Investasi, Saham

Saham Kapitalisasi Kecil, Apa Bedanya dengan Saham Penny?

saham kapitalisasi kecil

Ajaib.co.id. Kapitalisasi pasar merupakan istilah yang kerap ditemui dalam dunia pasar modal. Biasanya saham perusahaan dengan kapitalisasi besar banyak disarankan sebagai pilihan yang aman dan menguntungkan. Namun saham kapitalisasi kecil juga sebenarnya bisa memberikan imbal hasil yang menjanjikan.

Dalam dunia bursa efek, kapitalisasi pasar suatu emiten bisa dikategorikan dengan istilahnya saham lapi 1, 2 atau 3. Saham-saham lapis pertama biasanya diisi oleh perusahaan besar yang merupakan saham unggulan alias blue chip. Emiten yang kerap disebut dengan istilah Saham Big Cap ini menjadi incaran karena memiliki fundamental yang baik sehingga tidak gampag goyah ketika sentimen negatif terjadi di pasar modal.

Meski demikian, emiten Small Cap alias saham kapitalisasi kecil juga tidak boleh diabaikan begitu saja. Dikutip dari Kontan, portofolio berisikan saham-saham lapis ketiga bisa memberikan keuntungan yang wah dengan beberapa catatan. Bahkan dalam beberapa kesempatan, pertumbuhannya bisa mengungguli tingkat pertumbuhan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

Fakta ini tidak bisa serta merta kamu jadikan acuan untuk membeli saham kapitalisasi kecil. Akan sangat penting jika kamu memahami lebih jauh soal saham Small Cap dan perbedaannya dengan misalnya saham penny yang kerap disalahartikan menjadi hal yang serupa.

Saham Kapitalisasi Kecil, Bisa Jadi Peluang Dapat Cuan Juga Lho

Saham kapitalisasi kecil adalah salah satu jenis saham yang kurang populer oleh investor apalagi di kalangan investor pemula. Karena seperti namanya, jenis saham ini memberikan keuntungan yang ‘tidak seberapa’ bagi para investor, apalagi bila dibanding kapitalisasi pasar besar.

Kapitalisasi pasar sebuah emiten bisa dengan mudah kamu ketahui dengan mengkalkulasikan jumlah lembar sahamnya dengan harga saham terbaru. Semakin besar jumlahnya maka besar pula kapitalisasinya. Kecenderungan investor biasanya mencari saham Big Cap karena lebih minim risiko.

Meskipun begitu, bukan berarti kamu harus melupakan saham kapitalisasi kecil dalam investasi saham. Sebaliknya, dengan memahami saham bernilai kecil, kamu bisa mencari celah keuntungan investasi juga meningkatkan kualitas kamu di mata investor lain. Pergerakan saham jenis ini biasanya lebih menarik dan memberikan peluang keuntungan bagi investor.

Lalu sebenarnya apa saham dengan kapitalisasi pasar kecil dan keuntungannya dalam investasi saham?

Saham ini memiliki kapitalisasi pasar yang kecil. Bisa juga dibilang saham yang diperjualbelikan secara bebas dan memiliki kapitalisasi ‘kecil’ alias yang berada di bawah Rp1 triliun. Istilah kapitalisasi sendiri mengacu kepada nilai kapitalisasi perusahaan yang mempunyai saham tersebut.

Bagaimana Cara Menghitung Kapitalisasi Pasar

Apakah itu saham kapitalisasi kecil atau saham kapitalisasi besar, nilai kapotalisasi ditentukan oleh nilai lembar saham dengan jumlah saham yang beredar. Jadi misalnya, perusahaan A memiliki lembar saham dengan harga Rp100 per lembarnya dan ada sekitar 2 juta lembar saham yang beredar, maka kapitalisasinya berjumlah Rp200 juta atau masih masuk kategori saham bernilai kecil.

Beda dengan Saham Penny

Penting untuk membedakan antara saham kapitalisasi kecil dengan penny stock atau saham gorengan. Kebanyakan dari saham bernilai kecil adalah saham gorengan meskipun tidak semuanya demikian. Nilai dari saham bernilai kecil bisa di atas US$ 5 di luar negeri. Sebagai tambahan, saham bernilai kecil memberikan likuiditas lebih tinggi jika dibandingkan dengan saham gorengan.

Kebanyakan investor juga menjauhi saham gorengan karena memberikan risiko kerugian yang cukup besar. Pergerakannya terlalu berisiko dan tawaran keuntungannya cenderung mencurigakan. Hanya saja investor pemula umumnya masih kerap terjebak saham gorengan karena salah mengartikannya dengan saham kapitalisasi kecil.

Keuntungan Investasi Saham Kapitalisasi Kecil

Setiap investor bisa dengan mudah menambahkan saham bernilai kecil ke portofolio mereka. Namun, sama dengan berbagai tipe investasi lainnya, ada banyak keuntungan serta kekurangan dalam investasi saham bernilai kecil. Apa saja plus dan minusnya? Mari kita simak uraian di bawah ini:

  • Potensi Pertumbuhan

Berbeda dengan perusahaan besar, perusahaan kecil atau rintisan menyimpan potensi untuk pertumbuhan lebih besar. Beberapa perusahaan kapitalisasi kecil, menyukai ruang lebih besar untuk pertumbuhan di masa depan daripada perusahaan besar yang sudah mapan.

Kadangkala ada saham yang potensial untuk bertumbuh namun masih terjebak pada kapitalisasi yang terbatas. Pastikan saham Small Cap yang kamu miliki memiliki fundamental yang baik untuk prospek kinerja mendatang yang lebih baik.

  • Kemungkinan Besar Efisien di Pasaran

Informasi tentang saham bernilai kecil akan lebih sulit didapatkan jika dibandingkan dengan yang nilainya menengah dan tinggi. Analis biasanya akan memberikan perhatian lebih sedikit kepada tipe saham bernilai kecil, sehingga ada kemungkinan harga yang tidak sesuai terhadap saham bernilai kecil.

Namun, kamu bisa melakukan analisis sederhana melalui laporan keuangannya. Semua perusahaan yang masuk dalam bursa saham diwajibkan membuka laporan keuangannya untuk umum sehingga kamu bisa melakukan kalkulasi sendiri. Jangah mudah mengikuti saran dari pasar karena tidak semuanya tepat sasaran.

Ini menciptakan situasi untuk investor untuk mengambil keuntungan dari labilnya harga pasaran saham

  • Institusi Finansial Tidak Akan Menaikkan Harga

Institusi finansial, termasuk reksa dana, akan mengikuti regulasi tertentu yang tidak memungkinkan investasi berat kepada saham bernilai kecil. Dengan begitu, harga tidak akan terlalu naik secara signifikan. Dengan demikian, biaya yang harus kamu keluarkan juga lebih terjangkau.

Melihat beberapa fakta dan pengertian di atas, tertarik untuk investasi saham bernilai kecil?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait