Banking

6 Kegunaan Kartu Kredit Ini Bisa Meringankan Beban Keuangan

Kegunaan kartu kredit
Kegunaan kartu kredit

Ajaib.co.id – Kartu kredit merupakan kartu pembayaran yang dikeluarkan oleh perusahaan perbankan bagi nasabahnya. Kartu tersebut berfungsi sebagai alat bayar ketika seseorang berbelanja, baik belanja produk maupun jasa. Dalam proses penggunaannya, nasabah akan dikenakan bunga per bulan dan biaya tahunan.

Dengan kartu kredit, nasabah bisa berbelanja tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Sehingga meringankan beban keuangan sekaligus membuat kepraktisan dalam berbelanja. Bahkan nasabah bisa memanfaatkan fasilitas tunai kartu kredit.

Semua transaksi tersebut akan tercatat oleh pihak bank dan nasabah akan menerima tagihan yang harus dilunasi pada akhir bulan. Kamu bisa membayar semua atau melakukan pembayaran minimal. Kalau terlambat membayar tagihan, nasabah akan dibebankan denda.

Selain itu, hal yang menonjol pada kartu kredit adalah penawaran menarik dari berbagai merchant. Misal promo belanja di minimarket atau supermarket, diskon restoran, potongan harga di gerai baju atau toko serba ada, dan masih banyak lagi.

Terkadang masalah timbul karena nasabah tak bisa mengendalikan hasratnya untuk berbelanja. Alhasil ia tak mampu membayar kartu kredit, pihak bank kerap menghubungi nasabah, hingga akhirnya pihak bank memblokir akses kartu. Jika hal itu terjadi, skor kredit nasabah buruk. Sehingga ia agak sulit jika ingin mengambil kredit produk lain (motor, mobil, atau rumah).

Namun sebelum kamu memilih kartu kredit, tentunya kamu harus mengenali jenis kartu kredit. Ternyata fungsi kartu kredit tidak hanya sebagai alat pembayaran. Ternyata ada manfaat juga terutama di saat sekarang untuk melakukan transaksi online termasuk belanja online.

Kegunaan Kartu Kredit

Di sisi lain, kartu kredit memiliki banyak manfaat. Karena kegunaan kartu kredit dapat meringankan beban keuangan. Dengan catatan, kamu bisa mengatur uang dengan baik.

●      Membeli Barang Tanpa Mengeluarkan Uang

Kegunaan kartu kredit yang langsung dirasakan adalah kamu bisa membeli barang tanpa mengeluarkan uang. Apalagi buat kamu yang harus belanja tetapi belum gajian. Namun ada yang perlu diwaspadai yaitu memperhatikan dengan transaksi, cek pembelanjaan. Tentu jika tidak terkontrol, tagihanmu bisa melebihi batas

Maka, catat semua kebutuhanmu selama sebulan. Sebelum membeli sesuatu, ingat catatan tersebut. Apakah sesuatu yang akan kamu beli ada di daftar tersebut? Cek juga transaksi kartu kredit seminggu atau dua minggu sekali. Hal ini berguna untuk melacak pengeluaran sekaligus menghindari kejahatan siber.

●      Membeli Dengan Cara Mencicil

Ketika kamu harus membeli barang yang harganya tinggi, tetapi dana belum tersedia, gunakan saja kartu kredit. Jika merchant memiliki skema kartu kredit, cek bunga dan cicilan per bulannya. Bahkan ada yang menawarkan cicilan dengan bunga nol persen. Ingat jangan terlena berbelanja ketika ada promo, kalau ujung-ujungnya kamu kesulitan membayar cicilan. Kamu wajib bayar cicilan tepat waktu, agar tidak terbebani denda.

●      Mempermudah Transaksi

Kegunaan kartu kredit selanjutnya adalah mempermudah transaksi, baik daring maupun luring. Terlebih jika kamu ingin membeli barang dari luar negeri. Misal melalui Amazon, Alibaba, atau Book Depository. Karena kamu cukup memasukkan nomor kartu dan melakukan verifikasi via SMS atau email.

Lagi-lagi kamu harus waspada dengan transaksi. Jangan sampai melebihi batas. Kalaupun melebihi, pastikan kamu bisa membayar tagihannya. Untuk menghindari transaksi menggendut, batasi penggunaan kartu kredit untuk belanja hal tertentu. Misal belanja barang elektronik, perabot rumah tangga, asuransi jiwa, atau produk dari luar negeri.

●      Banjir Promo

Harus diakui bahwa penggunaan kartu kredit lebih banyak promo dibanding kartu debit. Mulai dari diskon 50 persen makan malam all you can eat, beli satu gratis satu di merchant fesyen, beli produk elektronik gratis aplikasi hiburan tiga bulan, cashback transaksi aplikasi transportasi, dan masih banyak lagi. Namun, jangan mudah tergiur promo, karena tidak semua promo harus kamu beli.

Saatnya manfaatkan yang sesuai kebutuhanmu saja untuk menghemat pengeluaran. Agar kamu menggunakan gajimu sesuai porsinya, sebaiknya kamu mengatur keuangan dengan jelas dan disiplin. Buat alokasi pengeluaran yang terdiri kebutuhan pokok, dana hiburan, dan investasi. Kebutuhan pokok dapat berupa keperluan harian di rumah, listrik, air, dan transportasi. Dana hiburan seperti langganan kanal tv berlangganan, aplikasi film, dan internet.

Sedangkan investasi dapat berupa saham, reksa dana, obligasi, atau deposito. Pilih produk investasi sesuai dengan tujuanmu. Kunjungi laman Ajaib untuk mengetahui tujuan dan jenis investasi yang sesuai denganmu.

●      Tarik Tunai

Kegunaan kartu kredit yang bisa kamu manfaatkan adalah tarik tunai. Kalau kamu ada kebutuhan mendesak, lakukan tarik tunai pada cash advance di ATM. Jumlah uang yang ditarik berbeda-beda, tergantung ketentuan bank. Namun perlu waspada biaya administrasi tarik tunai cukup tinggi, sekitar Rp50 ribu, dan bunga sekitar empat-lima persen. Ingat jangan gunakan tarik tunai jika tidak ada kebutuhan mendesak.

●      Mempermudah Pembayaran Lain-lain

Kegunaan kartu kredit tak sekadar untuk belanja saja. Melainkan untuk mempermudah pembayaran hal lain, seperti tagihan listrik, air, internet, kanal tv berlangganan, dan lainnya. Nasabah bisa mendaftarkan tagihan tersebut ke dalam kartu kredit dan membayarnya tepat waktu. Sehingga tak ada istilah telat membayar listrik atau lupa nomor tagihan air.

Kiat Aman Bertransaksi Dengan Kartu Kredit

Satu hal yang harus kamu waspadai adalah penipuan dan kejahatan siber. Oleh karena itu, jangan pernah memberikan data-data dan kode penting kartu kepada orang lain. Termasuk memberitahu kepada karyawan bank sekalipun. Kiat aman bertransaksi dengan kartu kredit adalah, tidak membagikan hal ini ke orang lain:

–         PIN. PIN atau Personal Identification Number merupakan kode akses bersifat rahasia. Semua bank telah mewajibkan nasabah memiliki PIN pada kartu kredit dan debit.

–         Password. Biasanya password digunakan untuk mengakses internet atau mobile banking. Di sana, kamu bisa mengecek daftar transaksi kartu kredit maupun debit.

–         CVV. CVV atau Card Verification Value adalah bukti verifikasi saat bertransaksi menggunakan kartu kredit. Kartu kredit keluaran Visa dan Mastercard, CVV berada di belakang kartu dan terdiri tiga angka terakhir. Kartu kredit milik American Express memiliki empat angka di permukaan kartu.

–         OTP. One Time Password atau OTP adalah langkah verifikasi ketika kamu masuk dalam suatu sistem perbankan atau marketplace. Biasanya, nomor OTP dikirim melalui SMS untuk dimasukkan ke sistem tersebut.

Artikel Terkait