7 Kesalahan Bahasa Tubuh yang Umum dalam Dunia Bisnis

bahasa tubuh
bahasa tubuh

Dalam komunikasi bisnis, itu tidak selalu tentang hal-hal yang kamu katakan dan bagaimana kamu mengatakannya, tetapi juga tentang apa yang disampaikan bahasa tubuh kamu, kadang-kadang secara tidak sengaja. Seiring kesuksesan karir kamu sebagai wirausahawan dan pertumbuhan organisasi kamu bergantung pada komunikasi yang baik, menyadari bahasa tubuh kamu setiap saat dan bahkan “menguasai” bahasa ini dapat membuat perbedaan selama pertemuan besar berikutnya dengan calon investor atau pasangan.

Untuk membantu, ketujuh pengusaha ini berbagi beberapa kesalahan bahasa tubuh yang paling umum untuk dihindari dan mengapa membuang kebiasaan buruk ini sangat penting untuk karier bisnis yang berkembang.

Postur dan Kiprah Buruk

“Sebagai terapis pijat berlisensi, saya dapat memberi tahu kamu bahwa postur dan gaya berjalan dapat mengatakan banyak hal tentang ruang kepala kamu,” jelas CEO PRESS Modern Massage Rachel Beider.

Menurut Beider, ketika orang gugup, mereka cenderung bergerak bolak-balik dari satu kaki ke kaki lain, seolah-olah mereka bergoyang-goyang, dan itu tidak mungkin membuat kesan yang baik pada lawan bicara kamu. “Lindungi dirimu dengan meremas paha belakang dan memperlebar sikapmu. Kamu akan terlihat lebih percaya diri,” sarannya.

Tangan di Kantung

Selain itu, banyak orang tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan tangan mereka selama percakapan dan berakhir gelisah, menyilangkan tangan mereka atau bahkan mendorong tangan mereka di saku mereka. Menurut pendiri SeedProd LLC, John Turner, menjaga tangan kamu dalam saku selama percakapan penting dapat membuat lawan bicara kamu berpikir kamu gugup atau sadar diri, yang bukan gambar yang ingin kamu perlihatkan kepada investor potensial.

“Jika kamu tidak yakin apa yang harus dilakukan dengan tangan kamu, lihat orang lain. Jika mereka memiliki tangan di atas meja, lakukan hal yang sama. Bahasa tubuh yang sebenarnya adalah cara halus untuk membangun ikatan,” saran Turner.

Menyentuh Wajah

Satu hal yang harus dihindari seorang wirausahawan dengan tangan mereka selama percakapan penting adalah menyentuh wajah mereka.

Biasanya, ketika orang menyentuh wajah mereka selama percakapan, itu adalah indikator yang baik bahwa mereka tidak jujur. Jika kamu ingin meninggalkan kesan pertama yang abadi dengan seorang VIP, jaga tangan kamu dalam posisi alami dan hindari menggaruk, menyentuh, atau memetik wajah kamu.

Mengangkat Bahu Kamu

Demikian pula, pengusaha harus menahan diri dari mengangkat bahu mereka karena itu biasanya menunjukkan kurangnya pengetahuan, pikir Serenity Gibbons, pimpinan unit lokal untuk NAACP di California Utara.

“Mengangkat bahu mengatakan kamu tidak tahu sesuatu, dan tidak ada investor yang berinvestasi pada seseorang yang tampaknya tidak yakin pada diri mereka sendiri atau apa yang mereka lakukan. Sebaliknya, bersiaplah dan percaya diri tentang apa yang kamu katakan dan fokuslah pada kontak mata dan tersenyum,” Gibbons merekomendasikan.

Menghindari atau Memperpanjang Kontak Mata

Jumlah kontak mata yang tepat juga merupakan elemen penting dari komunikasi non-verbal, tambah CEO Alfametic, Matthew Capala, menjelaskan berapa banyak pengusaha yang menghindarinya sepenuhnya atau memperpanjangnya secara tidak perlu.

“Kontak mata pada saat-saat penting interaksi menimbulkan kepercayaan dan koneksi,” jelas Capala. “Awalnya mungkin terasa konyol, tetapi cobalah untuk menyadari bagaimana kamu melakukan kontak mata dalam interaksi sehari-hari kamu dengan orang asing dan catat hasilnya. Jika interaksi itu berhasil, praktikkan polanya.”

Manspreading

Manspreading adalah kebiasaan wirausaha buruk lainnya yang harus dihindari dengan cara apa pun, menurut Beck Bamberger, pendiri BAM Communications.

“Mengambil terlalu banyak ruang dengan menyebarkan diri kamu di kursi, sofa atau kursi menyampaikan tingkat kepentingan dan dominasi diri yang menjengkelkan. Jangan lakukan itu. Kendalikan diri kamu,” tambah Bamberger.

Memeriksa Telepon

“Jika kamu berada dalam pertemuan penting dengan investor, simpan telepon kamu. Simpan di mobil, diam, matikan, apa pun yang harus kamu lakukan,” co-founder LFNT Distribution, Colbey Pfund merekomendasikan.

Memeriksa pesan kamu selama percakapan tidak hanya tidak sopan tetapi juga menunjukkan bahwa kamu tidak benar-benar tertarik dengan apa yang dikatakan orang lain. “Jika kamu mengeluarkan ponsel di tengah-tengah rapat, bagi saya yang mengatakan kamu pikir kamu memiliki tempat yang lebih baik. Singkirkan dan tetap hadir dalam rapat yang ada. kamu berutang kepada mereka yang setuju untuk berbagi waktu dengan kamu, “Pfund menyimpulkan.

Itulah bahasa tubuh yang harus kamu hindari dalam dunia bisnis ala redaksi Ajaib. Jujur, kesalahan gestur mana yang biasa kamu lakukan?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait