Saham

Bisakah Membeli Saham Perusahaan Luar Negeri? Ini Jawabannya

membeli saham perusahaan luar negeri

Ada keinginan untuk membeli saham perusahaan luar negeri? Jika iya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini untuk memastikan bisa tidaknya membeli saham perusahaan luar negeri.

Setiap perusahaan yang memiliki perkembangan secara pesat dan baik meliputi transaksi perusahaan, keuntungan perusahaan, dan keuangan, bisa dikatakan maju. Hal ini dapat membuat perusahaan memasukkan saham mereka di bursa saham untuk diperjualbelikan nilainya. Para pelaku investasi pastinya akan sangat tertarik untuk memiliki saham perusahaan tersebut.

Sebut saja, perusahaan raksasa di bidang teknologi sekelas Apple, Facebook, atau Microsoft yang memiliki nilai fantastis pada sahamnya. Pertanyaanya, apakah setiap orang yang ingin mencoba investasi saham, dapat membeli saham perusahan-perusahaan raksasa tersebut atau membeli saham perusahaan luar negeri lainnya? Jawabannya, tentu bisa. Namun, dengan tahapan yang cukup rumit alias ribet.

Pasalnya, jaringan bursa yang dikelola oleh Bursa Efek Indonesia tidak memiliki jaringan ke perusahaan luar negeri. Bahkan, perusahaan-perusahaan asing sekelas Facebook dan Apple tidak ada di listing Bursa Efek Indonesia. Nah, untuk memahami apakah kamu bisa membeli saham perusahaan luar negeri, berikut ini akan dijelaskan dan bisa dipahami.

Membeli Saham Perusahaan Luar Negeri Sama Halnya dengan Membeli Saham Lokal

Bagi kamu yang ingin berinvestasi saham, sebaiknya memilih saham perusahaan lokal terlebih dulu. Perkembangan perusahaan asing yang menghasilkan keuntungan fantastis sebagaimana diberitakan di banyak media, memang membuat orang-orang tertarik untuk memiliki saham mereka. Padahal, keuntungan tersebut, terkadang tidak selamanya mempengaruhi nilai saham perusahaan tersebut.

Masih banyak saham perusahaan lokal yang juga tidak kalah tinggi menawarkan keuntungan atau profit dari setiap saham. Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin berinvestasi saham, memilih saham lokal juga tidak kalah dalam menghasilkan profit yang menguntungkan. Apalagi jika kamu seorang pemula yang ingin mencoba saham sebagai instrumen investasi.

Pertanyaanya, apakah kamu tahu cara membeli saham perusahaan yang ada di Indonesia? Mengingat, membeli saham perusahaan asing tidak jauh berbeda dengan membeli saham perusahaan lokal. Nah, untuk mengetahui cara membeli saham baik saham lokal maupun asing, ada baiknya untuk memahami saham secara mendalam. Berikut ini penjelasannya:

Mengenal Saham secara Mendalam

Saham merupakan nilai suatu perusahaan per lembarnya yang dapat diperjualbelikan di bursa saham. Aktivitas membeli dan menjual saham ini dibedakan menjadi keuntungan jangka panjang dan keuntungan jangka pendek. Jika kamu memilih target profit jangka panjang, maka disebut dengan investor. Sedangkan untuk profit jangka pendek, maka aktivitas kamu disebut dengan trading saham.

Aktivitas membeli dan menjual saham dengan tujuan mendapatkan profit atau keuntungan berdasarkan selisih dari fluktuasi nilai setiap saham merupakan pengertian trading saham. Pelaku dari trading saham ini disebut dengan trader yang memiliki tujuan mendapatkan keuntungan dari aktivitas trading setiap harinya. Sehingga trader dan investor memiliki perbedaan yang cukup jelas.

Trading saham dibadi menjadi 2 jenis yaitu day trading dan aktif trading. Day trading yaitu aktivitas yang dilakukan trader dengan membeli dan menjual saham dalam waktu satu hari trading demi mendapatkan keuntungan secara cepat. Lain halnya dengan aktif trading yang mengorder banyak posisi atau transaksi per bulannya. Lalu memanfaatkan timing penjualan berdasarkan situasi pasar untuk mendapatkan keuntungan.

Keuntungan dari setiap trading saham tersebut tidak akan bisa berjalan dengan sukses jika trader atau pelaku trading saham tidak menggunakan strategi yang tepat saat menjual saham mereka. Oleh karena itu, tidak hanya modal yang dibutuhkan, namun pengetahuan akan investasi saham itu sendiri yang harus dipahami.

Membuka Rekening Saham di Indonesia serta Luar Negeri

Setelah memahami istilah saham dan penjelasannya secara baik dan benar, hal yang bisa dilakukan selanjutnya adalah membuka rekening saham. Membuka rekening saham di sini, bisa dikatakan mendaftarkan atau membuat akun baru dengan mendepositkan sejumlah dana sesuai budget yang dimiliki.

Pembukaan akun atau rekening saham ini bisa melalui broker atau pialang saham yang ada di perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas sebagai perantara bagi setiap orang yang ingin berinvestasi saham, baik secara online maupun offline. Broker yang memberi layanan investasi saham ini biasanya memiliki software trading yang bisa digunakan untuk proses jual beli saham.

Pada pembukaan akun ini kamu diminta untuk mengisi formulir serta melengkapi beberapa dokumen sebagai data diri. Untuk perusahaan luar negeri, ada beberapa perusahaan sekuritas yang menyediakan broker untuk melayani prose pembukaan rekening seperti IBKR atau Interactive Broker dan Tastyworks. Pada dasarnya, baik saham perusahaan asing dan lokal untuk proses pembukaan rekening saham tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Mendepositkan Sejumlah Dana

Ketika kamu berhasil mendaftarkan sebuah akun atau rekening saham yang ditandai dengan email konfirmasi meliputi username, password, PIN, dan nomor rekening saham, maka kamu bisa melakukan deposit dengan sejumlah dana yang diinginkan sesuai minimal deposit. Deposit yang ada pada rekening saham berguna untuk membeli saham nantinya.

Deposit dana ini biasanya dilakukan melalui transfer bank dengan sejumlah rekanan yang melayani proses deposit di tempat perusahaan sekuritas. Pada proses deposit sejumlah dana untuk perusahaan asing tidak jauh berbeda. Akan tetapi, media atau alat transfer dana ini menggunakan beberapa bank saja. Bisa dikatakan terbatas untuk bank yang melayani transfer ke perusahaan asing. Selain itu, perbedaan zona waktu juga mempengaruhi waktu yang dibutuhkan untuk dana masuk ke rekening saham.

Menginstal Software Online Trading

Setelah data diri dinyatakan terverifikasi dan rekening saham yang telah diisi sejumlah dana, maka kamu sudah bisa membeli berbagai macam saham sesuai keinginan atau rekomendasi broker. Jika hal ini sudah dapat dilakukan, maka jangan lupa untuk menginstal software trading dari perusahaan sekuritas atau broker yang melayani akun saham kamu.

Software online trading ini tentunya dapat diakses melalui gadget, baik smartphone atau laptop. Dengan begitu, kamu bisa melihat kondisi pasar saham yang sedang berlangsung. Di mana, fluktuasi harga saham bisa terlihat dengan berita yang akurat serta tepat. kamu juga bisa melihat saldo yang telah didepositkan, pergerakan saham yang kamu beli, dan masih banyak lainnya.

Melakukan Transaksi Saham Menggunakan Software Online Trading

Kegunaan software online trading tentunya dapat membantu kamu dalam melakukan transaksi saham secara mobile di mana saja dan kapan saja. Hal pertama yang kamu lakukan dalam menggunakan software ini yaitu login, lalu melihat saham-saham mana saja yang direkomendasikan dan pilih menu Buy untuk membeli saham.

Setiap saham memiliki kode masing-masing, jadi kesalahan dalam memilih tentu dapat dihindari. Misalkan saja PT Aneka Tambang, memiliki kode ANTM. Lain halnya perusahaan asing seperti Google dengan kode GOOG dan saham Facebook dengan kode FB.

Pada dasarnya, cara membeli saham perusahaan lokal atau luar negeri tidak jauh berbeda. Hal yang jelas membedakan adalah cara kamu mendapatkan keuntungan dari setiap saham yang dimiliki. Jika, kamu tidak menggunakan cara dan analisa yang tepat ketika berinvestasi saham, maka saham perusahaan asing yang memiliki nilai tinggi sekalipun tidak akan membuat keuntungan bagi kamu.

Pilihlah instrumen investasi yang sesuai dengan kemampuan dan pengetahuan. Tidak hanya investasi saham yang memiliki keuntungan, investasi reksa dana juga bisa menjadi pilihan instrumen investasi. Apalagi prosesnya kini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi Ajaib. Dengan investasi reksa dana di Ajaib, kamu bisa mendapatkan keuntungan besar dan risiko yang rendah.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait