10 Blog Pemasaran yang Harus Dibaca Pegiat Marketing

blog pemasaran
blog pemasaran

Butuh referensi blog pemasaran yang baik? Berikut redaksi Ajaib paparkan 10 blog pemasaran yang baik dibaca, terutama untuk kamu yang berprofesi Credit Marketing Officer (CMO).

Pemasaran online bukanlah permainan pasif; itu menuntut partisipasi aktif. Tren baru muncul dengan cepat, dan informasi baru menyebar seperti api. kamu tahu pesaing kamu akan cepat dalam mengambil, jadi jika kamu ingin tetap di depan mereka, kamu perlu daftar sumber berita dan blog yang efektif untuk berkonsultasi.

Idealnya, kamu akan memiliki beberapa penyedia berita “umum”, yang mencakup perkembangan paling penting di sejumlah ceruk yang berbeda. Tetapi pastikan untuk menambahkan beberapa penyedia niche yang lebih detail tentang jenis strategi tertentu.   

Jika kamu sedang mencari daftar yang baik untuk memulai, berikut adalah jajaran 10 blog pemasaran yang harus dibaca oleh setiap CMO:

Marketing Land dan Search Engnie Land

Marketing Land adalah blog pemasaran sebagai sumber terpercaya berita terbaru dalam pemasaran online. Meliputi berbagai topik, dari SEO dan pemasaran konten hingga platform periklanan terbaru, Marketing Land bekerja dengan sejumlah kontributor tamu yang berbeda dan ahli materi pelajaran untuk menyediakan artikel ringkas tentang yang terbaru di dunia pemasaran. Search Engine Land, publikasi dari perusahaan yang sama, membahas masalah SEO, pemasaran konten, dan pencarian berbayar secara spesifik .      

Blog Google “Inside AdWords”

Jika strategi kamu melibatkan asosiasi apa pun dengan Google, ada baiknya berlangganan blog Inside AdWords . Sebagai permulaan, ini adalah di mana sebagian besar pembaruan dan perkembangan baru terkait dengan iklan PPC Google yang baru dirilis. Tetapi bahkan jika kamu tidak menggunakan iklan berbayar, ini adalah sumber informasi yang berharga. Misalnya, banyak alat AdWords dapat digunakan untuk kampanye SEO organik juga, dan Google sering menerbitkan poin berita dan data utama di sini, yang dapat kamu gunakan di hampir semua jenis kampanye pemasaran. 

Moz Blog

Jika kamu tertarik dengan SEO, Moz Blog mungkin merupakan sumber informasi terbaik di internet. Moz memiliki beberapa kontributor reguler, termasuk CEO Rand Fishkin, yang membuat “Friday Whiteboard” atau “papan tulis Jumat” untuk menjelaskan topik SEO yang kompleks dalam istilah sederhana. Moz juga meliput berita, serta strategi dan studi kasus, tetapi nilai sebenarnya ada di kedalaman artikel yang ditawarkan. Kamu akan menemukan penelitian asli, bahan visual, dan diskusi yang lumrah di sini.

Social Media Today

Social Media Today mungkin sumber informasi daring terbaik yang terkait dengan berita media sosial. Memperbarui secara konstan, situs web ini menawarkan pembaruan terbaik dan terbaru tentang dunia media sosial, dari laporan baru tentang perilaku pengguna sosial, hingga algoritma umpan berita baru pada platform favorit kamu. Jika kamu mencari peluang strategis baru untuk kampanye sosial kamu, ini adalah tempat yang baik untuk memulai brainstorming

Social Media Exmainer

Dimana Social Media Today adalah tentang berita dan informasi terbaru tentang media sosial, Social Media Exmainer lebih tentang sisi pemasaran praktis media sosial. Ini juga mencakup berita, tetapi tidak secepat kilat, karena penulisnya lebih suka menggali lebih dalam tentang bagaimana item baru dan pembaruan dapat digunakan untuk strategi pemasaran. Ini adalah suatu keharusan-baca jika kamu ingin menyimpan strategi sosial kamu secara up to date.      

eMarketer

eMarketer adalah sumber berita pemasaran yang lebih umum di bidang Marketing Landtetapi lebih condong ke konten berbasis data, seperti studi kasus atau riset pasar. Jika kamu mencari lebih banyak informasi demografis, seperti penggunaan ponsel di pasar target kamu, ini adalah tempat yang bagus untuk berkonsultasi.   

Copyblogger

Seperti namanya, Copyblogger adalah sumber berita khusus yang berfokus pada perencanaan strategis dan eksekusi strategi blogging. Menjalankan keseluruhan pemasaran konten, Copyblogger sesekali menggali topik seperti distribusi konten dan strategi periferal seperti SEO, tetapi sebagian besar artikelnya berfokus pada pembuatan blog dan mempromosikannya. Ini adalah tempat yang bagus untuk membaca tren terbaru dalam blogging, dan ada banyak suara untuk dipilih.   

Content Marketing Institute

Meskipun pasti ada tumpang tindih antara pemasaran konten dan SEO (seperti dua sisi dari koin yang sama), namun Content Marketing Institute bagaikan otoritas tertinggi dalam pemasaran konten dengan cara Moz (sebagai otoritas tertinggi pada SEO). Di sini, kamu akan menemukan strategi yang bermanfaat, informasi tentang tren, pembaruan berita dari merek-merek besar dan bahkan studi kasus berskala luas tentang bagaimana pemasaran konten berkembang. Tidak mengherankan, Content Marketing Institute menganggap serius konten yang mereka terbitkan, dan sulit untuk menelusuri situs tanpa mendapatkan setidaknya satu kunci utama.   

Quick Sprout

Quick Sprout tidak menghasilkan berita yang cepat secara berkala, atau memperbarui cara beberapa konten yang pernah dibahas, jadi itu bukan sumber untuk berkonsultasi jika kamu hanya mencari informasi terbaru tentang jadwal. Alih-alih, blognya sangat rinci, menawarkan posting seukuran ebook yang akan membawa kamu langkah demi langkah melalui beberapa taktik dan strategi pemasaran yang cukup rumit. Ini adalah sumber pembelajaran yang sangat baik, untuk pemasar baru dan lama, pada topik apa pun yang berkaitan dengan pemasaran online. 

Hubspot

Hubspot blog adalah sumber daya fantastis lain yang mencakup berbagai topik yang berkaitan dengan pemasaran online. Kamu akan menemukan perpaduan yang bagus dari berbagai topik di sini, mulai dari laporan penelitian mendalam hingga rekap berita terbaru di berbagai bidang pemasaran online.

Intinya adalah untuk tetap terhubung ke area yang paling penting untuk pengembangan online merek kamu, dan membacanya secara teratur. Blog apa yang akan kamu tambahkan ke daftar ini untuk bahan refrensimu? 

Selain blog-blog di atas, kamu juga dapat menambahkan Ajaib sebagai bahan referensimu dalam masalah keuangan dan pemasaran lainnya, loh!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait