Gestur Tubuh dapat Memengaruhi Keberhasilan Bisnis Kamu

gestur tubuh
gestur tubuh

Mengenai gestur tubuh, tidak ada yang berbeda dari Dunia bisnis. Faktanya, lingkungan ini adalah arena bahasa yang tak terucapkan. Seringkali, itu adalah apa yang tidak dikatakan yang terdengar paling keras. Dari rapat hingga rapat dewan, gestur tubuh atau bahasa tubuh kamu menggambarkan kepercayaan diri kamu, komitmen dan niat kamu lebih dari yang kamu sadari.

Tetapi gestur tubuh ini juga dapat memengaruhi komunikasi kamu secara negatif. Pikirkan tentang saat kamu menyaksikan seseorang memeriksa ponsel mereka selama rapat atau terus menerus melihat jam.

Kurang perhatian sulit untuk dijelaskan tetapi mudah dikenali. Ini adalah kebiasaan yang keras, terutama dalam dunia digital yang ramai di era ini. Memeriksa ponsel atau melihat laptop kamu tampaknya tidak berbahaya, tetapi ini dapat menyampaikan seluruh rangkaian hasil yang berpotensi merusak.

Yang benar adalah bahwa gestur tubuh baik bekerja dengan kamu atau melawan kamu. Tidak ada opsi lain selain dari keduanya.

Jadi, jenis gestur tubuh apa yang sebenarnya bisa membantu? Nah, ada banyak penelitian tentang komunikasi non verbal. Penelitian ini telah menemukan banyak sekali kesimpulan mengenai jenis bahasa tubuh apa yang paling baik menggambarkan suatu hal, menunjukkan kepercayaan diri dan membantu dalam menjelaskan suatu topik yang tidak mudah dipahami.

Beberapa penelitian ini secara khusus berkaitan dengan lingkungan bisnis, dan dapat menjelaskan bagaimana bahasa tubuh tertentu dapat menambah komunikasi bisnis kamu. Ada beberapa taktik yang dianggap paling penting.

Gestur Tubuh Memiliki Arti

Kami melihatnya sepanjang waktu. Dari tingkah laku presiden yang suka menunjuk buku hingga presenter menggapai-gapai tangan mereka ketika mereka bersemangat tentang suatu topik, gerakan telah menemukan jalan mereka ke dalam setiap segi komunikasi profesional.

Ada keseimbangan yang menarik dalam hal gerak tubuh. Jika gerakannya terlalu sedikit, pembicara mungkin terlihat kering, kaku, atau mungkin gugup. Jika ada terlalu banyak gerakan, pengeras suara bisa tampak kejam dan tidak bisa diandalkan.

Namun, gerakan lebih dari sekadar mengguncang kepalan tangan kamu. Mereka dapat digunakan untuk membantu menggambarkan suatu hal, seperti menekankan metrik yang berkembang dengan menyapu tangan kamu ke atas. Mereka dapat digunakan untuk mengalihkan perhatian ke layar untuk membantu menghubungkan audiens dengan tempat menarik. Tidak peduli apa, mereka dikonsumsi oleh audiens kamu dalam beberapa cara atau bentuk.

Sama seperti segala bentuk komunikasi yang direncanakan, gerakan tubuh dapat dilakukan. Bahkan jika kamu tidak berlatih presentasi atau pidato, berlatih bagaimana kamu menggunakan gerakan yang berbeda dapat membuatnya terlihat lebih alami dan lancar dengan komunikasi verbal kamu.

Apakah ada gerakan yang terlalu banyak? Tentu. Tetapi itu jarang terjadi. Terlalu banyak gerakan mungkin karena terlalu sering berlatih atau gugup. Ini biasanya terlihat seperti pantonim dan tentunya dapat mengalihkan perhatian dari anekdot yang ingin kamu sampaikan.

Jika kamu ingin mendapatkan yang terbaik dari gerakan tubuh, pertahankan satu atau dua poin yang kamu benar-benar ingin lakukan dengan gerakan yang masuk akal.

Perlihatkan Perhatian

Rapat biasanya jalan dua arah. Itu berarti kamu harus memperhatikan bahasa tubuh kamu ketika kamu berbicara dan ketika kamu sedang diajak bicara.

Ya, kamu ingin terlihat seperti sedang mendengarkan. Agar tampak tertarik saat bekerja untuk menyimpan informasi, pertimbangkan kiat bahasa tubuh ini:

  • Putar kepala dan badan kamu ke arah siapa yang berbicara.
  • Buatlah kontak mata.
  • Bersandar ke depan.
  • Mengangguk atau memiringkan kepala kamu untuk mengakui titik yang dibuat.

Bahasa tubuh adalah cermin atau cara lain untuk menunjukkan perhatian atau persetujuan. Ini membantu menumbuhkan kebersamaan. Perhatikan gerakan tubuh atau ekspresi wajah pembicara, dan memudahkan kamu dalam melakukan mirroring. Jaga agar tetap halus; kamu tidak ingin itu terlihat tidak wajar.

Membatasi bahasa tubuh yang dijaga atau dipertahankan juga dapat menunjukkan perhatian dan kebersamaan. Melepaskan lengan atau kaki kamu membantu membuka percakapan, secara harfiah, dan sering disarankan agar dapat menyerap lebih banyak informasi.

Temukan Cara untuk Terhubung

Komunikasi yang sukses adalah tentang keterhubungan. Ada banyak cara kamu dapat menjembatani kesenjangan dengan pendengar kamu secara non verbal, dan beberapa kiat lebih jelas daripada yang lain.

  • Jabat tangan adalah tradisi bisnis. Meskipun mungkin tampak seperti praktik kuno, ia memiliki alasan tersendiri. Sentuhan fisik adalah cara untuk membuat ikatan manusia. Di dunia yang didominasi oleh teknologi, efek ini eksponensial. Ini adalah cara yang sudah terbukti untuk membuat kesan abadi dan membuat koneksi.
  • Hapus hambatan yang tidak perlu. Ini bisa berupa apa saja dari apa yang ada di meja kamu atau meja ruang konferensi hingga seberapa tinggi kamu memegang cangkir kopi kamu. Menghilangkan hambatan ini dapat membantu memancarkan keterbukaan dan menumbuhkan lingkungan yang sukses.

Yang Terakhir dan Terpenting: Senyum

Senyum berjalan jauh. Ekspresi wajah dapat memicu perasaan yang diwakilinya. Senyum dapat memengaruhi bagaimana orang-orang di sekitar kamu merespons atau bereaksi terhadap apa yang kamu katakan. Tidak hanya itu bisa membuat kamu tampak lebih mudah didekati, tetapi juga menciptakan suasana positif di sekitar kamu.

Sama seperti segala bentuk komunikasi non verbal, komunikasi itu harus asli. Percaya atau tidak, sebenarnya ada ilmu di balik senyum alami. Muncul secara bertahap, sedikit mengernyitkan wajah dan pergi selambat itu datang.

Memerhatikan bahasa tubuh kamu adalah keterampilan hidup yang penting. Tidak hanya akan membantu kamu dalam kehidupan sosial kamu, tetapi juga dapat memiliki dampak dramatis pada penghasilan bisnis kamu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait