Bisnis & Kerja Sampingan

AdSense YouTube: Cara Kerja dan Bagaimana Mengaktifkannya

adsense youtube

Ajaib.co.id – AdSense YouTube sekarang jadi cara yang menjanjikan untung mendulang uang. Simak semua yang perlu kamu tahu soal AdSense Youtube di sini.

YouTube membuka kesempatan luas bagi kamu yang ingin membagikan konten dalam bentuk video bahkan memberikan “gaji” dari hal tersebut. Gak heran makanya makin banyak orang yang memilih menjalankan channel YouTube secara profesional, bukan hanya sebagai pekerjaan sampingan.

Selain bisa membuat konten video yang sesuai dengan kreativitas lalu mendulang popularitas, rupiah pun bisa didapatkan. Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube yang paling populer adalah dengan mengaktifkan AdSense YouTube.

Cara Kerja AdSense YouTube

Cara kerja AdSense YouTube adalah dengan membuat channel-mu menjadi tempat beriklan bagi para pengiklan. Tak hanya sekedar jadi tempat, AdSense Youtube juga mencocokkan iklan dengan konten dan tipikal viewers konten yang kamu tayangkan.

Pengiklan membayar iklan dengan harga yang berbeda-beda melalui sistem bid, sehingga nantinya kamu akan menerima jumlah yang tak sama juga untuk setiap hasil AdSense yang terpasang.

Cara Daftar AdSense Youtube

Sebelum daftar AdSense YouTube, pastikan kamu memiliki akun Google dan channel YouTube yang kontennya dibuat oleh kamu sendiri sejak awal. Berikutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Untuk membuat Akun AdSense di sini dan klik daftar sekarang
  2. Masukkan URL channel YouTube untuk dijasikan tempat penayangan iklan
  3. Masukkan alamat email kamu
  4. Klik Simpan dan Lanjutkan lalu login ke Akun Gmail milikmu yang terdaftar
  5. Pilih negara atau wilayah kamu
  6. Baca Persyaratan dan Ketentuan AdSense
  7. Klik Buat akun

Cara Mengaktifkan Akun AdSense YouTube

Setelah membuat akun AdSense, kamu masih harus menjalani langkah berikutnya, yaitu mengaktifkannya dengan melakukan monetisasi. Monetisasi bisa dilakukan jika kamu tergabung dalam Program Partner Youtube (YPP).

Agar bisa tergabung dalam YPP, kamu harus memenuhi standar kelayakan minimum mematuhi kebijakan monetisasi YouTube, tinggal di negara atau wilayah YPP tersedia, dan punya lebih dari 4.000 jam waktu tonton publik yang valid dalam 12 bulan terakhir dan lebih dari 1.000 subscribers.

Jika channel milikmu masuk dalam kriteria di atas, kamu bisa langsung menautkan akun AdSense dengan klik Account di pojok kanan atas YouTube, pilih YouTube Creator Studio, klik pilihan Monetisasi di menu sebelah kiri dan ikuti petunjuk berikutnya.

Proses AdSense diterima ini biasanya akan diproses dalam beberapa hari, namun dalam beberapa kasus bisa sampai 2 minggu. Jangan khawatir, kamu tetap bisa produktif mengunggah konten-konten ke akunmu sembari menambah jam tayang dan kredibilitas konten.

Pilihan Tampilan Iklan AdSense Youtube

YouTube punya enam pilihan tampilan iklan yang akan disesuaikan dengan jenis video dan target viewers masing-masing channel. Berikut adalah lima pilihan tampilan iklan AdSense YouTube yang mungkin akan muncul di konten-kontenmu:

1. Skippable Video Ads

Skippable video ads memungkinkan viewers bisa klik skip iklan setelah 5 detik jika mereka mau. Iklan ini bisa diselipkan sebelum, saat, atau setelah video diputar. Jika kamu mengaktifkan pilihan ini, bisa jadi kamu akan melihat kombinasi skippable dan bumper ads bergantian. Bisa diaktifkan untuk pengguna desktop, mobile, TV, dan konsol game.

2. Non Skippable Video Ads

Non skippable video ads adalah jenis iklan yang pasti ditonton sebelum video kamu dilihat viewers. Dari namanya, bisa diketahui bahwa jenis iklan ini tidak punya tombol skip sehingga penonton tidak bisa menghindar dari iklan jika benar-benar ingin menonton video atau kontenmu.

Iklan ini bisa muncul sebelum, saat, atau setelah kontenmu diputar. Bisa muncul di desktop dan mobile.

3. Bumpers Ads

Bumper ads adalah video iklan yang harus ditonton viewers sebelum menonton kontenmu dengan durasi hingga 6 detik tanpa tombol skip. Jika kamu mengaktifkan pilihan ini, mungkin akan muncul kombinasi skippable dan bumper ads diputar bergantian. Bisa diaktifkan untuk perangkat desktop dan mobile.

4. Display Ads

Jenis iklan ini muncul di bagian kanan video, di atas suggestion list. Jika pengiklan membayar lebih mahal, iklan ini bisa juga muncul di tepat di bawah player video. Hanya ada di YouTube desktop.

5. Overlay Ads

Overlay ads berbentuk gambar atau teks semi transparan yang mengambil tempat 20% di bagian bawah video kamu. Hanya bisa ditampilkan di YouTube desktop.

6. Sponsored Cards

Sponsored cards akan menampilkan konten yang biasanya relevan dengan konten videomu, seperti produk yang muncul dalam video. Biasanya, viewers akan melihat teaser yang akan muncul selama beberapa detik. Mereka juga bisa klik ikon yang muncul di pojok kanan untuk mencari tahu produk yang ditampilkan. Bisa diaktifkan di platform desktop dan mobile.

Jenis Konten untuk Mendapatkan AdSense YouTube

Jika kamu ingin memonetisasi konten-kontenmu dan menjadikan YouTube sebagai sumber penghasilan, pastikan konten tersebut akan menarik bagi viewers, baik dari sisi manfaat, hiburan, atau edukasi. Beberapa konten yang disukai viewers di Indonesia adalah konten kuliner baik review makanan atau tutorial memasak.

Selain itu, kalau kamu jago make up, buatlah konten sebanyak-banyaknya karena make up masuk dalam jenis konten yang paling disukai di Indonesia, gak hanya dari para beauty vlogger tapi juga dari kreator-kreator di kota non-metro.

Itu dia beberapa hal tentang AdSense YouTube, cara modern menghasilkan uang dengan jadi content creator yang rupanya sudah jadi cita-cita banyak anak-anak Indonesia.

Selain artikel mengenai AdSense Youtube kali ini, blog Ajaib juga punya berbagai artikel yang bisa kamu baca untuk mengoptimalkan channel YouTube milikmu, lho! Ayo baca blog Ajaib sekarang juga!

Artikel Terkait