5 Komponen Sukses Berkompetisi dalam Bisnis

berkompetisi dalam bisnis
berkompetisi dalam bisnis

Takut berkompetisi dalam bisnis? Pelajari beberapa komponen ini agar bisa sukses dalam berbisnis ala Ajaib berikut ini.

Mempertahankan keunggulan kompetitif sangat penting untuk keberhasilan jangka panjang dari setiap bisnis kecil. Meskipun ada berbagai faktor yang menentukan keberhasilan atau kegagalan suatu perusahaan, ada sejumlah komponen kunci untuk keberhasilan bersaing dalam bisnis yang harus diperhatikan oleh semua pengusaha.

Komponen-komponen ini ditemukan di hampir semua divisi perusahaan, termasuk pemasaran, sumber daya manusia dan keuangan.

Berikut adalah lima komponen sukses yang harus diperhatikan untuk bisa berkompetisi dalam bisnis

Perencanaan

Perencanaan bisnis sangat penting untuk menjaga perusahaan kamu menunjuk dan berjalan ke arah yang benar. Luangkan waktu untuk membuat rencana menyeluruh – memikirkan pengembangan produk, operasi, pemasaran, pembiayaan, model bisnis dan masalah kepegawaian – sebelum kamu mulai membangun bisnis kamu.

Kamu tidak akan menyesali jika kamu membuat perencanaan bisnis yang kuat dengan tujuan yang jelas sebelum menjalankan bisnismu. Perencanaan tidak hanya penting pada tahap awal; meninjau kembali rencana strategis yang telah kamu buat sebelumnya secara teratur untuk menjaga arah bisnis kamu sejalan dengan tren saat ini dan masa depan di pasar.

Penciptaan Nilai

Komponen ini adalah proses disiplin untuk secara terus-menerus memeriksa penawaran produk atau layanan kamu saat ini, untuk memastikan bahwa semuanya berada di atas standar industri. Produk kamu mungkin menjadi bintang di pasar saat ini, tetapi mungkin tidak butuh waktu lama bagi pesaing untuk membuat produk yang sedikit lebih baik, metode pengiriman baru atau pengalaman pelanggan baru.

Pertahankan operasi kamu sefleksibel mungkin untuk dengan cepat mengambil keuntungan dari tren industri baru. Jadikan penelitian dan pengembangan sebagai prioritas yang konsisten untuk memastikan bahwa kamu adalah yang pertama memasarkan inovasi baru.

Dan cobalah untuk mengevaluasi secara bertahap dan menaikkan standar secara terus-menerus. Penciptaan nilai secara berkelanjutan inilah yang dapat membuat bisnis kamu dipandang sebagai standar baru yang dihormati oleh pesaing lainnya.

Pelayanan Pelanggan

Layanan pelanggan yang efektif adalah faktor penentu terbesar loyalitas pelanggan dan pembelian berulang. Salah satu faktor tunggal ini sering dapat memberikan keunggulan bagi usaha kecil dibandingkan pesaing mereka yang lebih besar.

Fokuskan upaya penjualan dan layanan kamu untuk memberikan pengalaman pelanggan yang paling memuaskan di industri kamu, dan kamu akan melihat peningkatan dramatis dalam referensi dari mulut ke mulut dan penjualan berulang.

Bisnis yang baik memberikan pelayanan pelanggan yang baik juga, jika konsumen setiamu membutuhkan informasi dan dukungan yang jelas, dan pelayanan pelangganmu memberikan informasi yang jelas juga, maka perusahaan atau bisnismu akan mendapatkan citra yang baik bagi konsumen.

Tak terkecuali, mereka yang mendapatkan pengalaman ini akan memberitahukan ke teman-teman yang lainnya dan mereka bisa jadi menjadi calon konsumen untuk bisnismu dalam waktu depan.

Tidak heran, berkompetisi dalam bisnis juga seringkali dikaitkan dengan berkompetisi memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Manajemen Keuangan

Mengelola keuangan kamu dengan bijak dapat membantu kamu mencapai kesuksesan bisnis jangka panjang. Perusahaan kecil kamu mungkin tidak memiliki cadangan kredit yang besar, sehingga meluangkan waktu untuk membangun reputasi kredit melalui pembelian yang hemat dan pembayaran utang yang disiplin adalah penting untuk pertumbuhan operasi kamu.

Perhatikan rasio utang terhadap aset kamu dan rasio waktu-bunga yang diperoleh, dan bandingkan dengan pemain lain di industri kamu. Rasio ini akan memberi kamu gambaran tentang seberapa besar kesuksesan kamu bergantung pada meminjam uang dari bank dan pemberi pinjaman lainnya. Bisnis kecil dapat memperoleh keuntungan dengan jauh lebih sedikit bergantung pada utang yang diambil daripada pesaing mereka yang lebih besar.

Namun, jika kamu pintar dalam manajemen keuanganmu, dan bisnismu tetap stabil dan mendapatkan untung, maka kamu tidak perlu khawatir dengan hal lainnya. Pastikan bisnis kamu tidak merugi setiap saat, jika iya, berarti ada yang salah dengan manajemen keuanganmu. Dan kamu perlu konsultasi dengan seorang profesional.

Pemasaran

Komponen ini dapat menjadi titik lemah dalam banyak bisnis kecil karena biaya semata-mata dari outlet media tradisional dapat menakutkan bagi perusahaan dengan anggaran kecil. Outlet media tradisional seperti TV, koran, billboard, majalah, dsb. Akan memakan banyak anggaran dalam sekali tampilan atau jangka waktu tertentu.

Namun demikian, kehadiran pemasaran yang mantap sangat penting untuk keberhasilan kompetitif dalam bisnis. Jika kamu tidak memiliki dana untuk mengimplementasikan kampanye televisi, majalah, atau radio skala penuh, menjadi kreatif dan rentangkan pemasaran kamu sejauh mungkin.

Outlet media sosial, seperti Instagram, Facebook dan Twitter, telah menjadi sarana komunikasi yang populer dengan pelanggan tanpa biaya. Pertimbangkan mensponsori acara lokal di pasar target kamu atau mempertahankan kehadiran di pameran dagang setempat.

Jika memungkinkan, buatlah sebuah kampanye media sosial yang dapat menarik perhatian penggunanya untuk melirik ke bisnis kamu. Ini bisa jadi cara yang efektif untuk mendatangkan banyak calon pelanggan yang mungkin saja sesuai dengan bisnis kamu.

Jika kamu memiliki anggaran kecil, tempatkan iklan di koran lokal dan majalah kecil. Posting selebaran promosi di sekitar kota, dan tawarkan promosi. Tuan rumah acara amal, dan cocokkan semua sponsor acara dengan rilis berita seluruh kota. Kemungkinan untuk peluang pemasaran bootstrap sebenarnya tidak terbatas.

Itu dia adalah lima komponen sukses dalam berkompetitif di bisnis. Komponen-komponen tersebut adalah komponen kunci yang harus kamu perhatikan jika kamu saat ini sedang menjalankan sebuah bisnis. Tetap fokus pada bisnis kamu dan awasi komponen di atas untuk bisa sukses dalam berbisnis. 

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait