Banking

Nasabah Bisa Ajukan Biaya Haji Lewat Fitur Baru Pegadaian Digital

Sumber: Pegadaian Digital

Ajaib.co.idPegadaian merupakan salah satu lembaga keuangan tertua di Indonesia. Umurnya sudah mencapai 119 tahun, dan terus bertransformasi sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga masih bisa eksis sampai sekarang. Tahun 2018 lalu untuk menarik calon nasabah milenial, Pegadaian meluncurkan aplikasi Pegadaian Digital yang memungkinkan para nasabah menggunakan produk-produk Pegadaian dengan mengajukannya secara online/digital.

Pegadaian ingin menyasar milenial karena penduduk usia produktif yang jumlahnya paling banyak di Indonesia, dan sekitar 68% nasabahnya adalah mereka yang berusia di bawah 45 tahun. Pegadaian ingin semakin memperbanyak kesempatan untuk milenial menggunakan produk mereka. Mereka tahu milenial adalah sosok yang sibuk dan menyukai kepraktisan sehingga pengadaan Pegadaian Digital adalah langkah yang inovatif untuk menggaet milenial. Prioritas mereka adalah kemudahan akses bagi para nasabah.

Keunggulan Pegadaian Digital 

Pegadaian Digital memiliki konsep yang kekinian, yaitu kamu dapat mengakses segala informasi tentang Pegadaian dan mengajukan penggunaan produk Pegadaian hanya dengan mengandalkan kuota dan koneksi internet. Kamu bisa mengaksesnya lewat PC atau laptop dan aplikasi khusus yang bisa diunduh secara gratis di ponsel pintar milikmu.

Jadi, keunggulannya adalah praktis, mudah, dan cepat. Kamu tidak perlu lagi mendatangi kantor cabang/outlet Pegadaian terdekat ketika ingin menggadaikan barang misalnya. Semuanya sekarang bisa dilakukan melalui jarak jauh dalam waktu yang cukup singkat dalam pengisian data penting. Kamu yang sibuk dengan kerjaan jadi tidak perlu meninggalkan pekerjaanmu.

Lalu, ada berbagai macam produk yang bisa kamu ajukan di Pegadaian Digital ini beberapa di antaranya adalah gadai umum, pengajuan angsuran untuk usaha kecil, mikro, dan menengah, pinjaman dengan agunan, pembiayaan kendaraan bermotor dengan sistem pinjaman syariah, dan pembiayaan biaya haji.

Arrum Haji sekarang bisa diajukan melalui Pegadaian Digital

Arrum Haji merupakan salah produk unggulan Pegadaian yang telah berhasil memenuhi kebutuhan nasabah yang ingin menunaikan ibadah Haji. Sekarang Arrum Haji pun bisa diajukan melalui aplikasi digital yang dimiliki oleh Pegadaian. Pembiayaannya memang cukup unik karena kamu hanya perlu emas batangan atau emas perhiasan untuk membuka produk Arrum Haji ini.

Cara pengajuan Arrum Haji

Cara mengajukan pembiayaan Haji ini cukup mudah. Kamu bisa menggunakan layanan Pegadaian Mulia yang ditawarkan oleh Pegadaian. Program ini memungkinkan kamu mengangsur apa saja dengan menjual emas batangan yang kamu angsur perlahan-lahan. Selai untuk biaya haji, program Mulia ini bisa juga digunakan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak, biaya membeli rumah impian, dan membeli kendaraan pribadi yang sudah lama sekali ingin dimiliki.

Pertama, kamu perlu mengunduh aplikasi digital Pegadaian. Lalu, membuat akun dengan alamat email-mu yang aktif dan password. Nanti akan ada kode OTP yang dikirim ke ponselmu. Jangan sampai kode OTP tersebut diketahui oleh orang lain. Masukkan kode OTP yang diminta, kamu juga akan disuruh memverifikasi email. Lalu, ada  beberapa data diri cukup penting yang harus diisi. Setelah itu akun Pegadaian di aplikasi digitalnya pun sudah siap untuk digunakan.

Setelah berhasil login ke akun Pegadaian milikmu, kamu akan dihadapkan dengan beberapa menu. Pilih menu Pembiayaan.Setelah itu akan ada muncul beberapa jenis pembiayaan, lalu pilih Pembiayaan Ibadah Haji. Lalu, kamu perlu mengikuti beberapa tahapan berikutnya berupa pengisian data. Kamu pun sudah bisa mulai berinvestasi untuk kegiatan ibadah Haji yang akan dilakukan nanti.

Mengapa menggunakan emas batangan atau logam mulia? Hal itu karena keunggulan yang dimiliki oleh logam mulia itu sendiri. Logam mulia merupakan salah satu instrumen investasi yang mendatangkan keuntungan bagi pemiliknya. Harganya cenderung stabil, walaupun sering mengalami naik-turun. Sejak dulu kekuatan emas tidak diragukan lagi. Selalu bisa menjadi penyelamat ketika perekonomian mengalami keterpurukan. Emas batangan dikenal sangat likuid, yang artinya sangat mudah diubah menjadi uang. Nilainya juga tidak mudah jatuh, jadi memang cocok untuk dijadikan investasi apa pun.

Pihak Pegadaian juga akan melayanimu dengan profesional. Pembiayaan haji yang ditawarkan Pegadaian ini juga terdiri dari berbagai macam pilihan logam emas. Kamu bisa berinvestasi emas mulai dari yang beratnya 5 gram hingga 1 kilogram. Selain itu cara pembeliannya pun bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan. Kamu bisa membelinya secara tunai, angsuran, kelompok, ataupun  arisan.

Untuk angsuran, ada tenggat waktu yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan, yaitu mulai dari tiga bulan sampai dengan 36 bulan. Ada uang muka yang perlu kamu bayar di awal pengajuan. Jumlah uang mukanya pun bisa dipilih sesuai dengan kemampuan, mulai dari 10% sampai dengan 90% dari harga logam mulia yang ingin kamu investasikan.

Lalu, untuk pembelian logam mulia secara tunai atau lunas, kamu perlu mengurusnya langsung dengan mendatangi cabang Pegadaian terdekat. Namun, cara ini memang tetap mudah karena sebelum ada aplikasi digital, pengajuan pembiayaan ibadah Haji hanya bisa dilakukan dengan mendatangi cabang Pegadaian terdekat. Sekarang hal itu tidak perlu dilakukan lagi.

Kemudahan yang Pegadaian tawarkan ini tentu bisa menjadi pilihan bagimu yang ingin menargetkan bisa berangkat Haji dalam waktu yang dekat. Apa yang Pegadaian lakukan ini merupakan salah satu cara agar bisa lebih berkembang lebih baik untuk para nasabahnya. Pegadaian sejak tahun 2018 lalu sudah menargetkan dapat melantai di bursa saham di tahun 2020 ini, jadi terciptanya fitur digital paling mutakhir tersebut diharapkan mampu mendongkrak kinerja Pegadaian sehingga memenuhi syarat untuk segera melakukan penawaran publik pertamanya.

Artikel Terkait