungan (profit taking) akibat telah terjadinya lonjakan nilai saham pemenang itu. Yang ini tidak menjadikan saham pemenang lantas menjadi saham pecundang. 

Itulah beberapa hal mengenai investasi saham pemenang yang harus direbut segera untuk mendatkan keuntungan besar. Di Ajaib, kamu bisa melakukan analisa saham sebelum membelinya, sehingga kamu bisa dengan mudah memilih perusahaan yang ingin kamu beli sahamnya. Yuk investasi sekarang di Ajaib.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait