Cara Menjadi Pengusaha Sukses yang Wajib Dilakukan

cara menjadi pengusaha sukses
cara menjadi pengusaha sukses

Bagaimana cara menjadi pengusaha sukses? Pastinya jawaban ini selalu menjadi yang ditunggu-tunggu. Oleh karenanya, redaksi Ajaib akan memberikan delapan cara menjadi pengusaha sukses berikut ini.

Banyak orang yang lebih memilih untuk menjadi pengusaha. Jam kerja yang fleksibel, tidak memiliki atasan, dan punya kontrol penuh atas bisnisnya menjadi beberapa alasan mengapa orang lebih memilih menjadi pengusaha.

Berlaku untuk Generasi Milenial

Tidak terkecuali dengan kaum milenial. Tingkat kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan di era sekarang ini pun menambah alasan mengapa cukup banyak kaum milenial yang akhirnya memilih menjadi pengusaha.

Namun, apakah benar menjadi pengusaha adalah solusi paling efektif untuk bisa bekerja dengan mandiri? Apakah kesempatan tersebut terbuka untuk semua orang?

Selain faktor modal dan mekanisme pasar yang mendukung, integritas pribadi juga merupakan salah satu hal yang paling berpengaruh dalam kesuksesan seorang pengusaha. Pribadi yang optimis dan mampu untuk konsisten dalam aktivitasnya adalah hal yang wajib dimiliki oleh seseorang yang ingin menjadi pengusaha yang sukses.

Dengan memiliki pola pengusaha sukses, lambat laun kamu akan bisa menempatkan diri menjadi pengusaha sukses tersebut. Lalu, apakah itu saja yang diperlukan untuk menjadi pengusaha yang sukses?

Tentu tidak. Setidaknya ada 8 cara untuk menjadi pengusaha sukses yang bisa kamu coba latih dan terapkan setiap harinya sampai hingga akhirnya bisa menjadi sebuah kebiasaan. Berikut cara-caranya:

Cara Menjadi Pengusaha Sukses

Banyak Belajar dari Orang Lain

Jangan pernah takut untuk bertanya dan mendengar pengalaman orang lain. Ada pepatah yang mengatakan “pengalaman yang buruk adalah guru terbaik”. Namun, tahukah kamu bahwa tidak semua pengalaman buruk harus kamu coba terlebih dahulu sehingga kamu bisa belajar? Kamu bisa mulai mendengar jatuh bangunnya orang lain dan mengambil pembelajaran dari sana.

Hal ini termasuk untuk pengusaha sukses. Kebanyakan pengusaha sukses yang gagal berkali-kali terlebih dahulu baru akhirnya sukses. Proses pembelajaran ini bisa kamu dapati melalui interaksi dengan pengusaha sukses yang berkenan untuk membagikan ceritanya. Belajarlah dari sana dan jemput kesuksesanmu.

Kerja Keras dan Tekun

Memang terdengar klise dan standar tetapi tahukah kamu bahwa kedua hal ini adalah kunci utama atas kesuksesan banyak orang. Selain menjadi kunci utama, kedua hal ini juga sangat sulit dilakukan. Maka itu, orang yang benar-benar mampu melakukannya pasti akan meraih imbalannya, yaitu menjadi sukses.

Berani Menghadapi Tantangan

Pengusaha yang sukses harus siap menghadapi tantangan, baik dari lingkungan maupun tantangan dalam dirinya sendiri. Mendirikan sebuah bisnis atau usaha tidaklah mudah, pasti akan ada segala rintangan yang terjadi.

Begitu juga dengan diri sendiri, banyak hal yang bisa saja mendistraksi kamu dari jalan menuju kesuksesan. Maka itu, kamu harus pintar untuk bisa menantang diri kamu dan mengalahkan distraksi tersebut.

Berani Mengambil Risiko

Seseorang tidak akan sukses jika hanya berdiam diri tanpa usaha untuk menjemput kesuksesannya. Di sinilah keberanian untuk mengambil resiko sangat dibutuhkan. Untuk menjemput kesuksesan itu sendiri akan banyak tantangan dan rintangan yang harus dihadapi. Hal inilah yang disebut dengan resiko.

Kegagalan dalam menghadapi tantangan dan rintangan tersebut juga bisa menjadi salah satu resikonya. Maka itu, resiko tidak hanya datang satu kali tetapi juga bisa berkali-kali. Kalau kamu sudah takut terlebih dahulu sebelum mencoba maka inilah yang disebut dengan tidak berani dalam mengambil resiko. Tantang diri kamu untuk berani dan siap menghadapi segala tantangan menuju kesuksesan.

Percaya Diri

Pengusaha yang sukses dapat dilihat dari perilakunya, termasuk caranya bersalaman atau memperkenalkan diri. Kepercayaan diri adalah salah satu kunci utamanya. Jika dilatih terus menerus dan akhirnya menjadi kebiasaan, hal ini juga akan meningkatkan intuisi kamu dalam mengambil keputusan.

Ketakutan dalam mengambil keputusan dan menghadapi tantangan serta resiko adalah salah satu penghambat menuju kesuksesan. Keputusan yang diambil dengan segala perhitungan yang telah dilakukan dan kepercayaan diri akan menghasilkan hal yang baik. Percaya diri akan menghilangkan keraguan dan ketidakpastian dalam pengambilan langkah selanjutnya, termasuk dalam membangun bisnis hingga sukses.

Memahami keuangan

Memikirkan dan membangun bisnis tidak terlepas dari masalah keuangan. Segala rencana yang telah dimatangkan tidak dapat terwujud apabila tidak ada modalnya.

Maka itu, kamu bisa mulai belajar untuk memahami keuangan, mulai dari merencanakan hingga mengatur arus kas. Hal ini akan sangat berguna sebagai panduan dalam mengeluarkan modal serta dalam menentukan target bisnis.

Tidak Bosan untuk Belajar

Selain mendengar cerita orang lain atau pengusaha sukses yang lebih senior, kamu juga harus terus menambah ilmu pengetahuan setiap harinya. Kamu bisa gunakan waktu luangmu untuk mencari informasi terbaru atau membaca buku panduan dalam berbisnis.

Carilah ilmu sebanyak-banyaknya karena dunia bisnis tidak hanya stagnan di satu titik tetapi sangat dinamis dan perkembangannya sangat cepat sehingga sangat mudah untuk terus berubah.

Lakukan Karena Minat

Salah satu cara untuk menentukan produk bisnismu adalah dengan memilih bisnis yang sesuai dengan minat kamu. Bisnis yang sesuai dengan minat atau passionmu tentu akan lebih membuat kamu termotivasi untuk menjalankannya daripada bisnis yang hanya mengikuti tren. Bisnis pun akan terasa lebih ringan dan kamu akan senang untuk menjalaninya.

Setelah mengetahui cara-cara ampuh untuk menjadi seorang pengusaha sukses, kini saatnya kamu mulai untuk mencoba mempraktekkannya. Hal-hal ini bisa dilakukan mulai dari skala kecil terlebih dahulu.

Jika sudah menjadi kebiasaan dan kamu bisa melakukan lebih maksimal lagi, itu artinya kamu sudah siap untuk menjadi pengusaha yang sukses, Bagaimana, tertantang untuk mencobanya? Terapkan cara-cara tersebut dan jadilah pengusaha yang sukses. Selamat mencoba!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait