Milenial

5 Film Populer yang Diproduseri Manoj Punjabi

daftar film yang diproduseri Manoj Punjabi

Ajaib.co.id – Indonesia punya banyak segudang film-film yang tidak kalah dengan film Hollywood, baik dari segi narasi, sinematografi, hingga akting pemainnya. Namun, banyak dari penonton yang lupa bahwa di balik kesuksesan sebuah film, terdapat kerja keras tim produksi. Salah satu rumah produksi yang sudah lalang melintang di dunia film Indonesia adalah MD Pictures yang dimiliki oleh Manoj Punjabi sebagai CEO.

Selain sebagai CEO, Manoj juga berperan sebagai produser di semua film MD Pictures. Sebelum mendirikan MD Pictures, Manoj sempat bekerja di berbagai industri di antaranya bisnis pulp & paper hingga bisnis ekspor tekstil yang sempat menguntungkan. Namun kecintaannya terhadap industri perfilman membuat pria berdarah India tersebut memutuskan untuk membuat perusahaan produksi bernama MD Entertainment pada tahun 2003 yang kini dikenal dengan MD Pictures.

Sebelum membuat film, Manoj bersama MD Entertainment sudah menjadi pionir industri pertelevisian Indonesia dengan Citra Fitri yang merupakan lambang keberhasilan pertelevisian Indonesia. Rumah manoj ini pun sukses meraup berbagai penghargaan bergengsi hanya dalam waktu kurang dari 10 tahun, di antaranya Panasonic Awards, SCTV Awards, hingga Yahoo OMG Awards.

Setelah sukses di dunia pertelevisian, Manoj Punjabi melebarkan sayap di dunia perfilman dengan tujuan memajukan industri film di Indonesia. Di bawah MD Corp, Manoj akhirnya mendirikan MD Pictures dan berperan sebagai produser. Berikut adalah beberapa film-film sukses di bawah produksi PT MD Pictures Tbk dan juga diproduseri oleh Manoj Punjabi.

Ayat-ayat Cinta (2008)

Salah satu film tersukses yang pernah diproduksi MD Pictures pada dekade lalu merupakan pionir film bertema religi yang menarik berbagai lapisan masyarakat. Ayat-ayat Cinta mengisahkan tentang pemuda asal Indonesia bernama Fahri yang sedang menempuh pendidikan di Kairo, Mesir. Di tengah proses mengenyam pendidikan, Fahri bertemu dengan seorang wanita bernama Aisyah yang nanti akan menjadi istrinya.

Tidak lama setelah menikah, Fahri difitnah sehingga terpaksa masuk penjara. Seorang wanita bernama Maryam adalah saksi kunci dalam peristiwa ini mengalami koma akibat kecelakaan. Satu-satunya cara untuk membebaskan Fahri dari kasus ini adalah menikahi Maryam untuk bisa bersaksi di pengadilan.

Film yang diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy ini sukses menjadi salah satu film terlaris di Indonesia dengan penonton terbanyak di Indonesia mencapai 3,6 juta lebih penonton dan mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI).

Habibie & Ainun (2012)

Film yang menceritakan tentang kisah perjalanan tokoh penting memang tidak pernah gagal dan Manoj Punjabi bersama MD Pictures menggunakan formula ini. Mengulas perjalanan karir B.J. Habibie sebagai mantan Presiden indonesia dan kisah cintanya dengan Ibu Ainun Habibie, film Habibie & Ainun menjadi salah satu film tersukses di Indonesia.

Dibintangi oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari, mampu memerankan dua sejoli favorit generasi milenial ini dengan begitu baik. Tidak mengherankan jika Habibie & Ainun berhasil menarik minat penonton di Indonesia hingga mendulang jumlah penonton mencapai 4,5 juta.

Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Formula MD Pictures dengan mengangkat tokoh penting ke layar lebar pun kembali digunakan melalui film Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar. Merry Riana merupakan motivator dan pengusaha sukses dari Indonesia yang berhasil memiliki uang $1 juta atau setara dengan 14 Miliar Rupiah di usia 20 tahunan.

Manoj Punjabi bersama kru MD Pictures mengangkat kisah perjuangan hidup motivator sukses ini yang dibintangi oleh Chelsea Islan dan Dion Wiyoko. Film yang dirilis pada tahun 2014 tersebut menceritakan seorang wanita yang terpaksa melanjutkan kuliah di Singapura karena alasan keselamatan hidup. Hidup bersama masalah yang tak kunjung berakhir, ia harus berjuang untuk tetap kuliah dan bekerja.

Film ini sukses mengumpulkan penonton sebanyak 696 ribu penonton, melampaui film Assalamualaikum Beijing dengan 538 ribu penonton. dan Supernova: Ksatria, Putri & Bintang Jatuh dengan 501 ribu penonton

Rudy Habibie (2016)

Mengulang kesuksesan film-film sebelumnya, Habibie & Ainun dan Habibie & Ainun 2, Manoj Punjabi dan MD Pictures memutuskan untuk membuat film stand alone yang menceritakan tentang perjalanan B.J. Habibie menempuh pendidikan di Jerman. Dibintangi oleh Reza Rahadian, film ini sukses memotret bagaimana perjuangan mantan Presiden Indonesia ini berjuang hidup selagi kuliah, mulai dari berhemat karena keterbatasan uang, persaingan dengan mahasiswa Indonesia lainnya, hingga pertemuannya dengan Ibu Ainun.

Berbekal kesuksesan film-film sebelumnya Rudy Habibie berhasil memperoleh 2 juta penonton, di bawah pencapaian film Ketika Cinta Bertasbih dengan 2,1 juta penonton dan film Susah SInyal yang disutradarai oleh Ernest Prakasa dengan 2,1 juta penonton.

Danur (2017)

Sukses dengan film-film tentang tokoh penting di indonesia, Manoj Punjabi memutuskan untuk membuat film bertema horor yang saat itu trennya sedang naik karena film Insidious dan Conjuring. Bersama Pichouse Films yang merupakan perusahaan produksi film di bawah MD Pictures, terciptalah salah satu film horor tersukses di Indonesia yang berjudul Danur.

Film yang diadaptasi dari kisah nyata dan buku berjudul Danur karangan Risa Saraswati ini menceritakan tentang persahabatan antara Lisa dengan empat hantu kecil yang menghuni rumah yang ditinggalinya. Kesuksesan film ini membuat MD Pictures membuat 2 sekuel film Danur yang berjudul Danur 2: Maddah dan Danur 3: Sunyaruri. Ketiga film tersebut berhasil masuk dalam daftar film terlaris dengan jumlah penonton terbanyak di Indonesia dengan pencapaian 2,7 juta penonton, 2,5 juta penonton, dan 2,4 juta penonton.

Film ini juga sempat viral dikarenakan pada di setiap penayangannya, pihak bioskop menyisakan empat kursi penonton yang katanya akan ditempati oleh empat sahabat hantu Lisa.

Dari lima film karya Manoj Punjabi, adakah yang belum kamu tonton? Jika belum, mungkin bisa masuk daftar film yang bisa kamu tonton di waktu senggang.

Nah, yang perlu kamu ketahui juga, perusahaan produksi film ini juga telah IPO dan sahamnya bisa kamu beli dengan kode saham FILM. Mau punya saham di rumah produksi ini? Yuk beli sekarang juga di aplikasi Ajaib!

Artikel Terkait