Ajaib.co.id – Berhubungan dengan banyak orang, selalu sibuk deal sana-sini, diplomatis, berpenampilan sleek, apalagi ditambah fluent English, menjadi seorang Account Officer memang merupakan sebuah gengsi tersendiri bagi kebanyakan orang. Tapi itu tampak luarnya. Jika kamu salah satu praktisinya, kamu pasti tahu bahwa sebenarnya profesi ini menuntut soft skill yang jauh lebih berat dari yang sekedar terlihat.
Banyak yang skeptis menilai bahwa profesi ini hanya memprioritaskan keramahtamahan dan keharmonisan. Padahal kedua hal tersebut hanyalah gerbang pembuka dari fungsi peran sesungguhnya yang jauh lebih berpengaruh. Ingin tahu lebih banyak tentang kiat menjadi seorang Account Officer yang legend? Baca terus artikel Ajaib ini hingga akhir ya.
Account Officer adalah sebuah profesi yang bertugas menjaga ketepatan pencatatan keluar-masuknya pembayaran di sebuah perusahaan atau organisasi. Tugas ini meliputi pengaturan penagihan, membayar jasa, verifikasi hutang-piutang, serta mempelajari aktivitas dunia bisnis.
Seperti dikutip dari glassdoor.com, skala perusahaan akan menentukan seberapa banyak tugas yang diembankan pada profesi ini, dan tentunya spesialisasi tugas akan lebih ditemui di perusahaan berskala besar.
Profesi ini memerlukan standar kelulusan 4 tahun kesarjanaan. Meskipun tidak ada pensyaratan bidang tertentu, gelar S1 dalam akuntansi atau manajemen bisnis biasanya lebih disukai. Tergantung pada fungsi tugasnya, sertifikasi akuntan publik (Certified Public Accountant/CPA) kerap diperlukan.
5 Tips Kunci Account Officer Sukses
Seperti dikutip dari terbaikterjitu2t.blogspot.com, mempraktekkan tips kunci sukses profesi ini akan menjadikanmu ujung tombak bagi pertumbuhan bisnis perusahaan. Tips kuncinya adalah:
1. Pahami produk/jasa
Saat membangun peluang dengan calon klien, kenali detail produk/jasa yang kamu tawarkan dengan baik dan menyeluruh, terutama aspek kompetitifnya. Jenis, mutu, keunggulan bahkan kekurangan produk/jasa wajib kamu kenali secara detail sebelu kamu tawarkan. Jangan sampai kamu tidak bisa menjawab pertanyaan calon klien tentang produk/jasa tersebut karena upaya marketing kamu bisa gagal total.
2. Artikulatif
Berbicara kepada klien dengan bahasa yang mudah dimengerti, to-the-point, ringkas dan segar, agar tidak membuat calon klien merasa bosan. Tak perlu berupaya selalu memamerkan betapa canggihnya keterampilan bahasa asingmu, apalagi bila calon klien tidak punya interest terhadap hal itu.
3. Jadi informan sekaligus pendengar yang baik
Berikan sikap interaktif 2 arah pada calon klien. Sampaikan informasi lengkap sambil memancing calon klien untuk bertanya lebih lanjut. Simak semua keluhan dan masukan dari klien, jadikan hal itu sebagai sumber referensi kamu. Hindari sikap paling tahu segalanya, apalagi meremehkan wawasan calon klien.
4. Senantiasa ramah
Gestur dan raut wajah ramah termasuk senyum dan kelakar ringan adalah senjata terampuh bagi suksesnya upaya marketing. Tanggapi setiap kritikan atau hal-hal negatif dari calon klien dengan tenang dan rendah hati (bukan rendah diri ya!).
5. Kuasai database
Gunakan teman atau relasi kamu untuk mendapatkan segudang database. Kemudian, pilah mana yang paling relevan dan efektif untuk mendukung strategi marketing kamu.
Bakat Emas Account Officer Sukses
Dikutip dari nuvest.net, ada 10 bakat yang menjadi modal untuk menjadi seorang AO yang sukses, yaitu:
1. Mahir menghitung
Punya keterampilan logika keuangan dan matematika kuat.
2. Etis
Etika dan integritas adalah karakter yang dianggap bernilai tinggi. Mampu membedakan mana yang benar dan yang salah, serta menunjukkan integritas dalam tugas keuangan maupun marketing.
3. Gemar belajar
Meskipun harus punya keterampilan dasar yang kuat, harus juga up-to-date dan punya ketertarikan pada kebaruan. Dengan terus bermunculannya prinsip-prinsip baru, sektor bisnis adalah dunia yang terus berubah.
4. Akurat
Ketidaktepatan pencatatan angka atau titik koma dalam pembuatan dokumen bisnis bisa mengakibatkan risiko keuangan besar bagai perusahaan.
5. Mahir mengorganisir
Agar terus bisa menguasai semua paperwork, angka-angka dan data harian, serta mengakses informasi yang benar dengan efisien, keterampilan pengorganisasian yang tinggi sangat diperlukan.
6. Bertanggung jawab
Bersedia menerima keberhasilan ataupun kegagalan dari upaya diri adalah kualitas sifat yang baik, terutama mengakui kesalahan dan memastikannya tidak terulang kembali.
7. Mampu team work
Mampu bekerjasama dengan team dalam menuntaskan tugas kerja. Senang bertemu langsung dengan klien, serta mengkordinasikan tugas ke seluruh anggota team, termasuk pemegang saham senior sekalipun.
8. Paham medan bisnis
Profesi ini diperlukan diberbagai sektor bisnis dan industri. Meski tugas dasarnya serupa, keahlian dan fungsi tambahan juga kerap dituntut dari profesi ini dalam sektor-sektor tertentu.
9. Bisa dipercaya dan handal
Ini adalah kualitas terpenting untuk sukses dan dianggap aset bernilai di profesi ini. Integritas berkaitan dengan kemampuan menjamin kerahasiaan data tetap terjaga.
10. Kreatif
Bukan mahir menggambar, mendesain atau menulis fiksi, yang diperlukan agar sukses di profesi ini adalah jenis kreativitas dalam menemukan solusi bagi masalah dan strategi untuk menangkap peluang bisnis baru.
Kalau kamu sering mendapat penilaian seperti di atas dari lingkunganmu, dan kamu juga punya passion kuat terhadap profesi ini, jangan ragu-ragu untuk menjadikan Account Officer sebagai karir suksesmu ya.
Jangan ragu-ragu juga untuk terus mengembangkan kinerja portfolio investasimu dengan memilih platform investasi yang efisien, efektif serta berintegritas seperti Ajaib, yang memungkinkan investasi saham dan reksa dana sekaligus dalam 1 aplikasi, biaya beli saham s/d 50% lebih murah, dan daftar 100% online tanpa biaya minimum.
Ajaib adalah pilihan super smart bagi investor Milenial karena terdaftar resmi dan diawasi oleh OJK juga IDX, serta mendapat penghargaan dari Asia Forbes, Fintechnew Singapore, Dunia Fintech dan Top 10 Startups from Y Combinators TechCrunch.