Investasi, Milenial

Rahasia Kepercayaan Diri Dalam Investasi Untuk Generasi Milenial

Ajaib.co.id – Membangun kepercayaan diri dalam investasi bagi generasi milenial bukanlah hal yang mudah. Prospek investasi masa depan masih terbelenggu oleh besarnya dorongan untuk semua hal yang bersifat konsumtif. Misalnya saja seperti gadget baru, tas branded, mobil kelas premium, jam tangan eksklusif, hingga nongkrong di kafe bergengsi. 

Di sinilah sisi gelap dari membangun kepercayaan diri dalam investasi. Khususnya untuk para generasi milenial. Yang mana pengaturan keuangan cenderung kurang terkontrol. Atau bahkah bisa dikatakan boros. Singkatnya, untuk membangun itu semua butuh yang namanya kebulatan tekad untuk menuju kesuksesan finansial. 

Arti Kesuksesan bagi Kaum Milenial

Masih cukup banyak kalangan milenial yang merasa minder dan menganggap jika sukses hanya sebatas diukur dengan seberapa besar gaji yang diperoleh. Sementara itu sebagian yang lain menilai dari seberapa sukses bisnis yang dibangun. 

Namun yang patut disayangkan adalah belum banyak yang berani mencoba di bidang bisnis. Pasalnya untuk memulai sesuatu yang bermodal besar memang sangat dibutuhkan keberanian untuk mengambil risiko. 

Terlebih lagi di dunia bisnis. Dunia yang mana segala sesuatu penuh dengan ketidakpastian akan fluktuasi harga. Mulai dari proses produksi, perhitungan biaya operasional, sampai dengan harga jual juga harus dilakukan secara cermat agar tidak mengalami kerugian.

Ternyata faktor-faktor risiko yang tinggi tersebutlah yang cenderung membuat para generasi milenial enggan untuk maju. Sebab pada umumnya kalangan ini masih menengah ke bawah dalam kemampuan finansial. 

Kemudian yang menjadi pertanyaan adalah apakah pemikiran seperti ini tepat? Terlebih lagi di era seperti sekarang ini. Jika harus jujur, sebenarnya banyak hal besar yang bisa dilakukan oleh generasi milenial di era sekarang. Terbukti kini cukup banyak generasi milenial yang mampu sukses atas kemampuannya dalam membangun bisnis. 

Jika memang seperti itu, apakah Anda tidak ada ketertarikan untuk mencapai sukses yang sama? Nah, untuk menuju ke sana, hal pertama yang harus Anda tempa terlebih dahulu adalah memiliki rasa kepercayaan diri itu sendiri. Anda harus memiliki keyakinan bahwa Anda bisa mencapai kesuksesan.

Cara Sukses di Usia Muda

Bagi kalangan milenial, sukses sebenarnya tidak hanya bisa dilalui lewat bisnis atau gaji yang besar. Banyak sekali hasil studi yang menunjukkan jika sukses bisa dimulai dengan pengelolaan keuangan yang baik. Lalu seperti apa cara mengelola keuangan yang baik? 

Sebagian orang ketika menerima gaji, yang ada dipikirannya adalah membelanjakannya. Lalu, sisanya akan ditabung atau diinvestasikan. Prinsip seperti ini tentunya tidaklah salah. Sebab setiap orang memiliki kecenderungan untuk memenuhi kebutuhannya terlebih dahulu. 

Tetapi pernahkan Anda berpikir untuk membalik keadaan seperti yang diajarkan oleh Warren Buffet? Yakni setelah menerima gaji, tabung atau investasi terlebih dahulu. Barulah sisanya Anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Yang menjadi pertanyaannya kemudian adalah memilih ditabung atau diinvestasikan saja? Kenapa Anda tidak menggabungkan keduanya saja. Misalnya saja investasi reksadana, emas, surat berharga negara, atau saham juga bisa. 

Prinsip investasi pada dasarnya adalah mengalokasikan sebagian dana atau modal untuk disimpan mulai dari jangka pendek, menengah, hingga panjang. Tergantung pada produk investasi apa yang Anda pilih. 

Namun yang jelas adalah masing-masing produk investasi memiliki karakteristik yang menunjukkan kegunaan, sifat, sampai kelebihan dan kekurangannya. Itulah kenapa sebelum berinvestasi, pelajari terlebih dahulu produk-produk investasi. 

Dalam menumbuhkan kepercayaan diri dalam investasi, Anda bisa menggunakan prinsip SRI, yaitu Simpan, Riset, Investasi. Prinsipnya adalah sebelum Anda memulai investasi, simpan sebagian uang sebagai modal. 

Barulah setelah itu lakukan beberapa riset terhadap produk-produk investasi yang memiliki profit signifikan dan aman. Kemudian yang sekiranya Anda mampu mengelola profil risikonya. Selalu ingat, yang terpenting dalam investasi adalah jangan pernah tergiur dengan keuntungan tinggi namun lupa menganalisis faktor risikonya. 

Kenapa riset menjadi penting? Pentingnya melakukan riset adalah Anda perlu membandingkan beberapa produk investasi supaya bisa melihat kecenderungan profit dan profil risiko investasi. Di dunia investasi yang terpenting sebenarnya adalah tidak rakus. 

Artinya Anda harus cerdas mengelola nafsu untuk berinvestasi dalam jumlah yang besar pada satu produk investasi saja. Dalam hal ini lebih baik Anda melakukan diversifikasi aset untuk ditanamkan pada beberapa produk investasi. Mulai dari investasi jangka pendek, menengah, hingga panjang. 

Nah, barulah setelah riset selesai dilakukan, Anda bisa menemukan instrumen atau produk investasi yang tepat. Dengan demikian, kepercayaan diri dalam investasi secara otomatis juga akan tumbuh dengan sendirinya. 

Produk Investasi yang Cocok untuk Generasi Milenial

Ada berbagai instrumen investasi yang bisa dipertimbangkan bahkan dengan modal minim sekalipun. Hal seperti ini tentu akan sangat cocok dijalankan oleh siapapun yang baru terjun ke dunia investasi. Tidak terkecuali para generasi milenial. 

Reksa Dana

Selain karena lebih mudah dan risikonya pun relatif rendah, reksa dana merupakan pilihan investasi yang sangat tepat bagi Anda yang tidak banyak memiliki waktu luang. Dengan memilih instrumen investasi yang tepat dan sesuai dengan kondisi kaum milenial, secara otomatis akan membangun kepercayaan diri dalam investasi. 

Saham 

Pada dasarnya saham merupakan produk investasi yang memiliki risiko tinggi. Tetapi sebanding dengan imbal hasil yang akan didapatkan. Nah, bagi generasi muda yang memilih investasi saham, analisis fundamental saham sebaiknya dipelajari terlebih dahulu. 

Deposito 

Dengan pendapatan yang stabil, pemodal tidak perlu khawatir untuk mengelola investasi tersebut. Memang keuntungannya tidak sebesar investasi saham, namun tabungan deposito berjangka cenderung berisiko rendah. Selain itu keuntungannya pun relatif stabil.  

Emas Digital

Kemajuan teknologi keuangan semakin memudahkan anak muda dengan modal terbatas untuk investasi. Salah satunya adalah dengan investasi emas digital ini. Pasalnya hanya dengan ratusan ribu Anda sudah bisa mulai merasakan menjadi investor di usia muda. 

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin berinvestasi di usia muda. Pada dasarnya menumbuhkah kepercayaan diri dalam investasi kuncinya terletak pada langkah Anda dalam memilih instrumen investasi yang tepat.

Artikel Terkait