16 Tips untuk Menemukan Pelatih Bisnis yang Tepat

pelatih bisnis
pelatih bisnis

Kamu mungkin bertanya-tanya: apakah kamu harus menyewa seorang pelatih untuk bisnis kecil kamu atau tidak. Kita tahu bahwa orang-orang sukses memiliki pelatih, pembimbing, dan penolong. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara menemukan pelatih bisnis yang cocok untuk kamu?

Untuk menjawab pertanyaan itu, kamu harus terlebih dahulu menetapkan kebutuhan kamu, dan kedua, tanyakan pada diri kamu apakah kamu siap. Pelatih bisnis yang baik akan membantu kamu untuk melampaui batas-batas yang kamu jalani saat ini dan akan mengenali alasan kamu, bahkan jika sekalipun kamu tidak sadar membuatnya.

Pelatihan datang dalam berbagai bentuk dan ukuran: pelatihan kelompok, program hibrida yang merupakan perpaduan dari pelajaran yang direkam dan panggilan langsung, program yang direkam sebelumnya, dan pelatihan eye-to-eye (pelatih tatap wajah). Perlu diingat bahwa hanya eye-to-eye yang menawarkan pendekatan yang sangat personal, tetapi ada manfaat untuk semua model ini.

Berikut adalah tips untuk diikuti selama kamu mencari pelatih bisnis yang cocok untuk kamu ala redaksi Ajaib:

  • Sebelum mencari secara online, hubungi seorang pengusaha di jaringan kamu untuk meminta referensi dari seseorang yang memiliki atau mengenal pelatih yang hebat. Ingatlah bahwa kamu mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda dari teman sebaya kamu, jadi kamu masih perlu berbicara dengan pelatih untuk memastikan ada sinergi.
  • Mintalah referensi dari pemilik bisnis di grup wirausahawan kamu di LinkedIn atau Facebook, serta grup jejaring kamu.
  • Kamu dapat melakukan pencarian umum online, termasuk istilah pencarian seperti, pelatih bisnis, pelatih pengusaha, dan pelatih sukses. Kamu juga dapat mencari pada jenis pelatihan yang kamu yakin kamu butuhkan, seperti program yang tercantum di atas.
  • Hindari bekerja dengan pelatih yang tidak akan berbicara kepada kamu secara pribadi sebelum melakukan sesuatu. Tidak ada cara lain untuk menentukan kompatibilitas kamu. Sebagian besar pelatih akan menawarkan konsultasi gratis. Jika kamu masih ragu, tanyakan apakah kamu dapat mencoba satu sesi sebelum membuat keputusan.
  • Calon pelatih kamu harus menjadi pendengar yang luar biasa, sehingga harus ada banyak keheningan di ujung mereka. Namun, kamu menginginkan pelatih yang mau menunjukkan apakah kamu cocok atau tidak dengan keahlian dan pengalaman mereka. Pelatih yang baik tidak akan menerima klien jika mereka tidak cocok dengan profil klien ideal mereka. Untuk mengetahui hal ini, pelatih perlu bertanya kepada kamu dan berusaha untuk mengenal kamu. Mereka juga harus mendiskusikan alat pelatihan mereka, gaya, dan menjelaskan klien ideal mereka kepada kamu.
  • Keluarlah dari kepala kamu selama bagian dari diskusi pra-pelatihan kamu dan perhatikan bagaimana perasaan kamu saat berbicara dengan calon pelatih kamu. Apakah kamu akan merasa cukup nyaman untuk mendiskusikan kerentanan kamu dengan orang ini? Hubungan pelatih / klien yang hebat dibangun di atas kepercayaan.
  • Tanyakan tentang pengalaman pelatih, apakah mereka melatih penuh waktu, dan untuk berapa lama. Banyak pelatih harus mempertahankan pekerjaan di samping untuk memenuhi kebutuhan. Ini tidak membuat mereka menjadi pelatih yang buruk, tetapi membatasi pengalaman mereka.
  • Mintalah kisah sukses, serta kisah tentang klien yang tidak berkembang sebaik harapan kedua belah pihak. Ini akan memberi kamu ide yang lebih baik tentang klien ideal pelatih dan apakah kamu termasuk dalam deskripsi itu atau tidak.
  • Tentukan gaya pelatih dengan bertanya tentang alat dan sumber daya yang mereka gunakan. Beberapa pelatih mengikuti program, yang mencakup topik tertentu setiap minggu atau bulan. Dan, beberapa pelatih memiliki gaya yang kurang terstruktur, mengambil sesi di mana klien harus pergi saat itu.
  • Tanyakan tentang panduan pelatih tentang komunikasi antar sesi. Beberapa akan memanfaatkan diri kamu melalui teks, email, dan panggilan telepon singkat. Yang lain menyusun penawaran mereka dalam urutan tertentu dan mengikuti jadwal.
  • Tetap berpikiran terbuka tentang investasi keuangan. Kamu tidak membeli waktu pelatih; kamu membayar pengetahuan, kebijaksanaan, pengalaman, dan rekam jejak mereka. Pertimbangkan berapa biaya yang harus kamu keluarkan jika kamu tetap berada di jalur kamu saat ini versus uang seperti apa yang mampu kamu hasilkan. Tergantung pada tujuan kamu, investasi pelatihan harus terbayar pada banyak tingkatan, termasuk peningkatan pendapatan, pertumbuhan pribadi, lebih sedikit stres , dan lebih banyak kebebasan.
  • Bersiaplah untuk jangka panjang. Perubahan tidak terjadi dalam semalam. Kecuali jika kamu adalah wirausahawan langka yang hanya memiliki satu atau dua topik untuk dilatih, rencanakan setidaknya satu tahun hubungan lama dengan pelatih kamu. Setelah kamu mencapai tujuan awal kamu, bijaksana untuk terus melatih. Manfaatnya tidak hilang; mereka hanya berubah bentuk.
  • Tidak ada jaminan. Bahkan pelatih paling berbakat tidak dapat bertanggung jawab atas kesuksesan kamu. Sebelum membuat komitmen, tanyakan pada diri kamu apakah kamu siap untuk berubah. Prosesnya mungkin termasuk beberapa pukulan pada ego kamu, melepaskan kontrol, dan belajar untuk melihat berbagai hal dengan cara yang sama sekali berbeda. Pelatih kamu akan menantang kamu dan mendorong kamu keluar dari zona nyaman kamu – apakah kamu siap untuk itu?
  • Bicaralah dengan referensi. Tanyakan kepada mereka di mana mereka mulai dan apa yang telah berubah sejak mereka terlibat dalam pembinaan. Tanyakan apakah mereka akan melakukannya lagi.
  • Jangan batasi pencarian kamu di area lokal kamu. Banyak pelatih berasal dari seluruh dunia, karena pembinaan secara pribadi biasanya tidak seefisien atau menguntungkan. Pelatih kamu cenderung menawarkan sesi video dan / atau telepon, baik sesi lokal maupun tidak.
  • Ingatlah bahwa pelatih kamu tidak harus menjadi ahli dalam bidang bisnis kamu. Sementara seorang pelatih yang memiliki arahan dan berpengalaman akan memberikan saran dan membimbing kamu dalam membangun model bisnis yang hebat, mereka bukanlah konsultan penuh. Pelatih kamu akan bertukar pikiran dengan kamu, membantu kamu memperluas pemikiran, menunjukkan potensi jebakan sebuah ide, dan mendorong kamu untuk mengambil jumlah risiko yang tepat.

Pada akhirnya, jika seorang wirausahawan tidak penuh perhatian, sehat, dan bahagia, bisnis tidak akan tumbuh menuju potensi penuhnya. Bagian paling penting dalam persamaan ini adalah kamu. Ada baiknya mengeksplorasi potensi di balik keterlibatan dengan seorang pelatih yang akan mendukung dan menginspirasi kamu untuk mencapai impian kamu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait