Bisnis & Kerja Sampingan

6 Jasa Pengiriman Barang Terbaik di Indonesia untuk Bisnismu

Ajaib.co.id – Salah satu unsur yang melancarkan bisnismu adalah jasa ekspedisi pengiriman barang. Mereka akan mengantarkan produkmu ke pelanggan di seluruh Indonesia.

Pelaku bisnis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tak pernah surut. Meski pandemi Covid-19 melanda Indonesia, mereka tetap berusaha sekuat tenaga menjual produk terbaiknya. Bahkan tak sedikit yang menyesuaikan diri dengan kondisi saat ini.

Hal itu terlihat dari restoran cepat saji, restoran keluarga, hingga casual dining menawarkan menu ready to eat serta melayani makan di rumah pelanggan. Sedangkan kedai kopi memiliki produk minuman satu liter untuk pelanggan yang bekerja di rumah.

Namun apapun yang mereka tawarkan atau apapun yang dipesan pelanggan pasti membutuhkan layanan jasa pengiriman barang. Baik kirim barang ke dalam atau luar kota.

Ada beberapa jasa pengiriman barang di Indonesia. Semuanya menawarkan keunggulan masing-masing. Namun pilihan terakhir ada di tangan pelaku usaha. Bagi kamu yang sedang mulai usaha dan membutuhkan jasa pengiriman barang terbaik, berikut ini referensinya:

Pos Indonesia

Awalnya, Pos Indonesia didirikan oleh Gubernur Jenderal G.W Baron van Imhoff di Batavia (Jakarta) pada 1746. Tujuannya menjamin keamanan surat penduduk, terutama bagi mereka yang berdagang dari di luar Jawa serta yang datang dari dan pergi ke Belanda.

Setelah kemerdekaan, status Pos mengalami beberapa kali perubahan. Pada 1995, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini berstatus perusahaan terbatas dengan nama resmi PT Pos Indonesia (Persero).

Layanan perseroan tak sekadar mengantarkan surat dan menjual perangko. Melainkan menyediakan materai dan pengiriman uang. Namun kinerja perseroan sempat menurun. Karena munculnya teknologi pesan singkat, sehingga masyarakat enggan mengirimkan surat.

Pada 2009 hingga kini, perseroan melebarkan sayap bisnisnya ke MICE, properti, logistik, hingga jaringan virtual. Di bidang logistik, perseroan dikenal sebagai salah satu penyedia jasa pengiriman barang terbaik di Indonesia.

Keunggulan jasa Pos Indonesia adalah:

–      Tarif cukup terjangkau. Apalagi untuk tarif pengiriman barang atau dokumen yang tidak berat dan masih satu kota.

–      Jaringan pengiriman paling luas, karena perseroan menjangkau seluruh kabupaten dan kecamatan, bahkan ke daerah pedalaman.

–      Informasi sangat transparan. Karena pelanggan bisa memperkirakan tarif pengiriman dan melacak barang pada laman PosIndonesia.co.id.

–      Proses pengiriman cukup cepat.

–      Kualitas timbangan tepercaya.

–      Memiliki aplikasi QPOSin Aja, yang memungkinkan pelanggan meminta petugas Pos untuk menjemput barang untuk dikirim.

–      Perseroan tergabung dalam jaringan Universal Postal Union (Persatuan Pos Dunia). Sehingga perseroan dapat mengirimkan barang ke luar negeri.

Tiki

Pada 1 September 1970, Tiki lahir sebagai pelopor penyedia jasa pengiriman barang dari pihak swasta. Perusahaan ini mempunyai lebih dari 450 cabang, lebih dari 3.000 gerai, melayani 453 kabupaten atau kota, plus 98 persen kode pos di seluruh Indonesia.

Keunggulan pengiriman barang di Tiki antara lain:

–      Harga kompetitif.

–      Informasi transparan. Di laman Tiki, pelanggan dapat cek tarif atau ongkos kirim dan sistem pelacakan barang yang mumpuni.

–      Menyediakan layanan jemput barang, drive thru 24 jam, serta aplikasi Tiki yang menawarkan pelanggan beberapa pilihan pengiriman barang.

–      Melayani pengiriman ke luar negeri.

JNE

JNE merupakan penyedia jasa pengiriman barang sejuta umat. Pasalnya, kantor cabang dan agen JNE ada di mana-mana. Karena dulu JNE adalah bagian dari Tiki.

Tiki berdiri sejak 26 November 1990 dengan kegiatan usaha pengiriman dan impor barang atau dokumen dari Indonesia ke luar negeri, begitu juga sebaliknya. Namun JNE memperluas produknya sebagai penyedia jasa logistik di dalam negeri. Bahkan hampir semua pelaku usaha di marketplace menggunakan jasa JNE.

Agar bisnismu lancar, tak ada salahnya untuk mempertimbangkan JNE sebagai layanan pengirimannya. Keunggulan JNE yaitu:

–      Harga kompetitif.

–      Informasi perusahaan transparan.

–      Sistem pelacakan barang real time.

–      Memiliki beragam cara pengiriman dan pembayaran.

–      Pengemasan rapi dan aman.

–      Gerai ada di mana-mana dan memiliki layanan 24 jam.

SiCepat

Setelah puluhan tahun, Indonesia memiliki jasa logistik baru. Salah satunya SiCepat Ekspres (SiCepat) yang muncul pada 2014. Meski baru beroperasi, fasilitas SiCepat yang terkenal saat itu adalah kurir akan menjemput barang di rumah pelanggan, lalu mengantarkannya. Tak ada syarat minimal barang.

Seperti namanya, SiCepat cukup cepat mengirimkan barang terutama buat kamu yang akan mengirimkan barang di kota yang sama dengan tujuan. Meski demikian kantor atau agen perusahaan ini tak semasif dua pendahulunya.

Namun kamu tetap bisa mempertimbangkan SiCepat guna melancarkan bisnismu. Keunggulan pengiriman dari perusahaan ini antara lain:

–      Tarif pengiriman kompetitif.

–      Selalu memperbarui informasi pada layanan dan produk.

–      Pelanggan dapat melacak lebih dari tiga resi.

–      Pemberian resi digital kepada pelanggan.

–      Produk layanan cukup beragam, termasuk SiCepat Syariah.

–      Banyak penjual di marketplace yang menggunakan jasanya.

J&T

Selain SiCepat, ada pula J&T Express (J&T). J&T telah menjangkau 4,000 titik operasi dan sekitar 100 gateway center. Meskipun kantor atau agen logistik ini belum merata, kecuali di kota-kota besar.

Adapun keunggulannya:

–      Tarif pengiriman kompetitif.

–      Sistem pelacakan real time.

–      Layanan 24 jam dalam tujuh hari.

–      Pengemasan aman dan rapi.

–      Bekerja sama dengan Garuda Indonesia Cargo, Shopee, Asperindo, dan Indonesia E-commerce Association (IDEA) dalam membangun infrastruktur.

Ojek Daring

Ojek daring adalah alternatif dalam mengirimkan barang, terutama di kota yang sama. Kegiatan bisnis Gojek dan Grab sangat mendukung pelaku usaha UMKM yang ingin mengirimkan pesanan kue, kopi, dokumen, atau barang lainnya.

Keunggulan menggunakan jasa ojek daring:

–      Proses pengiriman cepat dan terukur.

–      Memiliki sistem pelacakan jalur driver.

Apapun pilihan jasa logistik, pastikan keamanan pengiriman, prosedur standar operasi perusahaan, plus jangkauannya. Hal ini untuk melancarkan bisnismu sekaligus memberikan pelayanan maksimal bagi pelanggan.

Artikel Terkait