10 Kiat Pemasaran Online untuk Toko Ritel Agar Ramai Pembeli

kiat pemasaran online
kiat pemasaran online

Membutuhkan kiat pemasaran online untuk bisnis ritel? Kamu datang ke artikel yang tepat. Berikut kiat pemasaran online ala Ajaib untuk bisnis ritel yang bisa kamu lakukan agar bisa lebih ramai pembeli.

Saat kamu berkeinginan untuk membuka toko ritel, kemungkinan kamu berencana untuk melakukan grand opening besar-besaran dengan pemotongan pita peresmian. Namun, pemasaran dan periklanan untuk menyampaikan berita tentang bisnis baru kamu mungkin merupakan salah satu perhatian utama yang harus kamu perhatikan terlebih dahulu. Pemasaran online sama pentingnya dengan toko ritel.

Jangan hanya duduk di sana dan menonton situs web kamu berdiam diri dan pasrah dengan apa yang akan terjadi ke depannya. Apakah kamu menjual produk secara online atau memiliki situs web satu halaman, ada banyak cara untuk menghasilkan lebih banyak lalu lintas di dalam toko dari keberadaan online kamu. Tingkatkan kehadiran online bisnis kamu dengan kiat pemasaran online ini untuk toko ritel kamu.

Kirim Press Release

Salah satu cara tercepat untuk menyebarkan berita tentang toko kamu, dan produk atau layanan, adalah dengan mengirimkan press release ke semua media lokal di kotamu. Semua outlet media berkembang dengan pesat pada siaran pers setiap hari. Melimpahnya layanan distribusi berita online kini memudahkan toko ritel untuk mengumumkan lini produk baru, acara khusus, dan berita toko lainnya.

Feed Produk Menarik

Riteler yang menjual produk secara online harus menggunakan feed produk yang menarik untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Feed produk adalah sebuah tampilan yang dihasilkan dari situs web yang mencantumkan detail produk seperti foto, deskripsi, harga, dan bahkan spesial. Feed produk ini dapat dikirimkan ke situs web perbandingan belanja, mesin pencari, dan juga tersedia untuk pelanggan menggunakan pembaca feed.

Bagikan Pengetahuan Kamu

Ada banyak cara riteler dapat muncul sebagai ahli atau suara otoritas dalam industri tertentu. Salah satu caranya adalah menyelenggarakan kelas, seminar, atau lokakarya di dalam toko. Cara lain adalah dengan mendaftar untuk mengajar kursus pendidikan berkelanjutan terkait di perguruan tinggi setempat.

Pengecer internet telah mengetahui selama bertahun-tahun bahwa salah satu cara populer untuk berbagi pengetahuan dan mendapatkan eksposur tambahan adalah dengan menulis konten untuk distribusi gratis. Pemasaran artikel, seperti diketahui, dapat meningkatkan kesadaran akan kehadiran riteler, online dan tidak aktif.

Buat Newsletter

Newsletter dan pemasaran email adalah kunci untuk tetap berhubungan dengan pelanggan yang telah kamu kelola di toko kamu atau di situs web kamu. Dibutuhkan banyak pekerjaan untuk mendapatkan pelanggan. Mengapa membiarkan mereka pergi tanpa menawarkan cara untuk tetap berhubungan? Gunakan Newsletter untuk tetap berhubungan dengan mereka.

Kirimkan Alamat Situs Kamu Lebih Luas

Banyak pemilik situs web baru mengirimkan situs mereka ke mesin pencari utama dan kemudian duduk dan menunggu pelanggan datang. Meskipun ini merupakan langkah penting untuk pemasaran online, pemilik situs web sering mengabaikan semua direktori lain yang tersedia.

Cari direktori tautan khusus dan situs berbagi untuk mengirimkan informasi bisnis dan situs web kamu. Direktori ini tidak hanya akan membantu meningkatkan popularitas tautan kamu, tetapi juga dapat mengarahkan lalu lintas yang sangat bertarget ke toko ritel kamu.

Daftarkan Ritel Ke Peta

Google, Yahoo, Superpages dan direktori serta mesin pencari lainnya menciptakan alat bagi pembeli lokal untuk menemukan bisnis kamu, menyediakan peta lokasi, jam operasi, dan bahkan kupon. Banyak dari daftar ini gratis dengan opsi peningkatan layanan dengan tambahan biaya.

Buat Iklan Sendiri

Jika toko kamu telah membayar untuk iklan tampilan cetak di surat kabar lokal, kamu mungkin tahu betapa tidak efektifnya pemasaran tanpa promosi dari mulut ke mulut atau kampanye iklan visual. Pemasaran radio dan televisi mungkin terlalu mahal untuk anggaran toko kamu, tetapi ada opsi lain.

Pemasaran video online memungkinkan riteler untuk memperluas jangkauan pesan mereka ke audiens yang lebih besar dengan sedikit investasi. Tidak seperti pemasaran tradisional, membuat iklan atau video online unik untuk menyampaikan pesan atau merek toko kamu dapat memiliki ROI (Return of Investment) yang sangat tinggi.

Bergabung dengan Jejaring Sosial

Situs jejaring sosial seperti Facebook, MySpace dan LinkedIn mungkin atau tidak mungkin membantu kamu menjual produk kamu, tetapi jika di sana pelanggan kamu nongkrong, mungkin kamu juga harus melakukannya. Blog di situs ini dapat membantu riteler tetap berhubungan dengan pembeli, membuat pengumuman atau menampilkan barang dagangan dan promosi baru.

Tawarkan Program Afiliasi

Salah satu metode pemasaran internet yang sangat populer dan efektif untuk riteler adalah program afiliasi. Ini adalah proses di mana riteler membayar satu atau lebih afiliasi untuk setiap penjualan atau pelanggan yang diperoleh sebagai hasil langsung dari upaya pemasaran afiliasi. Riteler biasanya menyediakan spanduk, tombol, atau katalog produk untuk penggunaan afiliasi.

Banyak pengecer mengelola program afiliasi mereka sendiri sementara yang lain memilih untuk menggunakan pihak ketiga untuk melacak penjualan, pesanan, dan pembayaran ke afiliasi. Jumlah komisi atau bonus yang dibayarkan ditentukan oleh pengecer dan diuraikan perjanjian afiliasi.

Berikan Sesuatu

Pembeli suka mendapatkan sesuatu tanpa biaya atau gratis! Seharusnya seorang riteler tahu ini dan telah menggunakan hadiah gratis dan sebagai alat pemasaran selama beberapa saat. Pena dengan nama bisnis di meja kasir dan tas belanja dengan logo toko sangat umum di toko ritel sehingga kita bahkan mungkin tidak melihatnya sebagai barang pemasaran. Sayangnya, barang-barang ini bisa menjadi sangat mahal.

Tidak semua hadiah harus mahal. Keuntungan besar dari pemasaran online adalah kesempatan untuk dengan mudah dan cepat menawarkan kontes, kode kupon, sampel produk dan bahkan konten yang berharga sebagai hadiah promosi.

Bacaan menarik lainnya:

Kotler Philip, dan Gary Amstrong. (2012). Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition. Pearson Education


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait