Aman Tidak Aman dalam Jenis Investasi

Suku Bunga

Keamanan. Kita semua mencarinya dalam investasi kita, sambil juga mencari pengembalian untung tertinggi. Seiring bertambahnya usia, keselamatan berinvestasi menjadi lebih penting karena kita semakin dekat dengan usia pensiun.

Apakah ada investasi yang benar-benar “aman”? Jawaban singkatnya adalah, tidak ada investasi yang 100% aman. Tetapi tentu saja ada beberapa investasi yang lebih baik daripada yang lain untuk melindungi tabungan kamu yang diperoleh dengan susah payah.

Mari kita periksa beberapa investasi “aman” yang paling umum dan pelajari seberapa bagus investasi itu sebenarnya melindungi kamu dari kerugian finansial.

1. Uang Tunai

Kamu mungkin tidak dapat menerima pasang surut pasar saham, dan tidak ingin uang kamu terikat dalam obligasi atau investasi pendapatan tetap lainnya. Jadi, kamu hanya menyimpan sejumlah besar uang tunai di rekening tabungan dasar, rekening bank, atau sebuah cek deposito.

Mengapa Itu Aman?

Uang tidak akan jatuh nilainya jika pasar saham jatuh. Kamu bisa mendapatkan pengembalian yang dapat diprediksi dari bunga dengan menyimpannya di rekening bank dalam bentuk deposito. Dan kamu dapat mengaksesnya kapan saja kamu membutuhkannya.

Kenapa Tidak Aman?

Jika kamu memiliki banyak uang tunai, kamu sebenarnya dapat kehilangan uang dalam jangka panjang jika ada inflasi. Tetapi yang paling penting, menempatkan terlalu banyak portofolio investasi kamu dalam bentuk tunai akan menyulitkan kamu untuk mengumpulkan jenis kekayaan yang kamu perlukan untuk masa pensiun yang nyaman. Uang tunai juga mudah diakses, yang artinya terlalu mudah untuk kamu belanjakan.

2. Saham Dividen

Saham dividen umumnya dikeluarkan oleh perusahaan yang biasanya tidak melihat banyak volatilitas, tetapi akan membayar persentase yang sehat dari pendapatan mereka kepada pemegang saham. Saham dividen sering digunakan oleh investor yang lebih tua atau siapa pun yang ingin meningkatkan pendapatan tanpa banyak risiko.

Mengapa Itu Aman?

Saham dividen yang baik akan membayar jumlah yang konsisten kepada pemegang saham setiap kuartal, dan biasanya pengembalian yang lebih baik daripada obligasi. Secara alami, saham dividen tidak akan naik dan turun harga seperti saham lainnya, sehingga mereka tidak rentan terhadap penurunan pasar besar.

Kenapa Tidak Aman?

Mereka masih merupakan saham, dan setiap saham berpotensi rentan terhadap perubahan pasar. Bahkan saham dividen akan kehilangan nilai di pasar jika pasar sedang turun, jadi masih mungkin untuk kehilangan uang. Di sisi lain, saham dividen tidak akan naik nilainya seperti investasi lain ketika pasar naik. Selain itu, dividen tidak pernah dijamin; sebuah perusahaan dapat memotong dividennya kapan saja jika pendapatannya turun.

3. Emas

Kami telah melihat emas dipuji sebagai investasi “aman” karena dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan perlindungan terhadap bencana ekonomi besar. Sejarah telah menunjukkan bahwa mereka yang memegang emas selama masa krisis, masih memegang kekayaan mereka dengan stabil.

Mengapa Itu Aman?

Emas dapat melindungi dari inflasi dan secara historis, telah diketahui mempertahankan nilainya bahkan selama masa bencana. Itu sebabnya emas menjadi investasi populer selama krisis utang baru-baru ini.

Kenapa Tidak Aman?

Banyak ahli keuangan mencatat bahwa reputasi emas sebagai lindung nilai terhadap inflasi sering dilebih-lebihkan, dan emas telah diketahui kehilangan nilainya. Umumnya emas tidak memiliki pengembalian investasi yang sama. Dengan kata lain, itu tidak seaman yang kamu pikirkan, dan kamu tidak perlu menjadi kaya dengan memegangnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait