Milenial

5 Alasan Kuliah di Jurusan Manajemen Bisnis

Ajaib.co.id – Punya startup sendiri saat ini sudah menjadi impian banyak anak muda. Namun, kadang kala banyak juga anak muda yang ingin punya startup tapi masih kebingungan untuk mengambil jurusan yang tepat untuk mencapai cita-citanya. Nah…Apakah kalian juga termasuk yang kebingungan seperti? Kalau kalian sedang kebingungan, simak 5 alasan kuliah di program studi/ jurusan manajemen bisnis versi AJAIB berikut ini :

Lapangan Kerja yang Luas

Kalo kamu ambil jurusan manajemen, peluang karir kamu akan luas. Misalnya, di Indonesia, hampir semua perusahaan pasti akan merekrut lulusan manajemen bisnis. Entah itu perusahaan swasta, multinasional, startup, ataupun BUMN, ataupun PNS.

Salah satu responden AJAIB yang saat ini bekerja sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi negeri, mengatakan bahwa sebagai lulusan ilmu manajemen, dia bebas bekerja di perusahaan swasta mana saja sebelum menjadi seorang dosen. 

Mendalami Dunia Bisnis

Dalam mempelajari manajemen, kamu akan mempelajari bidang bisnis secara lebih dalam. Mulai dari aspek keuangan, aspek sumber daya manusia, aspek pemasaran, dan juga aspek operasional.

Belajar Menjadi Entrepreneur / Punya Startup Sendiri

Mau punya startup sendiri? Atau kalian pengen jadi seorang entrepreneur? Bisa banget. Dengan kuliah di jurusan manajemen bisnis, kalian akan mempelajari banyak hal termasuk di dalamnya bagaimana membuat bisnis sendiri dan menjadi seorang entrepreneur yang sukses.

Belajar Tentang Organisasi dan Individual di Dalam Organisasi

Bukan hal yang rahasia bila pengalaman organisasi adalah sebuah pengalaman yang sangat berharga. Seseorang yang memiliki keterampilan berorganisasi mudah untuk melaksanakan beberapa pekerjaan sekaligus dan membuat bisnis senantiasa berjalan dengan baik.

Beberapa miliuner kelas dunia seperti Warren Buffet dan Bill Gates, menyatakan bahwa pengalaman organisasi adalah wadah yang bagus untuk membangun keterampilan berkomunikasi seseorang. Dengan memilih jurusan manajemen bisnis, kamu akan mengetahui bagaimana caranya bekerja di dalam sebuah organisasi.

Koneksi Luas di Seluruh Dunia

Memiliki koneksi luas di Indonesia maupun di dunia adalah alasan kelima kenapa kamu harus kuliah di jurusan manajemen bisnis. Jurusan manajemen bisnis tersedia di hampir seluruh kampus di Indonesia dan juga di dunia. Dengan begitu, banyak kerjasama antar kampus baik di luar maupun di dalam negeri untuk saling memperluas jaringan. Punya koneksi luas nantinya akan sangat berpengaruh loh untuk perkembangan bisnis kamu!

Semoga makin mantap ya untuk ambil kuliah di jurusan manajemen bisnis!

Sumber: Top Organizational Skills Employers Value with Examples dan These 3 Billionaires Agree: You Need This Skill to Be Successful, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait