Ajaib.co.id – Etika bisnis adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan cara melakukan kegiatan bisnis yang mencakup seluruh stakeholders dalam bisnis seperti individu, masyarakat, dan juga perusahaan. Menurut definisi dari Stanford Encyclopedia of Philosophy, business ethics atau etika bisnis adalah sebuah studi tentang etika dari sebuah organisasi yang produktif dan memiliki aktivitas komersial, contohnya di dalam sebuah perusahaan.
Pada praktiknya, prinsip etika bisnis meliputi pembentukan nilai, norma, dan perilaku para karyawan mulai dari staf paling bawah hingga top management yang paling atas. Tujuan etika bisnis apa sih kok kita harus tau tentang etika bisnis? Sederhana saja, ketika kalian membutuhkan kerja sama bisnis dengan perusahaan lain, dengan memahami etika bisnis yang baik, kerja sama pastinya jadi lebih lancar kan?
Nah, bagaimana nih contoh penerapan business ethics di Indonesia? AJAIB punya 10 contoh etika dalam berbisnis yang biasanya diterapkan di Indonesia.
Pertama, biasanya dalam pertemuan bisnis karyawan akan saling menyebutkan nama. Hal ini tampaknya mungkin sangat normal, bukan? Tapi tidak sobat AJAIB, menyebutkan nama saat pertemuan bisnis pertama kan membuat kesan pertama yang baik pula.
Kedua, mengikuti aturan perusahaan yang ada. Saling bekerja sama adalah sebuah hal yang baik, namun tidak boleh melupakan aturan-aturan yang ada di dalam perusahaan. Jangan sampai dilanggar ya. Karena akibatnya bisa fatal.
Ketiga, mengucapkan terima kasih. Hal sederhana lainnya, namun kalau kalian ingin sukses dalam mencapai kerja sama yang baik, jangan lupakan kalimat terima kasihnya ya! Misalnya, “terima kasih sudah diundang” atau “terima kasih telah diajak bekerja sama”.
Keempat, saling menghargai satu sama lain. Kalian ketahui sendiri, Indonesia adalah negara yang majemuk. Artinya, banyak sekali penduduk kita yang berbeda-beda suku, agama, dan kelompok usia. Untuk itulah, ketika pertemuan bisnis, saling menghargai satu sama lain adalah hal yang sangat dibutuhkan.
Kelima, negosiasi di segala aspek. Sebelum mencapai kesepakatan, biasanya dua pihak akan saling bernegosiasi. Untuk mencapai kerja sama yang baik, memang sebaiknya negosiasi dilaksanakan terlebih dahulu. Hal ini juga penting sobat AJAIB, untuk meminimalisir kesalahpahaman.
Keenam, komitmen untuk kerja sama. Nah, menurut AJAIB, komitmen ini adalah salah satu dari yang paling penting. Kalau kita masing-masing perusahaan tidak memiliki komitmen untuk bekerja sama dengan baik, maka tidak akan tercipta partner bisnis yang baik pula.
Ketujuh, menjaga reputasi perusahaan. Ketika kita mewakili perusahaan, alangkah baiknya apabila kita memiliki etika yang baik, dengan menjaga nama baik perusahaan. Kalau nama perusahaan baik, nama kita juga baik bukan?
Jadi, business ethics ini sebenarnya sudah kita terapkan secara tidak sadar dalam aktivitas bisnis sehari-hari kan? Kalo belum, jangan lupa diingat-ingat ya, memiliki etika bisnis yang baik adalah sebuah keharusan.
Sumber: Business Ethics, 5+ Prinsip Etika Bisnis dan Pendekatannya Dalam Perusahaan, dan 25 Business Ethics In Indonesia, dengan perubahan seperlunya.