Bisnis & Kerja Sampingan, Milenial

Rahasia Strategi Bisnis Kylie Jenner Tuai Triliunan Rupiah

Muda dan kaya raya, itulah Kylie Jenner. Di usia 22 tahun, ia punya kekayaan USD1 miliar atau setara dengan Rp14,2 triliun! Hal itu tak terlepas dari peran momager, Kris Jenner, dan strategi bisnis di media sosial.

Kylie Jenner adalah anggota dari keluarga Kardashian-Jenner, Kylie mengikuti jejak kakak-kakaknya masuk ke dunia bisnis sejak remaja. Ia mengawali bisnis Kylie Cosmetics pada 2015. Produk andalannya adalah lip kit yang dibanderol seharga USD29 atau sekitar Rp413.000. Akhir 2018, ia berkolaborasi dengan Ulta, toko kecantikan tersohor di Amerika Serikat dan sesuatu fantastis terjadi. Dalam waktu beberapa menit, situs Ulta sangat sibuk dan produk Kylie ludes diborong pembeli.

Strategi bisnis duet nama besar Kylie dan Ulta sukses besar. Di satu sisi Ulta adalah toko yang menjual produk kecantikan terpercaya. Sedangkan Kylie merupakan selebriti sekaligus influencer yang memiliki pengikut 144 juta pengguna media sosial di Instagram.

Kylie juga sudah bertahun-tahun “tinggal” di dunia media sosial. Tak bisa dipungkiri, pengaruh ibu satu anak ini terhadap penjualan produknya sangat kuat. Ia mampu membentuk brand dan membuat konten yang relevan untuk menarik pengikutnya. Bagi yang lagi belajar bisnis, contek yuk salah satu strategi bisnis jitu di media sosial ala Kylie Jenner.

Strategi Bisnis Sesuai Target Market

Dilansir dari Forbes (24/07/2018), bungsu keluarga Kardashian-Jenner ini sudah mengetahui target market dan keunggulan kompetitif yang ia miliki sejak awal merintis bisnisnya. Untuk mencapai tujuannya, Ia menerapkan strategi bisnisnya dengan masuk ke dunia milenial dan generasi Z.

Dua generasi tersebut sangat suka terhadap tren terbaru dan tumbuh bersama media sosial dan tayangan televisi, termasuk acara Keeping Up with the Kardashians yang melambungkan nama Kylie Jenner dan keluarganya. Sehingga mudah bagi Kylie untuk berkomunikasi dengan pengikutnya. Fokusnya adalah komunikasi melalui Instagram, Snapchat, dan Youtube. Ketiga platform tersebut, terutama Instagram, adalah jenis media sosial yang sangat digandrungi oleh milenial dan generasi Z.

Mengoptimalkan Media Sosial

Strategi bisnis Kylie berikutnya adalah memanfaatkan kekuatan media sosial. Ia sadar bahwa pengikutnya di Instagram adalah fans sejatinya. Mereka akan mengikuti setiap hal yang dilakukan Kylie. Entah yang dilakukan itu berkaitan dengan bisnis, pertemuan keluarga, atau cara mengasuh anaknya. Setiap kegiatan yang dilakukan sehari-hari, ia sisipkan produk Kylie Cosmetics. Di Snapchat, ia menunjukkan behind the scenes dari setiap produk yang akan dirilis. Dengan cara ini, secara tidak langsung Kylie juga menancapkan produknya di kepala fans.

Menonjolkan Produk

Kylie tidak pernah pelit ketika harus menonjolkan produk. Ia tidak ragu-ragu memperlihatkan produk, kemasan, dan warnanya di Instastory. Sehingga fans setianya memiliki bayangan tentang produk tersebut. Ibu dari Stormi ini juga konsisten menggunakan Kylie Cosmetics ketika membuat video make up tutorial, ia juga kerap update Instagram dan Snapchat sebelum merilis lip kit. Hal tersebut tidak cuma mengenalkan produk, juga memanjakan mata fans.

Menggandeng Influencer

Bahkan figur sepopuler Kylie pun butuh influencer untuk memperkuat branding produknya. Influencer terdekat yang ia gandeng adalah kakak-kakaknya sendiri. Ia berkolaborasi dengan Khloe hingga Kendall dalam rangka merilis edisi khusus. Di luar keluarga, ia menggandeng nama-nama besar yang sudah tidak asing di dunia kosmetik seperti MakeupShayla dan Nicol Concilio. Strategi bisnis ini berguna untuk membangun kredibilitas produk di deretan brand kecantikan.

Abaikan Haters

Bagi kamu yang sering mengikuti program Keeping Up with the Kardashians tentunya tahu betul mengenai kehidupan Kylie dan keluarganya. Apa yang mereka bicarakan, kenakan, hingga yang mereka bagikan di media sosial. Tentu hal itu mengundang juga para haters atau pembenci untuk berkomentar negatif mengenai anak Kris Jenner dan Caitlyn Jenner ini. Barisan pembenci akan siap melontarkan kalimat kebencian pada setiap postingan-nya. Haters gonna hate. Tetapi Kylie mengabaikan itu semua. Ia fokus dengan pekerjaan dan membentuk bonding ke fans setianya. Seperti mengundang eksklusif para fans setianya pada pembukaan pop-up store bisnis kosmetiknya.

Selain strategi bisnis di atas, jangan lupa untuk menjaga kualitas produk dan meningkatkan pelayanan. Ada baiknya juga mendengarkan feedback pembeli untuk mempertahankan pelanggan tetap datang lagi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang. 

Artikel Terkait