Properti

Bentuk Rumah Minimalis yang Bisa Jadi Referensi

5 Situs yang Berikan Rekomendasi Model Rumah Minimalis

Ajaib.co.id – Model dan bentuk rumah minimalis sekarang diminati, terutama oleh generasi milenial karena selain harganya yang relatif murah, rumah minimalis ternyata membawa kesan tersendiri. Rumah yang minimalis tidak membutuhkan banyak perabotan rumah sehingga akan lebih mengirit pengeluaranmu. Selain itu, rumah minimalis tidak repot untuk dibersihkan karena ukurannya yang kecil dan kamu akan lebih mudah membersihkannya dalam waktu yang singkat.

Model rumah minimalis biasanya disukai para milenial yang masih tinggal sendiri, atau baru memiliki keluarga kecil. Atau juga kamu yang punya lahan yang tidak terlalu luas, tetap bisa membangun rumah dengan ukuran yang lebih kecil.

Referensi Model & Bentuk Rumah Minimalis

1. Desain Rumah Minimalis 1 Lantai

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai
Source: seekayem.com

Bagi kamu yang punya rumah satu lantai, kamu juga bisa mendesainnya dengan desain minimalis modern. Dengan luas rumah yang cukup besar, kamu bisa memiliki dua kamar. Namun, dengan satu kamar pun sebenarnya tidak masalah. Semua tergantung dari apa yang kamu butuhkan.

Kamu bisa menjadikan ruangan dekat pintu masuk sebagai ruang tamu sekaligus ruang makan dan dapur. Kemudian, untuk belakang dapat menjadi kamar tidur dan kamar mandi serta dapat dijadikan ruangan bermain atau bersantai lainnya.

2. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai
Sumber: bahayofw.com

Nah bagi kamu yang punya rumah 2 lantai kamu bisa memiliki banyak ruang untuk gerak dan menempatkan barang-barang yang dirasa penting dan diperlukan. Namun, bila ingin minimalis, kamu harus bisa membagi 2 lantai dengan tepat.

Misalnya, di lantai dasar sebagai dapur, ruang tamu, dan kamar mandi. Sedangkan, lantai 2 dimanfaatkan sebagai kamar tidur dan kamar mandi. Di mana, di lantai atas kamu bisa membagi ruangan menjadi tiga kamar dan satu toilet, atau 2 kamar dengan ruang keluarga.

3. Desain Rumah Minimalis 3 Kamar

Desain Rumah Minimalis 3 Kamar
Source: clarendon.com.au

Ketika kamu ingin memiliki rumah dengan tiga kamar, pasti kamu beranggapan bahwa rumah harus besar dan luas. Kalian bisa membagi-bagi ruangan kamar di titik berbeda. Tidak selamanya kamar harus saling bertempelan atau bersampingan.

Kamar tidur memang jadi lebih kecil, tapi jika kamu bisa menempatkan furniture dan tata ruangan yang tepat, maka rumah bisa menjadi tetap nyaman.

4. Desain Rumah Minimalis 2 Kamar

Desain Rumah Minimalis 2 Kamar
Source: athayasimple.co

Rumah kamu dibangun di tanah dengan luas kecil dan hanya bisa dibagi dua kamar? Tidak masalah. Dengan desain ini, rumah kamu bisa jadi lokasi nyaman dan selalu dirindukan. Untuk rumah dua kamar, kamu harus bisa memanfaatkan ruang terluas untuk membaginya dalam dua kamar.

5. Desain Rumah Minimalis 1 Lantai 1 Kamar

Desain Rumah Minimalis 1 Lantai 1 Kamar
Source: clarendon.com.au

Anda tipe orang yang ingin satu kamar dan memanfaatkan bagian lain dari rumah sebagai ruangan serba guna? Nah, kamu bisa cek denah rumah minimalis modern seperti gambar di bawah ini.

Pemanfaatan Ruang Serba Guna
Source: ulrichome.com

Dalam Ulrichomedisebutkan, rumah satu lantai dan satu kamar ini bisa membuat rumah menjadi lebih luas dan nyaman. Di mana, kamu bisa memiliki dapur terbuka, ruang tamu besar, ruang cuci (laundry), toilet, ruang bekerja bahkan ruang santai.

6. Desain Rumah Minimalis 3 Lantai 2 Kamar

Desain Rumah Minimalis 3 Lantai 2 Kamar
Source: Inhabitat.com

Desain rumah ini cocok buat kamu yang merupakan pasangan baru. Rumah ini bisa dijadikan tempat tinggal sekaligus lokasi bekerja. Zaman sekarang, rumah bisa menjadi lokasi kreatif orang untuk mendapat inspirasi saat bekerja.

Nah, rumah tiga lantai ini bisa dimanfaatkan sebagai ruang kerja, ruang meeting, bahkan sebagai usaha start-up sekalipun. Pasangan baru yang mencoba memulai perusahaan kecil sangatlah cocok dengan rumah desain ini.

Tips Desain Rumah Minimalis

Umumnya, desain minimalis modern akan mengutamakan efisiensi dan fungsionalitas yang bisa memenuhi kebutuhan penghuninya. Uniknya, konsep ini tidak hanya menyangkut bentuk arsitektur, tapi juga desain interior, pemilihan perabot, warna, pengaturan cahaya, hingga tanaman penghias rumah.

1. Garis bersih cocok untuk semua ukuran lahan

Saat diterapkan pada hunian berlahan luas, konsep rumah minimalis dapat membuat hunian lebih mudah dirawat, diatur, dan tidak berantakan. Garis-garis yang bersih, sesuai karakteristik desain bisa membuat rumah terlihat modern, bahkan bisa memberi kesan canggih dan futuristik. Sedangkan, jika diterapkan pada lahan sempit dan terbatas, bentuk rumah ini juga bisa memberi kesan lapang, ringkas, rapi, dan bersih.

2. Rumah minimalis tak terbatas pada warna hitam atau putih

Ketika mendengar bentuk rumah minimalis, yang sering terbayang adalah hunian yang didominasi warna monokrom putih dan abu-abu atau hitam. Ini seringkali terjadi jika kami memilih dinding dan lantai dari beton atau semen ekspos yang tak lain berwarna abu-abu.

Namun, jika kamu tidak ingin hunian warna putih atau abu-abu, rumah minimalis masih bisa kamu miliki dengan pemilihan cat dinding berwarna pucat dan lembut. Kuncinya ada pada warna dalam satu palet. Misalnya, warna merah muda atau hijau muda, gunakan gradasi warna-warna itu.

3. Konsep multifungsi pada perabot

Mengutamakan bentuk yang simpel dan fungsional adalah ciri perabot rumah tanggan pada desain rumah minimalis. Tidak jarang, untuk meningkatkan efisiensi, bentuk rumah minimalis mengutamakan perabot yang memiliki beberapa fungsi sekaligus.

Misalnya, meja kopi yang berfungsi sebagai rak penyimpanan, tempat tidur dengan laci-laci penyimpanan di bagian bawahnya, hingga meja makan lipat.

3. Sebanyak mungkin cahaya alami masuk

Cahaya memegang peran penting dalam desain rumah minimalis modern. Jika diperhatikan, banyak bentuk rumah minimalis yang memiliki jendela-jendela besar atau memiliki bukaan rumah yang memungkinkan cahaya matahari masuk secara leluasa. Cahaya alami yang banyak serta bentuk yang seolah tanpa batas dengan dunia luar membuat hunian terasa semakin terbuka dan lapang..

4. Area hijau pada bentuk rumah minimalis

Pohon dengan bentuk dan warna sederhana, seperti kaktus atau pisang-pisangan jenis Calathea, bisa menjadi opsi untuk memperindah rumah minimalis modern. Hindari bunga berwarna-warni dalam pot atau vas penuh ornamen yang akan terasa mencolok dan tidak serasi dengan bentuk rumah minimalis modern.

Sesuaikan juga ukurannya dengan perabot dan ruang yang tersedia. Gunakan pot berbentuk dan berwarna serasi dengan warna dinding dan perabotan rumah.

Situs Web untuk Referensi Model Rumah Minimalis

Namun, mungkin kamu akan kebingungan ketika ingin membangun rumah minimalis karena belum punya referensi. Maka dari itu, kamu bisa mengunjungi website ini untuk mengetahui model rumah minimalis apa saja yang bisa kamu gunakan sebagai inspirasi.

1. Polarumah.com

Situs ini menyediakan model rumah minimalis modern yang cukup banyak. Mungkin saking banyaknya, kamu akan kebingungan. Namun, ini juga yang kamu butuhkan karena bisa dijadikan sebagai pembanding antara model rumah satu dengan yang lainnya. Model rumah minimalisnya pun bermacam-macam, bisa kamu sesuaikan dengan selera.

2. Goodminds.id

Kamu bisa melihat berbagai macam model rumah minimalis yang oke punya di sini. Ukuran yang disarankan pun cukup detail. Biasanya rumah minimalis dibangun di lahan yang terbatas, tapi kamu bisa memaksimalka bentuk rumah dengan desain yang pas. Di situs ini juga diberikan tips-tips untuk mengelola rumah minimalis jadi terlihat lebih mewah. Meskipun minimalis, tapi tetap bisa jadi mewah.

3. Sumbercenel.com

Selain model rumah minimalis, kamu juga bisa melihat video-video yang menayangkan bagian dalam rumah minimalis. Kamu akan dibuat jatuh cinta dengan desainnya yang cantik meskipun dibangun di lahan yang tidak begitu luas. Desain rumah minimalis ternyata bisa juga menjadi rumah yang membuat betah pemiliknya tinggali. Di situs ini kamu bisa menemukan rumah minimalis yang mewah dan bisa juga menemukan rumah minimalis yang sederhana. Semua yang kamu senangi ada di sini.

4. Arsitag.com

Arsitag adalah situs yang menyediakan informasi rumah-rumah yang didesain oleh arsitek ternama. Jangan heran ketika melihat gambar rumah minimalis di sini nya kamu akan terkagum-kagum karena desainnya yang detail dan lain dari yang lain. Selain itu kamu bisa melihat rumah-rumah minimalis yang unik dan membuatmu jadi ingin memilikinya juga. Jika kamu ingin menghubungi seorang arsitek untuk membangun rumahmu, situs ini bisa kamu andalkan.

5. Rumahpedia.info

Di situs ini mungkin rumah minimalis yang tersedia modelnya lebih sedikit, tapi tidak ada salahnya juga kamu kunjungi. Desain rumahnya keren-keren, dan tersedia juga untuk rumah tingkat dua. Meski model rumah minimalis, masih memungkinkan untukmu membangunnya jadi bertingkat-tingkat.

Itulah beberapa situs yang bisa kamu jadikan salah satu referensi yntuk untuk membuat rumah dengan model yang sesuai buat kamu dan cocok untuk kamu dan keluarga. Kamu juga bisa menambah kesan menarik dengan memberikan sentuhan batu alam di pagar rumahmu.

Artikel Terkait