Alasan Outsourcing adalah Sistem Kerja yang Dipilih Perusahaan

outsourcing adalah
outsourcing adalah

Setiap tanggal 1 Mei, yang merupakan hari buruh, para pekerja di Indonesia selalu turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasinya. Menghapus sistem kerja outsourcing adalah salah satu tuntutan yang selalu konsisten disuarakan para buruh.

Pengertian Outsourcing

Sistem kerja alih daya atau outsourcing adalah salah satu upaya sebuah perusahaan untuk memenuhi kebutuhan karyawannya. Pada sistem kerja outsourcing, alih-alih mengontrak langsung seorang karyawan di bawah manajemennya, perusahaan memilih menggunakan jasa (menyewa) pihak ketiga. Pihak ketiga tersebut, adalah perusahaan outsourcing, yang menjadi penyedia tenaga kerja yang dibutuhkan.

Sehingga, status karyawan outsourcing bukanlah karyawan langsung perusahaan dimana dia ditempatkan. Melainkan sebagai karyawan dari perusahaan penyedia jasa tenaga kerja.

Awal Mulai Sistem Kerja Outsourcing Diterapkan Di Indonesia

Sistem kerja kontrak dan outsourcing mulai digunakan di Indonesia seiring diberlakukannya Undang Undang No 13 Tahun 2003. Awal mula penerapan sistem kerja outsourcing, adalah dikarenakan adanya keinginan para pengusaha untuk membagi beban kerja.

Alasan Perusahaan

Penggunaan tenaga kerja outsourcing adalah ditujukan untuk mendapatkan karyawan yang ahli di bidangnya. Walaupun untuk memenuhi kebutuhan kerja pada bagian yang bukan produk inti perusahaan.

Lion Air merupakan salah satu perusahaan yang sukses menggunakan sistem kerja alih daya. beberapa pekerjaan seperti pengadaan komponen, perawatan pesawat sampai katering dialihkan kepada pekerja outsourcing. Dengan demikian, perusahaan Lion Air berhasil melakukan penghematan besar-besaran.

Bagi perusahaan, sistem kerja outsourcing memberikan keuntungan karena dapat menekan biaya operasional lebih murah. Karena, karyawan outsourcing tidak mendapatkan beberapa jenis tunjangan atau hak yang didapatkan langsung di bawah perusahaan.

Perekrutan karyawan juga lebih mudah, karena karyawan perekrutan karyawan outsourcing adalah tanggung jawab perusahaan penyedia jasa alih daya. Perusahaan pengguna sistem kerja alih daya juga bisa mempekerjakan karyawan outsourcing pada periode waktu tertentu saja. Dengan Perjanjian Kontrak Waktu Tertentu (PKWT), perusahaan tidak harus mempekerjakan karyawan secara terus menerus atau permanen.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bekerja Sebagai Karyawan Alih Daya

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat hendak bekerja sebagai karyawan alih daya dalam dunia kerja

Perusahaan Alih Daya Tidak Memotong Gaji Karyawan

Perusahaan outsourcing adalah berperan menyalurkan tenaga kerja yang dibutuhkan. Jasa perusahaan outsourcing, akan dibayar oleh perusahaan yang bekerja sama. Sehingga, tidak ada alasan jika perusahaan tersebut lantas memotong gaji karyawannya setiap bulan. Jika kamu menemukan kejanggalan tersebut, sebaiknya kamu jangan menandatangani kontrak.

Jika Gaji Sering Terlambat, Minta Tanggung Jawab Perusahaan Outsourcing

Apabila terjadi keterlambatan penggajian, maka karyawan alih daya harus menuntut pada perusahaan outsourcing. Tidak ada kaitan antara kondisi keuangan perusahaan dimana kamu ditempatkan dengan perusahaan outsourcing yang menaungi.

Karena, perusahaan oustourcing juga wajib membayarkan gaji karyawan alih daya yang dipekerjakannya. Walaupun perusahaan pengguna jasa belum memberikan bayaran atau memiliki masalah keuangan..

Sebaiknya Jangan Berkarir Sebagai Karyawan Outsourcing

Sangat tidak dianjurkan menjadi karyawan outsourcing untuk jangka waktu lama. Sebaiknya, setelah pengalaman kerja memadai, cari pekerjaan yang dapat menunjang karirmu. Ada perusahaan yang memiliki kebijakan mengangkat karyawan alih daya berprestasi menjadi karyawan tetap. Namun jika setelah bertahun-tahun tidak ada perubahan, sebaiknya mencari perusahaan lain untuk bekerja.

Bacaan menarik lainnya:

Sukirno, Sadono. (2010). Makroekonomi: Teori Pengantar. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait