Ketersediaan Pekerja Milenial sebagai bagian Perencanaan SDM

perencanaan sdm
perencanaan sdm

Berbicara tentang perencanaan SDM (Sumber Daya Manusia) berarti membicarakan bagaimana memaksimalkan manusia sebagai aset utama sebuah perusahaan. Generasi milenial merupakan sumber pekerja yang sangat dibutuhkan sebuah perusahaan pada saat ini.

Karena generasi yang terdiri dari para kawula muda ini memiliki pola pikir yang masih segar dan juga banyak ide kreatif didalamnya. Ada 4 langkah dalam proses perencanaan SDM yaitu, persediaan tenaga kerja saat ini; kebutuhan SDM di masa mendatang; perkiraan permintaan SDM, dan strategi implementasi pencarian SDM.

Namun, membuat perencanaan SDM yang mayoritas pekerjanya adalah generasi milenial bukanlah hal yang mudah loh. Generasi milenial (lahir pada tahun 1981-1996) memiliki karakter yang khas seperti mudah beradaptasi dengan teknologi terbaru, senang menerima masukan, tidak sabaran, serta progresif.

Maka dari itu, perusahaan yang mempunyai pekerja milenial yang banyak biasanya sedikit demi sedikit mengubah budaya pekerjaan yang hierarki menjadi lebih dinamis.

Memetakan ketersediaan SDM yang ada dalam perusahaan merupakan langkah awal yang sangat penting dalam perencanaan SDM, dalam hal ini perusahaan harus menilai dari segi kompetensi, pengalaman, usia, jenis pekerjaan yang dilakukan, dan lain sebagainya.

Memetakan ketersediaan SDM dalam perusahaan membantu perusahaan untuk dapat menemukan strategi bekerja paling efektif.

Senang Menerima Masukan

Pekerja millennial mempunyai karakteristik senang menerima masukan dari atasan mereka, maka dari itu HR ataupun kepala tim harus melakukan evaluasi agar pekerja milenial dapat meningkatkan kinerjanya dalam bekerja.

Biasanya jika sudah bekerja dalam kurun waktu tertentu, pekerja milenial ingin mengetahui timbal balik dari atasannya terhadap apa yang sudah dia kerjakan, mereka senang diberi reward apabila berprestasi dan kritik apabila ada kinerja yang kurang memuaskan.

Iklim Bekerja yang Kolaboratif

Pekerja millennial berkecenderungan memiliki beberapa kemampuan dalam fungsi kerja, selain itu millennial juga menyukai hal baru dan hal yang menantang, maka dari itu iklim bekerja yang disenangi Millennial adalah iklim kerja yang kolaboratif dimana ada saat saat tertentu satuan fungsi kerja A dapat ikut mengerjakan project yang dikerjakan satuan fungsi kerja B.

Mereka juga senang apabila diberi kebebasan untuk mengeluarkan pendapatnya dalam rapat atau bahkan mengambil keputusan dalam pekerjaannya.

Kompensasi dan Deadline

Salah satu karakteristik yang cukup beresiko dalam pekerja yang berasal dari Generasi Millennial adalah tidak sabaran alias mudah bosan. Maka dari itu generasi milenial menyukai lingkungan kerja yang dinamis. Mereka akan sangat senang apabila diberi kompensasi seperti memberikan dukungan untuk perkembangan skill mereka. Selain itu juga gaya berpakaian yang fleksibel, hingga diperbolehkan untuk bekerja secara remote.

Tidak melulu soal uang, terkadang generasi millennial membutuhkan kompensasi seperti hal tersebut. Nah, untuk menyeimbangkan kompensasi yang diberikan, perusahaan dapat mengontrol mereka melalui sejumlah arahan. Selain itu juga tenggat waktu atas target pekerjaan yang harus diselesaikan.

Memetakan Ketersediaan SDM dalam sebuah perusahaan membantu kebutuhan tenaga kerja perusahaan. Baik itu dari segi kompetensi, kualifikasi, hingga kultur dalam bekerja. Di tambah adanya pekerja millennial sebagai suntikan asset yang segar, tentunya hal ini jangan sampai terlewat dengan sia-sia.

Bacaan menarik lainnya:

Lancaster, L. C., & Stillman, D. (2002). When Generations Collide: Who They Are. Why They Clash. How to Solve the Generational Puzzle at Work. New York: HarperCollins


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait