Bisnis & Kerja Sampingan

Wajib Tahu, Ini Syarat Monetisasi YouTube Terbaru

syarat monetisasi YouTube terbaru

Ajaib.co.id – Yuk Baca ulasan mengenai syarat monetisasi YouTube terbaru berikut untuk mendapatkan uang dari video yang kamu buat.

Kamu sedang mengembangkan channel YouTube dan kepikiran untuk mengembangkannya agar bisa menghasilkan keuntungan? Monetisasi YouTube adalah salah satu cara untuk mewujudkan keinginanmu!

Yup, monetisasi YouTube adalah salah satu cara menghasilkan uang dari YouTube dari video-video yang kamu unggah dengan mengaktifkan fitur iklan. Namun tidak semua video akan menghasilkan uang, hanya video-video yang memenuhi syarat YouTube saja yang bisa kamu monetisasi.

Syarat monetisasi YouTube inilah yang harus kamu pahami dan penuhi agar bisa mengoptimalkan fiturnya. Kamu bisa melakukan monetisasi YouTube jika sudah tergabung dalam Program Partner YouTube (YPP). Jika sudah terdaftar dalam YPP, pihak YouTube akan terus meninjau channel dan konten-kontenmu agar tetap sesuai aturan.

Pihak YouTube membagi beberapa fitur monetisasi yang bisa kamu aktifkan. Perlu diingat, setiap fitur ini nantinya juga akan memiliki persyaratan lanjutan. Jadi, bisa saja kamu mungkin hanya bisa mengaktifkan satu atau dua fitur saja.

Cara Monetisasi YouTube lewat YouTube Partner Program

  • Pendapatan iklan: kamu bisa mendapatkan pendapatan dengan memasang iklan display, overlay, dan video di kontenmu.

Kamu bisa mengaktifkan fitur ini jika berusia minimal 18 tahun atau punya wali sah berusia lebih dari 18 tahun yang bisa membantu kamu mengurus pembayaran lewat AdSense. Selain itu, kamu juga harus membuat konten yang memenuhi pedoman konten yang cocok untuk pengiklan.

Berikut adalah daftar topik utama yang tidak bisa dimonetisasi:

  1. Bahasa tidak sopan
  2. Kekerasan
  3. Konten dewasa
  4. Tindakan berisiko atau berbahaya
  5. Menghasut dan merendahkan
  6. Konten yang menyebarkan kebencian
  7. Konten terkait senjata api
  8. Narkoba dan konten yang terkait dengan narkoba
  9. Konten yang terkait dengan tembakau
  10. Tema dewasa dalam konten keluarga
  11. Isu kontroversial dan peristiwa sensitif
  • Langganan channel: subscriber kamu akan membayar sejumlah uang secara bulanan dengan keuntungan yang kamu tawarkan. Syarat mengaktifkan fitur ini adalah berusia minimal 18 tahun dan memiliki lebih dari 30.000 subscribers.
  • Galeri merchandise: kalau bisnis kamu sudah punya merchandise, fitur ini memungkinkan penggemarmu bisa mencari dan membeli merchandise resmi yang ditampilkan di kontenmu. Syarat mengaktifkan fitur monetisasi ini adalah berusia minimal 18 tahun dan memiliki lebih dari 10.000 subscriber.
  • Super Chat & Super Stickers: subscribers kamu diwajibkan membayar jika ingin pesannya diperjelas dalam streaming chat-mu. Syarat untuk mengaktifkan fitur ini adalah berusia 18 tahun dan tinggal di negara/wilayah tempat Super Chat tersedia.
  • Pendapatan YouTube Premium: Fitur terbaru ini memungkinkan kamu mendapatkan bagian dari biaya langganan yang dikeluarkan subscribers saat menonton kontenmu. Syarat agar bisa mengaktifkan fitur ini adalah dengan membuat konten yang ditonton oleh subscriber YouTube Premium.

Syarat Monetisasi YouTube Terbaru

Bagaimana cara bergabung dalam YPP dan mulai monetisasi YouTube secepatnya? Berikut adalah syarat minimum kelayakannya!

  • Mematuhi kebijakan monetisasi YouTube
  • Tinggal di negara atau wilayah tempat YPP tersedia

Indonesia sudah termasuk dalam negara yang masuk dalam YPP. Jadi satu syarat ini sudah kamu penuhi.

  • Punya lebih dari 4.000 jam waktu tonton publik yang valid dalam 12 bulan terakhir dan lebih dari 1000 subscriber.

Aturan ini berhubungan dengan konteks sebelum pihak YouTube bisa menerima kamu dalam YPP. Biasanya, channel yang sudah mencapai angka ini punya konten yang konsisten ditayangkan dan jumlahnya cukup banyak. Jadi, pastikan dulu apakah angka tersebut sudah kamu penuhi agar bisa lolos jadi YPP.

Jenis konten yang dimaksud adalah konten orisinil, bukan hasil unggah ulang konten milik kreator lain. Selain itu, channel kamu juga harus menarik dan fokus pada satu topik, misalnya fesyen, gaya hidup, atau gaming.

Sedangkan untuk jumlah subscriber yang dimaksud adalah subscriber asli, tidak boleh curang dengan menggunakan tools atau aplikasi seperti Sub for Sub.

  • Menautkan akun AdSense

Kamu hanya boleh punya 1 akun AdSense untuk menerima pembayaran. Cara untuk mengaktifkan AdSense adalah dengan klik Account di pojok kanan atas YouTube, klik YouTube Studio, lalu klik pilihan Monetisasi di menu sebelah kiri. Setelah itu ikuti petunjuk yang diinstruksikan. Proses aktivasi AdSense ini biasanya bisa selesai dalam beberapa hari, namun kadang bisa juga sampai 2 minggu.

Jika Belum Lolos Monetisasi YouTube

Jangan kecil hati kalau kamu belum lolos syarat monetisasi YouTube. Sebelumnya, pastikan kamu sudah memenuhi semua syarat dari pihak YouTube seperti jumlah subscriber dan waktu tonton publik juga kebijakan AdSense.

Kalau masih belum lolos monetisasi YouTube juga karena syarat minimum belum terpenuhi, berikut beberapa langkah yang bisa kamu tempuh untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas channel kamu:

Belajar di YouTube Creator Academy

YouTube punya satu wadah yang menampung semua ilmu untuk menjadi kreator handal di creatoracademy.YouTube.com. Melalui situs ini, kamu bisa mempelajari hal-hal mendasar seperti cara upload video, membuat strategi konten, mengatur produksi konten, mengoptimalisasi channel, mengelola bisnis dengan bantuan konten video, dan update terbaru untuk peraturan YouTube, termasuk peraturan monetisasi.

Jadi, kalau kamu ada waktu, kenapa tidak mulai belajar semua hal mendasar dan memahami konsep monetisasi YouTube langsung dari sumbernya?

Mempelajari cara Membuat Konten yang Baik dari Sesama Kreator

Ini merupakan cara kedua bagi kamu yang mungkin lebih suka belajar dengan cara menonton video. Ada banyak kreator di YouTube yang memberikan tips untuk membuat channel dan konten lebih engaging sesuai dengan karaktermu. Menonton video dari orang yang lebih dulu sukses biasanya akan lebih memotivasi kamu untuk lebih rajin berkarya.

Itu dia beberapa tips dan penjelasan mengenai syarat monetisasi YouTube dari redaksi Ajaib. Memang bukan hal yang mudah untuk mendapat subscriber dan waktu tonton publik yang jadi syarat minimum, apalagi beberapa syarat lain yang membutuhkan angka lebih banyak. Namun bukan berarti hal itu tidak bisa dilakukan!

Jika kamu sudah bisa melakukan monetisasi YouTube, selamat! Namun jangan sampai lupa untuk melakukan manajemen keuangan. Salah satu cara manajemen keuangan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan investasi.

Reksa dana bisa jadi salah satu instrumen investasi yang bisa kamu lakukan. Kalau kamu sudah berniat untuk investasi reksa dana, Ajaib bisa membantu kamu. Mulai dari Rp10 ribu, kamu sudah bisa melakukan investasi reksa dana dibantu oleh Manajer Investasi berpengalaman yang bisa membantumu untuk memilih investasi yang menguntungkan di masa yang akan datang.

Artikel Terkait