5 Jenis Kain Terpopuler untuk Long Dress Plus Harganya

Jenis Kain

Bisnis fashion wanita selalu menjadi peluang usaha yang menjanjikan karena tak pernah lekang oleh waktunya. Belakangan pakaian dengan jenis kain yang halus dan lembut dengan potongan long dress tengah digandrungi kalangan wanita. Kombinasi bahan dan desainnya membuat pakaian seperti ini cocok dikenakan di acara formal maupun kasual.

Namun sebenarnya ada banyak jenis kain yang bisa dijadikan bahan untuk pakaian dengan model tersebut. Salah satu jenis kain yang menjadi favorit ialah kain sutra karena memiliki tekstur halus dan menggunakan bahan alami. Bahan ini menjadi material yang kerap dipakai untuk membuat gaun oleh kalangan jetset karena kemewahannya.

Pakaian dengan bahan ini rasanya cocok untuk acara yang sifatnya formal dan eksklusif. Hanya saja memang uang yang harus dikeluarkan untuk kain yang amat mahal. Sebenarnya ini bukan hal yang aneh karena kain sutra umumnya diproses dengan tangan dan seluruhnya alami.

Karena itu, kemudian dihadirkan alternatif yang lebih terjangkau misalnya kain satin untuk dress wanita. Dengan tekstur kain yang lembut, halus dan tampak glossy kain ini memiliki kualitasnya sendiri membuat gaun semakin cantik.

Meskipun memiliki serat sintetis namun kain tetap terlihat mewah dan elegan sehingga cocok untuk pakaian formal seperti dress wanita baik panjang maupun pendek. Jenis kain ini juga bisa dijadikan alternatif jika kamu ingin membuka bisnis fashion wanita khususnya long dress. Menggunakan kain akan menjadikan dress yang kamu jual tetap terlihat menawan namun harganya terjangkau.

Niscaya kamu bisa menjaring lebih banyak pembeli dibandingkan menggunakan bahan baku berupa kain sutra. Meskipun memiliki pangsa pasar sendiri namun long dress dengan kain sutra punya target market yang terbatas. Adapun jenis kain katun, kain sifon dan kain linen bukan lah bahan kain yang cocok untuk long dress.

Ketiga jenis kain ini memiliki sifar yang kaku dan terasa kasar. Selain itu, kain tersebut juga mudah tampak kusut dan tidak memiliki kilau yang indah sebagaimana yang dibutuhkan gaun. Meskipun beberapa diantaranya memang nyaman dikenakan untuk pakaian sehari-hari misalnya saja seperti bahan katun.

Namun kini industri tekstil sudah berkembang dengan sangat pesat sehingga ada banyak varian kain yang tersedia di pasaran. Kamu bisa berkreasi dengan bermacam jenis kain ini sehingga memberikan produk yang unik kepada calon pembelinya. Karakteristis setiap kain tentunya juga bisa menjadi daya tarik lebih untuk produk yang kamu tawarkan.

Jadi, jangan hanya terpaku pada jenis kain yang sudah populer saja ya.

Jenis Kain Kekinian yang Bisa Jadi Bahan Long Dress Menawan

Berbisnis membutuhkan persiapan yang matang termasuk pula bisnis fashion. Sebagai salah satu lini bisnis paling menjual dan potensial, industri ini juga termasuk paling ketat persaingannya. Tak terhitung ada berapa banyak seller yang menjual pakain di industri ini.

Long dress menjadi salah satu produk yang paling potensial belakangan. Pasalnya jenis pakaian ini bisa dipakai oleh wanita baik tua maupun muda, berhijab maupun tidak. Dengan padu padan yang sesuai dan desain yang menarik, gaun panjang ini cocok untuk dibawa ke berbagai acara formil.

Dengan demikian, dari sudut pandang bisnis, kamu memiliki target konsumen yang amat luas. Apalagi jika mampu mengkombinasikannya dengan kemampuan membaca tren dan strategi promosi yang menarik untuk meraih pembeli. Kunci dari bisnis fashion adalah mampu membaca tren untuk waktu mendatang dan mengadaptasinya.

Misalnya ketika ingin menjual long dress, kamu bisa mencari inspirasi desain dari sejumlah selebritas atau orang terkenal. Umumnya, gaun yang dipakai artis menjadi inspirasi banyak orang untuk memakai pakaian yang serupa namun dengan harga lebih terjangkau.

Misalnya saja gaun pengantin Hailey Bieber yang dianggap memukau dan kemudian menjadi tren tahun 2019 lalu. Mungkin kamu bisa sering-sering memantau sosial media atau menonton channel fashion untuk mendapatkan inspirasi terkini. Selain itu, padukan pula dengan jenis kain yang populer dan cocok dengan kebutuhanmu.

Jika kamu bergelut di dunia bisnis kain, sangat penting mengetahui jenis kain yang populer. Pasalnya, banyak konsumen yang kecewa ketika membeli baju, khususnya long dress melalui online shop. Namun, ketika kamu sudah tahu bahan yang diinginkan konsumen, produk yang kamu jual tentunya tidak mengecewakan.

Terlebih jika kamu sudah tahu jenis kain yang laris manis ‘dimakan’ oleh konsumen. Berikut ini jenis kain yang sering digunakan untuk membuat baju long dress serta harga jualnya per meter di pasaran. Namun, sebagai catatan, harga menyesuaikan daerah tempat kamu tinggal.

1. Jenis Kain Balotelli

Mendengar namanya, jenis kain ini tidak ada sangkut pautnya dengan pemain sepak bola asal Italia, Mario Balotelli. Kain Balotelli memiliki serat yang sangat rapat sehingga tidak akan menerawang saat dipakai, bertekstur agak kasar karena garis-garis memanjang atau berbentuk segiempat, lemas, dan jatuh.

Bahannya tebal tetapi ringan saat dipakai sehingga sangat bagus untuk membuat baju gamis atau abaya. pilihan warnanya juga sangat banyak. Kain sempat naik daun periode tahun 2017 lalu namun tak ada salahnya terus menggunakannya sampai saat ini. Untuk wilayah Jakarta, harga kain ini berkisar Rp25.000 per meter, sangat terjangkau untuk dijadikan bahan baku bisnis long dress-mu.

2. Jenis Kain Crepe

Kain ini memiliki tekstur lembut, berserat, dan jatuh saat dipakai. Kainnya tebal dan tidak menerawang. Bahannya sangat nyaman, adem alias tidak akan membuat gerah pemakainya.

Kain ini berbahan stretch mekanik, sekilas terlihat berkerut, yang menjadi salah satu ciri khasnya. Namun jika ditarik akan kembali seperti semula, tidak akan melar seperti jersey. Jenis kain ini sudah menjadi favorit wanita untuk dijadikan dress sejak berabad-abad lalu salah satunya di Inggris dan Belanda.

Kini kain ini bisa kamu jadikan salah satu opsi bahan apalagi dengan pilihan warnanya yang sangat beragam dan bahannya juga mudah dibentuk. Harganya di angka Rp25.000 hingga Rp50.000 per meter. Kamu mungkin bisa mendapatkan harga lebih murah jika membeli dalam jumlah banyak untuk produksi barang jualanmu.

3. Kain Maxmara

Kain jenis ini sangat diminati kaum hawa dari berbagai lapisan umur. Merupakan salah satu jenis kain yang menjadi favorit masyarakat beberapa tahun belakangan. Alasannya karena bahan ini memiliki banyak motif yang unik dan cantik. Kain ini juga sering disebut juga sutra satin karena bertekstur halus dan lembut.

Bahannya ringan, lentur saat dipakai, glowing tapi bukan mengkilat sehingga sangat cocok dikenakan untuk acara pesta pernikahan atau acara formal lainnya. Selain itu, kain ini tidak mudah kusut, tidak menerawang dan mudah dibentuk. Karakteristik yang sangat ideal untuk dijadikan long dress.

Harga berada di kisaran Rp27.000 hingga Rp45.000 per meter tergantung jenisnya. Ya, jenis kain ini bahkan sudah berkembang menjadi lebih bervariasi seperti maxmara midi dan maxmara premium.

4. Kain Ceruti

Rekomendasi jenis kain berikutnya untuk bahan long dress ialah kain ceruti yang merupakan turunan dari kain sifon. Ceruti merupakan kain yang tipis, sangat lembut, dan elastis. Tekstur di atas permukaan kain ini seperti kulit jeruk dan terdapat bintik-bintik kecil halus dengan warna yang senada dengan bahan dasarnya.

Meski demikian, permukaannya sangat halus sehingga memberikan kesan mewah ketika dijadikan pakaian. Bahannya jatuh dan tidak mudah melayang saat ditiup angin, mudah dibentuk dan jika diterawang di depan cahaya terlihat serat-serat pada bahannya.

Harganya bisa berada di angka Rp45.000 per meter. Kamu bisa menemukan berbagai jenis kain ceruti di pasaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan produksimu.

5. Kain Wool Peach atau Wolfis

Kain yang satu ini juga menjadi pilihan favorit kita selain memiliki warna cerah dan soft juga motifnya cantik. Belakangan kain ini sering dijadikan bahan baku gamis dan hijab karena sifatnya. Jenis kain ini juga halus dan rapat, bahannya tebal namun ringan dan tidak menerawang.

Selain itu, bahan ini juga sangat nyaman dipakai karena tidak panas dan seratnya nyaris tidak terlihat. Jenis kain ini merupakan 100% dari bahan polyester sehingga harganya amat terjangkau. Selain itu, bahan ini tidak mudah kusut, tidak licin dan mudah disetrika sehinga sangat pas dijadikan long dress.

Harga kain ini di pasaran berada di kisaran Rp28.000 per meter. Namun, tersedia banyak jenis kain wolfis termasuk yang biasa maupun premium. Untuk kualitas premium, mungkin kamu harus membayar sedikit lebih mahal dari harga di atas.

Lima jenis kain di atas bisa dijadikan alternatif untuk bahan baku produksi long dress yang elegan namun harganya terjangkau. Tingginya persaingan bisnis fashion memang membuat kita harus pintar mencari strategi bisnis yang jitu. Mulai dari bahan baku yang murah namun tetap berkualitas sampai promosi yang tepat sasaran.

Namun tetap saja, kain yang berkualitas tetap menjadi andalan dalam industri tekstil. Pembeli dijamin akan kembali padamu jika long dress yang dibeli bagus dan sekaligus nyaman. Jadi, mana kain yang jadi pilihanmu?

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson

Sugiyono. (2001). Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Rosda: Bandung.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait