Eksisnya Konsep Modern Coffee Shop dalam Bisnis di Indonesia

konsep modern coffee shop
konsep modern coffee shop

Ajaib.co.id – Konsep modern coffee shop sedang banyak dilirik oleh pebisnis. Memang apa menariknya dari konsep modern coffee shop ini? Simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini untuk mengetahuinya.

Obsesi Indonesia terhadap konsumsi kopi sangat tinggi akhir-akhir ini. Selama beberapa dekade, Indonesia telah menghasilkan kopi berkualitas premium dan saat ini mereka adalah produsen kopi terbesar ke-4 di dunia. 

Realisasi mereka akan kualitas kopi premium Indonesia telah mengubah cara orang Indonesia mengonsumsi kopi mereka. Kopi telah menjadi bagian intrinsik dari kehidupan sehari-hari di sini dan ini telah menyebabkan banyak kedai kopi bermunculan di mana-mana di beberapa kota besar besar. 

Selama lima tahun terakhir, kedai kopi Indonesia telah meningkat dua kali lipat. Kedai kopi ini sering mengadopsi gaya minum kopi di AS dan Australia karena banyak orang Indonesia telah belajar di sana dan akhirnya mengadopsi konsep modern coffee shop.

Juga, gaya minum kopi biasanya dilihat melalui film-film atau serial televisi dari Hollywood, melihat budaya minum kopi dalam keseharian. Atau, budaya ini juga terlihat di warung-warung kopi kecil yang biasanya dijadikan tempat bersantai atau ngobrol sambil menikmati segelas kopi. Karena itu, konsep modern coffee shop juga semakin dikenal dan digandrungi.

Gaya kafe Nongkrong atau Ngopi-ngopi

Nongkrong atau ngopi-ngopi berarti bergaul dengan teman atau keluarga di kedai kopi dan kedai kopi lokal di Indonesia ini memungkinkan pelanggan untuk melakukan hal itu. Mereka mendesain kedai kopi mereka seunik mungkin di mana beberapa orang merasa sangat nyaman sehingga terasa seperti rumah kedua mereka. 

Mereka dapat menikmati dan menghabiskan waktu di sana baik untuk bekerja atau hanya nongkrong. Beberapa orang juga berpikir bahwa kedai kopi dapat meningkatkan tingkat produktivitas mereka dan beberapa kedai kopi di Indonesia menyediakan colokan dan internet super cepat.

Beberapa merk internasional seperti Starbucks Coffee dan Caribou Coffee bahkan merancang kedai kopi mereka agar sesuai dengan gaya hidup “Ngongkrong” Indonesia. Namun, banyak juga merk-merk lokal yang bermunculan dengan gaya santai atau nama-nama yang mudah diingat. Biasanya, pendekatan ini ditujukkan untuk generasi-generasi yang lahir di era 2000-an.

Kedai Kopi Lokal vs Internasional

Beberapa merek kopi internasional seperti Starbucks di Indonesia harus siap bersaing dengan toko kopi lokal Indonesia karena kedai kopi lokal yang ada di Indonesia menawarkan kopi yang lebih terjangkau dengan gaya unik yang berbeda. 

Kopi Starbucks dibuka di Indonesia pada Mei 2002 dan per Januari 2018 mereka sudah memiliki 326 kafe di 22 kota di seluruh Indonesia di beberapa kota besar. Di sisi lain kedai kopi lokal mulai booming di Indonesia sejak 2013 dan saat ini ada lebih dari 4.000 merek lokal baru terutama di Jakarta. Angka ini terus tumbuh seiring populernya budaya nongkrong di kedai kopi semakin tinggi di kalangan anak muda.

Ada beberapa perbedaan utama dalam profil pelanggan antara kedai kopi lokal dan merk internasional. Pelanggan di kedai kopi lokal cenderung adalah mereka yang benar-benar menikmati kopi dan ingin mencoba pengalaman kopi yang unik. Mereka menikmati pengalaman datang ke toko-toko lokal, mengobrol dengan barista sambil minum kopi dan belajar lebih banyak tentang kisah di balik biji kopi. Pelanggan utama lainnya untuk kedai kopi lokal adalah kaum muda yang memiliki anggaran terbatas atau komunitas tertentu atau mereka ingin berbagi pengalaman mereka mengunjungi kafe-kafe unik dengan desain baru di media sosial (berbagi foto di Instagram). Di sisi lain, mayoritas pelanggan untuk merk internasional adalah pekerja profesional dan orang-orang yang mencari tempat untuk mengadakan pertemuan.

Jenis-jenis Kedai Kopi Indonesia

Warung kopi lokal di Indonesia perlu menawarkan pengalaman unik dan kualitas yang baik agar dapat bersaing di pasar. Ada dua jenis gaya coffee shop di Indonesia. Gaya Café dan lubang di dinding warung kopi. Kedai kopi gaya Café lebih unik dalam desain interiornya dan melayani lebih banyak jenis kopi modern seperti espresso, latte, dan lain-lain. Salah satu kedai kopi lokal paling terkenal di Indonesia adalah Anomali Coffee. Mereka saat ini memiliki 13 toko di beberapa kota di Indonesia.

Lubang di dinding, kedai kopi memiliki ruang yang lebih kecil dari tempat mereka menyajikan kopi dan mereka biasanya tidak memiliki pengaturan tempat duduk atau desain interior yang unik. Fokus mereka terutama pada rasa dan rasa kopi. Salah satu kedai kopi bergaya lubang yang terkenal di kedai kopi dinding adalah KULO.

Masa Depan

Dalam waktu dekat, kedai kopi lokal mungkin akan tumbuh lebih banyak lagi karena minum kopi telah menjadi tradisi dan bagian dari gaya hidup sehari-hari di Indonesia. Ini akan memberi merk internasional di posisi yang sulit karena kedai kopi asing harus bersaing dengan rekan lokal mereka, tidak hanya atas harga tetapi juga dalam hal pengalaman unik melalui desain mereka. 

Namun, ini tidak berarti bahwa kedai kopi lokal dapat tetap stagnan di pasar karena dengan kedai kopi baru yang menjamur setiap hari, yang lama harus berkembang seiring berjalannya waktu.

Jika kamu tertarik untuk membuka kedai kopi di masa mendatang, sudah saatnya kamu berinvestasi mulai sekarang. Kamu bisa memilih platform investasi reksa dana Ajaib yang sudah terjamin aman. Ajaib memberikan pilihan rekomendasi investasi terbaik untuk kamu, dan kamu tidak perlu khawatir tentang keamanan karena Ajaib telah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kamu hanya perlu duduk santai dan merencanakan impian masa depan.

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait