4 Langkah Untuk Mengatasi Masalah Bisnis yang Sulit

mengatasi masalah bisnis
mengatasi masalah bisnis

Ada banyak cara untuk mengatasi masalah bisnis. Dalam ulasan ini, redaksi Ajaib akan menjabarkannya secara lengkap. Berikut ini kerangka kerja sederhana untuk mengatasi masalah bisnis terberat.

Ketika kamu membangun startup, kamu akan menemukan bahwa proyek jarang berjalan tanpa hambatan. Masalah dapat terjadi bahkan sebelum proyek dimulai, dan yang paling pasti hal tersebut akan terjadi selama atau setelah semuanya tampaknya selesai. Inilah sebabnya mengapa pengusaha terbaik dan paling sukses adalah pemecah masalah yang rajin.

Seorang pria yang biasa berbagi ruang bengkel akan selalu berkhotbah tentang konsep, masalah, reaksi, dan solusi. Dia menganggapnya sebagai pelajaran hidup klasik, moto untuk bekerja.

Sebenarnya, itu tidak pernah berarti banyak bagi orang lain sampai beban kerja yang dialaminya meningkat dan secara tiba-tiba melupakan konsep tersebut secara seketika di pikiran saat menghadapi masalah atau cobaan dalam dunia bisnis.

Ketika beban kerja menjadi lebih besar dan lebih ambisius, ketiga kata ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kerja. Belajar merangkul mereka, dan bekerja melalui mereka, adalah tantangan yang akan dihadapi setiap pengusaha. Berikut adalah cara kami mendekati prinsip ini.

Masalah

Masalah biasanya masuk dalam dua kategori; sedikit masalah dan kekacauan. Masalah kecil adalah masalah atau hambatan yang mudah dipecahkan. Ini adalah jenis masalah yang lebih disukai untuk dihadapi saat kamu membangun bisnis kamu.

Kamu dapat memperbaikinya sebelum mereka mencapai klien atau sebelum kamu mengirimkan produk jadi. Masalah kecil bisa berupa menambahkan beberapa pengepak di tempat untuk membuat sesuatu lebih rata atau mengubah kesalahan pengejaan dalam satu baris kode. Biasanya tidak lebih dari masalah kecil, dan penyelesaiannya mudah untuk diatasi dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Namun, kekacauan adalah masalah yang tidak mudah diperbaiki. Mereka biasanya ditemui pada waktu atau tempat yang paling tidak nyaman. Ini bisa di depan klien, disebabkan oleh klien, masalah ditemukan di tempat atau setelah peluncuran produk bisnismu.

Ini adalah masalah yang membuat atau memutuskan hubungan pelanggan. Setelah kekacauan terjadi, keterampilan sebenarnya terletak pada bagaimana kita bereaksi terhadap mereka.

Reaksi

Reaksi masuk ke dalam dua kategori; tenang, dan benar-benar panik. Reaksi yang dikomposisikan akan menghasilkan solusi yang masuk akal dan tepat. Ini akan, pada gilirannya, mengarah pada kesimpulan sukses dari proyek.

Akan selalu berharga untuk mengambil langkah mundur dari masalah. Jangan menyelam langsung, terlepas dari ide cemerlang yang tiba-tiba baru saja muncul dalam pikiran.

Tarik napas, tetap tenang, dan jika klien ada di sekitar masalah tersebut, inilah saatnya untuk mempraktikkan “wajah ramah pelanggan” kamu. Wajah di mana kamu tenang, santai, dan memancarkan kualitas kepemimpinan yang membuat semua orang merasa nyaman.

Sayangnya, terkadang masalah dapat menyebabkan kepanikan total. Panik akan mengaburkan proses berpikir kamu, dan mengarah pada solusi yang terburu-buru, berantakan, atau hanya omong kosong. Semua kepanikan juga dapat menyebabkan gesekan antara kolega, atau dengan klien kamu.

Jika reaksimu adalah kepanikan yang berlebihan dan tidak terkontrol, kamu bisa dianggap dan terlihat tidak profesional di hadapan kolega mau pun di hadapan klienmu, dan resikonya adalah mereka akan mundur dan tidak mempercayai bisnismu lalu kamu akan kehilangan pelanggan. Jadi, tetap tenang akan selalu menghasilkan peluang terbaik untuk solusi terbaik.

Solusi

Solusi masuk ke dalam dua kategori; yang terbaik, dan yang terburuk. Asalkan kamu telah menemui masalah kamu dengan kepala dingin, dan mengambil waktu beberapa menit saat untuk mempertimbangkan semua opsi yang tersedia.

Solusi kamu kemungkinan besar akan menjadi yang terbaik, yang mungkin akan memuaskan klien dan memastikan kamu akan tetap dibayar dengan jumlah yang sesuai dan diberikan rasa hormat karena solusi tersebut.

Pemimpin hebat tidak menebak. Mereka mengidentifikasi inti masalah, meramalkan skenario, dan menghasilkan rencana cadangan sebelum merumuskan dan berbagi dengan para pemangku kepentingan. Ini menciptakan kepercayaan dan komitmen yang diperlukan untuk implementasi pemecahan masalah yang sedang terjadi. Hal tersebut akan menilai tindakan dan menyesuaikan kapan pun diperlukan.

Jika masalah kamu ditanggapi dengan kepanikan habis-habisan, solusi yang kamu temukan kemungkinan adalah solusi yang terburuk yang pernah ada. Solusi ini mungkin dibuat secara terburu-buru, berantakan, atau hanya omong kosong.

Jenis-jenis solusi ini sebenarnya dapat menyebabkan lebih banyak masalah, dan kamu menciptakan lingkaran setan dan berakhir dalam “memperbaiki kesalahan kamu.”, biasanya solusi terburuk akan membawa dampak buruk secara jangka panjang pada bisnis yang telah kamu bangun.

Menavigasi Siklus ‘Masalah – Reaksi – Solusi’

Kewirausahaan bukan karier tanpa masalah yang adil, besar dan kecil. Pengusaha sukses mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan ini secara langsung.

Untuk memperluas pelajaran bisnis ini sedikit lebih jauh, ambil pendekatan ini: Masalah besar, reaksi tenang, dan solusi terbaik. Seorang pengusaha akan menghadapi masalah yang besar (kekacauan), dan kamu harus memiliki mental yang kuat untuk menghadapinya dengan mental yang kuat. Secara otomatis akan bereaksi dengan tenang dan memiliki waktu untuk membuat skenario solusi yang terbaik untuk memecahkan masalah tersebut. Menerapkan prinsip ini ke dalam praktik akan sangat membantu perkembangan startup kamu dan mencapai kesejahteraan.

Jadi itu dia langkah-langkah untuk menghadapi masalah binsis yang sulit. Intinya, kamu harus siap dengan segala kemungkinan yang akan terjadi dan yang akan kamu hadapi dalam perkembangan bisnis kamu ke depannya.

Kewirausahaan memang tidak mudah, namun kamu harus siap dengan segala konsekuensi yang akan dihadapi dalam setiap keputusan yang akan kamu ambil atau jalani. Jadi, sudah siapkah kamu untuk mengatasi masalah bisnis?

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait