4 Alasan yang Meyakinkan Kamu Harus Bisnis Saham

4 Alasan yang Meyakinkan Kamu Harus Bisnis Saham
4 Alasan yang Meyakinkan Kamu Harus Bisnis Saham

Mungkin banyak hal yang terlintas di benak kamu ketika mendengar kata saham. Ada yang berpikir tentang pengusaha, perusahaan besar, dan kekayaan. Ada juga yang mungkin berpikir saham merupakan investasi yang hanya diperuntukkan bagi orang-orang berduit. Eits, jangan salah! Justru bisnis saham bisa menjadi jalan untuk membuat kamu sukses dan mendapatkan untung berlipat dengan relatif cepat.

Kalau modal masih minim, kamu bisa coba berinvestasi saham lewat reksa dana. Sebuah sistem investasi di mana uang kamu dikumpulkan bersama-sama dengan para investor lain untuk diinvestasikan. Salah satu investasi reksa dana yang bisa kamu pilih adalah pasar saham.

Tentu saja, bermain saham juga ada caranya. Kamu bisa berkonsultasi dengan seorang broker untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Tapi ingat, hubungi broker atau manajer investasi yang tepercaya agar kamu bisa mendapatkan informasi yang valid.

Buat kamu yang masih merasa ragu-ragu untuk memulai bisnis saham, berikut ini adalah beberapa alasan investasi saham yang bisa dijadikan pertimbangan.

Memiliki Bisnis Tanpa Harus Membangun Merek atau Perusahaan

Dengan memiliki saham sebuah perusahaan, berarti kamu sudah memiliki sebagian dari bisnis perusahaan tersebut. Lagi pula, menjadi bagian pemilik perusahaan favorit akan terasa sangat menyenangkan ketimbang sekadar menjadi konsumen. Misalnya, ikut menanam saham di production house favorit, bank favorit, atau merek dagang lainnya.

Walau demikian, ada pertimbangan tertentu dalam bisnis saham. Di mana, kamu harus bisa mengenali bisnis mana saja yang punya peluang harga sahamnya naik terus. Salah satunya, dengan menilik perusahaan startup yang produknya kian booming. Orang-orang dengan bakat bisnis, biasanya punya  naluri tajam dalam hal ini. Kalau kamu masih ragu, maka sebelum berinvestasi, konsultasikan dulu keinginanmu dengan orang-orang yang berkualifikasi di bidangnya.

Menunjukkan Sikap Nasionalisme

Dikutip dari Detik.com yang mengungkapkan bahwa pemilik saham di Bursa Efek Indonesia masih didominasi oleh investor asing sebanyak 60%. Hal ini menunjukkan bahwa perekonomian negara kita masih mayoritas dikuasai asing. Bayangkan apa yang terjadi, jika para investor luar negeri tersebut lalu serentak menarik investasinya di Indonesia? Bisa-bisa perekonomian bangsa kita jatuh.

Oleh karena itu, dengan menginvetasikan uangmu di perusahaan dalam negeri, kamu telah menunjukkan sikap nasionalisme. Khususnya dengan berinvestasi pada perusahaan-perusahaan vital tanah air.

Membutuhkan Modal Relatif Sedikit

Kalau kamu masih berpikir bisnis saham hanya untuk mereka yang kaya, maka hapuskan pikiran itu sekarang juga. Karena, saat ini hanya dengan uang Rp100.000 saja kamu sudah bisa bertransaksi di pasar saham. Kalau dipikir-pikir, mana ada modal bisnis dengan prospek timbal balik yang tinggi dengan modal Rp100.000 saja. Tapi hal itu sangat mungkin terjadi, kalau kamu mulai berinvestasi  saham di perusahaan yang tepat.

Memiliki Imbal Hasil Relatif Tinggi dan Bisa Menjadi Investasi Masa Depan

Dengan modal relatif sedikit, ternyata saham dapat menawarkan imbal hasil yang relatif cepat. Bahkan dalam kurun waktu yang singkat. Terlebih lagi, pergerakan saham juga dipengaruhi oleh laju inflasi. Sehingga invetasi bisa kian menguntungkan pada perusahaan-perusahaan yang mudah terpengaruh oleh inflasi.

Walaupun ada instrumen saham yang dapat memberikan keuntungan investasi saham dalam kurun waktu singkat. Namun sebaiknya saham dijadikan rencana investasi jangka panjang demi keuntungan yang maksimal. Berkaitan dengan laju inflasi yang kian lama kian tinggi, maka saham kamu bisa makin menguntungkan. Tapi jangan lupa, sama seperti jenis bisnis apapun, bisnis saham juga tetap memiliki resiko yang harus kamu pahami.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait