Cara Memasarkan Bisnis Online Secara Gratis untuk Pemula

cara memasarkan bisnis online
cara memasarkan bisnis online

Butuh cara memasarkan bisnis online secara gratis? Ada baiknya, kamu simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini mengenai cara memasarkan bisnis online secara gratis untuk taktik promosi bisnis yang kamu jalani.

Tidak peduli berapa banyak taktik pemasaran internet yang akan muncul nantinya, itu tidak berarti kamu harus membuang semua cara memasarkan bisnis online efektif untuk menjangkau prospek dan pelanggan yang telah ada selama bertahun-tahun. Mereka bisa sama baiknya atau bahkan lebih baik dalam menghasilkan arahan dan meningkatkan penjualan.

Ada sejumlah cara memasarkan bisnis online yang telah terbukti untuk memasarkan bisnis kamu di internet. Berikut ini adalah metode yang terbukti dapat kamu gunakan untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis kamu secara online dengan sedikit atau tanpa biaya.  

Berikan Laporan Gratis

Laporan gratis, tersedia dalam bentuk unduhan digital gratis di situs web atau halaman yang terarah ke situs kamu. Ini adalah cara yang bagus untuk menetapkan otoritas dan status pakar di niche bisnis kamu. Mereka menunjukkan kepada pelanggan bahwa kamu serius, nyata, dan otentik. Dan mereka memungkinkan kamu untuk memberikan informasi gratis yang hebat, sementara pada saat yang sama mempromosikan bisnis kamu dengan cara yang halus.

Pernahkah kamu mendengar prinsip timbal balik? Di sinilah orang bereaksi diberi sesuatu yang bernilai secara gratis dengan merasakan dorongan untuk melakukan sesuatu untuk pihak lain. Dalam hal ini, kamu memberi mereka informasi gratis yang berharga dalam laporan gratis, dan bahwa, bersama dengan status pakar yang kamu peroleh, membuat mereka lebih mungkin membeli produk berbayar kamu.

Tentu saja, bagi kamu biaya laporan gratis pada dasarnya gratis. Saatnya kamu menulis atau menyusun konten untuk laporan gratis kamu. Kamu bisa menulisnya dengan segar. Atau jika kamu memiliki blog atau menulis artikel di niche bisnis, kamu dapat mengumpulkan konten itu menjadi laporan khusus, dengan mengedit sesuai kebutuhan. 

Sangat penting untuk memastikan laporan gratis kamu terasa “gemuk,” dengan memiliki banyak informasi bagus. Tetapi pastikan untuk memberikan hal yang lebih pada produk berbayar kamu.

Sekalipun hanya sebagian kecil yang melihatnyanya, itu adalah dasar untuk bisnis yang menguntungkan jika kamu menggunakan jaring yang cukup lebar. Inilah bagian kuncinya. Setiap kali seseorang ingin mengunduh laporan gratis kamu, mereka harus memberikan alamat email dan izin kamu untuk menghubungi mereka di kemudian hari. Ini memungkinkan kamu membangun basis data nama untuk dipasarkan di masa mendatang. 

Jika kamu terjebak untuk suatu topik, tanyakan saja kepada audiens kamu. Pertanyaan atau masalah apa yang dimiliki calon pelanggan kamu? Apa yang mereka minati dan sukai.

Maksimalkan nilai laporan gratis kamu dengan memasukkan ajakan untuk bertindak. Sepanjang laporan gratis kamu, kamu telah memprioritaskan prospek kamu dengan memberikan informasi gratis yang berharga tetapi juga menggoda pengetahuan lebih lanjut yang akan mereka peroleh dengan produk berbayar kamu.

Akan lebih baik lagi jika kamu menjaga laporan gratis secara singkat dan to the point. Subjek tunggal yang panjangnya dengan beberapa halaman lebih baik daripada e-book berisi 100, karena orang akan lebih mungkin membaca dan mencerna informasi itu. Kemudian, jika informasinya bagus, mereka cenderung mempercayai kamu di masa mendatang.

Jadi pada akhirnya, kamu hanya memberi mereka cara untuk mengambil tindakan atas keinginan membangun bisnis milikmu.

Pasarkan Situs Web Kamu

Tidak ada yang bisa menggantikan situs web. Ini adalah bagian berharga dari ‘properti’ online untuk bisnis kamu. Ini menunjukkan prospek untuk pelanggan kamu bahwa kamu memiliki bisnis yang serius sekaligus situs web yang terlihat profesional membuat kamu lebih kredibel. Untuk kamu ketahui bisnis-bisnis yang hanya memanfaatkan halaman Facebook gratis untuk mempromosikan bisnis mereka biasanya kehilangan banyak pelanggan potensial. 

Situs web kamu adalah tempat di mana kamu dapat memasarkan dan menjual produk kamu, membangun hubungan, menghasilkan arahan, meneruskan konten gratis yang berharga, ide pengujian, dan banyak lagi. Situs web kamu secara aktif menempatkan pesan kamu ke dunia sehingga pelanggan potensial dapat menemukan kamu di internet. Ini adalah titik fokus bisnis kamu.

Jadikan situs web kamu berfungsi untuk bisnis kamu. Letakkan kotak registrasi di sudut kanan atas sehingga kamu dapat mendapatkan email dan nama prospek calon pelanggan kamu. Dengan begitu kamu dapat menggunakan email untuk memasarkan lebih lanjut kepada mereka. Buat kesan menarik di halaman beranda dengan menunjukkan manfaat untuk mereka yang membuka situs web bisnis kamu. Jika kamu memiliki penawaran gratis, seperti diskon atau voucher, tunjukkan hal itu dengan jelas dan menggoda.

Ada paket perangkat lunak baru yang memungkinkan kamu menampilkan penawaran gratis dengan sangat efektif. Perangkat lunak seperti Convertbox memungkinkan kamu menampilkan kotak pendaftaran kamu sebagai strip situs, pop up, atau slide. Pastikan untuk sering memperbarui situs web kamu, mungkin dengan blog, sehingga mesin pencari mencarinya dan mempostingnya lebih tinggi di Hasil Pencarian. Membuat video profil yang menarik juga bagus untuk SEO .  

Satu hal penting yang perlu diingat adalah bahwa meskipun desain situs web penting, desainnya harus mudah digunakan dan dinavigasi. Jangan menggunakan grafik atau animasi yang mencolok atau memutar ulang musik yang mengganggu. Itu harus bersih, dengan fokus pada penyediaan informasi yang berguna dalam format yang mudah dimengerti.

Omong-omong, tidak perlu menyewa seorang desainer web mahal untuk membuat situs web kamu. Ada banyak program membangun situs web berbiaya rendah atau tanpa biaya di luar sana. Dengan WordPress atau Squarespace.com , misalnya, kamu dapat memiliki situs web yang sepenuhnya operasional, bahkan membuat situs jenis e-commerce, dengan sangat cepat dan murah.   

Jika kamu dapat mengirim email atau memposting ke Facebook – luangkan waktu untuk membuat situs web sendiri untuk bisnis kamu. Perangkat lunak ini mudah dan intuitif dan beberapa pilihan template telah disediakan. Tidak dibutuhkan pengetahuan pemrograman. Dan yang terbaik, kamu tidak perlu membayar setiap kali kamu ingin memperbarui situs kamu. Kamu bisa melakukannya sendiri dalam hitungan menit.

Situs web harus beradaptasi. Kamu harus memiliki versi seluler, karena lebih dari setengah lalu lintas internet saat ini diakses melalui seluler. Dan kamu harus memperbarui situs kamu secara berkala dengan konten baru yang bermanfaat tentang topik-topik yang berkaitan dengan bisnis kamu. Karena hal itu akan meningkatkan peluang kamu untuk tampil lebih tinggi dalam hasil mesin pencari seperti Google.

Blogging

Apakah kamu pernah menulis email ke teman atau anggota keluarga atau posting di media sosial? Maka kamu bisa menjadi blogger. Buatlah satu blog, sebuah blog yang akan mendukung tujuan bisnis kamu. Bukan untuk catatan pribadi atau catatan harianmu.

Berita baiknya adalah menulis blog itu mudah. Kamu tidak harus menjadi penulis profesional. Jadilah nyata dan otentik. Tulis cara kamu berbicara. Tunjukkan kepribadian unik kamu. Menjadi orang sungguhan membuatnya lebih menarik bagi calon pelanggan yang akan membaca postingan blog kamu. Kamu juga dapat meneruskannya kepada teman-teman mereka. Tidak ada yang tahu bisnis kamu lebih baik dari kamu. Kamu dapat menulis tentang studi atau tren, kamu juga dapat Tawarkan tips dan trik, hal-hal populer, posting foto, hingga posting video.

Dengan blog kamu ingin membangkitkan percakapan dan melibatkan prospek kamu. Buat mereka menjadi penggemar blog kamu. Penggemar ini akan menyebarkan konten kamu dan membawa lebih banyak calon konsumen yang berujung naiknya penjualan bisnis kamu. Bisa dibilang ini adalah iklan gratis yang sangat menguntungkan.

Tahan keinginan untuk terlalu promosi tetapi jangan ragu untuk berbicara tentang produk kamu atau apa yang membuat perusahaan kamu lebih baik daripada pesaing. Kuncinya di sini adalah transparan.

Blogging sebenarnya adalah bentuk media sosial dalam banyak hal. Ini dapat memiliki dampak besar dalam bisnis kamu dalam beberapa cara. Hal ini dapat meningkatkan SEO kamu. Sebagai hasilnya lalu lintas ke situs web kamu bisa lebih baik. Konten yang diposting secara teratur juga dapat menarik perhatian mesin pencari.

Posting yang konsisten akan menjalin hubungan antara kamu dan calon pelanggan. Mereka mengenal kamu sebagai orang yang nyata. Biasanya hal ini menunjukkan prospek bahwa kamu adalah orang yang nyata dan kamu dapat menampilkan status pakar di pasar bisnis kamu. 

Ada banyak potensi dengan blog. Posting blog yang bagus bisa menjadi viral dan menyebar di seluruh web. Dan itu berarti lebih banyak lalu lintas ke usaha online kamu, dan lebih banyak pelanggan potensial. Sebuah blog memudahkan calon pelanggan untuk memahami masalah di pasar bisnis kamu, dan bagaimana kamu dapat memecahkan masalah mereka.

Oke, jadi kamu sudah mendapatkan banyak pesanan, atau paling tidak titik awal yang baik ketika kamu mulai mencari tahu bagaimana memasarkan produk atau layanan kamu ke audiens online yang lapar.

Dengan menggunakan tiga teknik ini, ditambah tiga metode terbukti yang disebutkan dalam artikel ini – email, iklan bergambar, dan optimisasi mesin pencari – dapat menghasilkan tingkat respons yang jauh lebih tinggi untuk promosi kamu dan pengembalian investasi yang lebih tinggi untuk upaya pemasaran kamu.

Ingatlah bahwa tidak semua saluran pemasaran berfungsi untuk semua bisnis. Jadi, penting bagi kamu untuk menguji masing-masing untuk mengetahui mana, atau bahkan kombinasi mana, yang paling cocok untuk usaha online kamu. 

Bacaan menarik lainnya:

Kotler Philip, dan Gary Amstrong. (2012). Principles Of Marketing, Global Edition, 14 Edition. Pearson Education


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait