Saham

Return Saham: Pengertian, Jenis-jenis dan Komponennya

return saham

Ajaib.co.id – Dalam investasi saham, memahami return saham menjadi sangat penting. Hal ini dimaksudkan agar kamu memiliki visualisasi masa yang akan datang mengenai aktivitas investasi yang kamu lakukan. Oleh karenanya, redaksi Ajaib akan membagikan serba-serbi mengenai return saham.

Di dalam dunia investasi saham, ada begitu banyak hal yang kamu pelajari, salah satunya return saham atau imbal balik di dalam saham. Di dalam hal ini, masih banyak juga yang harus kamu pelajari, misal perhitungan return, menghitung return rata-rata, mendapatkan data return saham, dan berbagai hal lainnya yang tidak kalah pentingnya.

Pengertian Return Saham

Oleh karena peliknya return saham ini, redaksi Ajaib bermaksud untuk memberikan sedikit pencerahan mengenai hal ini. Untuk pengertiannya sendiri, return saham adalah selisih antara harga jual dengan harga beli dari suatu saham yang sudah ditambahkan dividen.

Perlu diakui, salah satu tujuan investor bermain saham memang untuk mencari return dari saham yang ditanamnya. Pasalnya, memang tidak ada investor yang ingin melakukan investasi jika memang tidak ada imbal balik berupa keuntungan yang didapatkan dari return saham itu sendiri.

Agar kamu semakin memahami mengenai return saham, yuk kenali dulu jenis-jenisnya sebagai berikut ini:

Jenis-jenis Return Saham

Return realisasian

Mengutip dari Yahoo Finance, return realisasian adalah return yang dihitung mengenai data historis. Data historis sendiri adalah sebuah ringkasan atau rangkuman perkembangan harga saham dari emiten tertentu yang memang terdaftar dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Kamu sendiri bisa mendapatkan data historis saham dengan cara memilih nama emiten, lalu masukkan periode jumlah hari untuk mengetahui pergerakan saham tersebut.

Return ekspektasian

Sedangkan, untuk return ekspektasian adalah jenis imbal balik yang masih dalam bentuk harapan atau prediksi dari investor itu sendiri. Tentunya, return ekspektasian ini tidak pasti terjadi.

Setelah mengetahui jenis-jenis return saham, maka selanjutnya yang perlu kamu tahu adalah komponen-komponen di dalamnya, yakni:

Komponen Return Saham

  • Capital Gain: adalah kenaikan dari harga saham yang dapat menguntungkan investor.
  • Capital Loss: Kebalikan dari capital gain, capital loss adalah penurunan harga saham yang membuat investor harus merugi
  • Yield: Yield sendiri adalah komponen dari imbal balik yang merefleksikan aliran pendapatan atau kas dalam periode tertentu pada investasi saham.

Rumus Penghitungan

Sebelumnya sudah dibahas mengenai jenis return realisasi dan ekspetasi yang memang cukup berbeda. Oleh karena itu, baik dari return realisasi ataupun return ekspetasi juga memiliki cara dan rumus perhitungan yang berbeda pula. Untuk mengetahui rumus-rumis perhitungan, kamu bisa mengetahuinya di bawah ini:

Rumus Penghitungan Return Realisasi

Return Realisasi atau yang juga dikenal sebagai actual return merupakan analisis data yang didapatkan dari selisih harga saham di periode berjalan dengan saham individual pada periode sebelumnya tanpa mengikutsertakan dividen. Karena hal tersebut, actual return ini bisa dirumuskan sebagai berikut:

Pi,t – Pi,t-1

Ri,t = Pi,t-1

Keterangan:

Pi,t = harga saham i pada periode t

Ri,t = return saham i pada waktu t

Pi,t-1 = harga saham i pada periode t-1

Rumus Penghitungan Return Ekspektasi

Karena hanya berlandaskan ekspetasi atau harapan, return ekspetasi tentunya memiliki penghitungan yang lebih sederhana. Yakni, tingkat keuntungan saham yang diekspetasikan atau diharapakan pada waktu tertentu berbanding searah dengan tingkat keuntungan pada waktu tersebut. Jika dijabarkan menjadi rumus, hitungannya menjadi:

Return saham yang menjadi harapan investor di masa mendatang ini memiliki rumus sebagai berikut:

E(Rit) = Rmt

Keterangan:

E(Rit) =keuntungan saham yang diharapkan pada hari ke-t

Rmt = keuntungan yang diberikan pasar di periode t

Manfaat Mengetahui Imbal Balik Saham

Sejatinya, investor pasti melakukan transaksi saham untuk mendapatkan keuntungan atau imbal balik. Oleh karena itu, mengetahui hal ini tentu sangat bermanfaat. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan investor antara lain:

Untuk Analisis dan Evaluasi

Setelah kamu berinvestasi saham, maka dalam jangka waktu tertentu kamu akan merasakan imbal baliknya, baik itu kerugian ataupun keuntungan. Dari imbal balik tersebut, kamu bisa menganalisis data yang ada mengapa kamu bisa rugi atau untung.

Dari hasil analisis kamu, nantinya kamu bisa mengevaluasi faktor-faktor apa saja yang membuat kamu meraih keuntungan atau kerugian. Setelahnya, data-data dari hasil analisis dan evaluasi ini bisa menjadi data untuk membuat investasi saham kamu ke depannya lebih optimal.

Tolak Ukur Keuntungan Investasi Saham

Tidak ada investor yang tidak ingin untung ketika bermain saham. Karena hal tersebut, penghitungan return ini memang berguna untuk investor agar bisa merinci keuntungan ataupun kerugian yang mereka alami.

Dari rincian tersebut bisa jadi tolak ukur bagi investor saham mengenai seberapa efektifnya mereka dalam melakukan praktik jual beli di pasar saham.

Kendalikan Dirimu

Agar bisa meminimalisir kerugian dan mengoptimalkan keuntungan untuk mendapatkan imbal balik, hal yang perlu kamu lakukan adalah mengendalikan diri kamu. Maksudnya, agar kamu tidak tergesa-gesa dalam memutuskan membeli saham ataupun menjual saham yang kamu miliki.

Misalnya, di tengah pandemi ini, banyak perusahaan yang harga per lembar sahamnya anjlok, dan sayangnya, salah satu perusahaan tersebut adalah perusahaan yang kamu tanam modalnya. Jika kamu tergesa-gesa, mungkin saja kamu akan langsung menjual saham tersebut.

Namun, jika kamu bisa mengendalikan diri, maka kamu bisa melakukan analisis terlebih dahulu mengenai tindakan apa yang harus kamu lakukan dalam menghadapi harga saham yang turun. Belum tentu, tindakan menjual saham secara reaktif adalah tindakan yang tepat.

Sekian pembahasan mengeai return saham dari redaksi Ajaib, semoga bermanfaat agar investasi kamu menjadi lebih optimal.

Artikel Terkait