Perencanaan Keuangan

Yuk Ubah Mindset, Ini Cara Orang Miskin Menjadi Orang Kaya

Orang miskin
Ilustrasi pengusaha sukses

Ajaib.co.id – Di luar sana, banyak sekali sosok pengusaha sukses yang dulunya adalah orang miskin. Namun berkat kerja keras dan pantang menyerah yang ditanamkan kepada dirinya, mereka bisa keluar dari masa-masa sulit yang dialami. Artinya untuk menjadi kaya perlu ada usaha yang lebih keras.

Salah satu contoh pengusaha sukses yang berjuang dari bawah adalah Roman Abramovich. Bagi kamu yang menyukai olahraga sepakbola, khususnya liga Inggris. Tentunya, tidak asing lagi dengan nama pemilik klub Chelsea ini.

Setelah ia membeli klub asal London tersebut, perlahan-lahan klub Chelsea menjadi langganan tim yang selalu berhasil menduduki peringkat 4 besar di kompetisi liga Inggris. Bukan hanya itu saja, berkat tangan dinginnya dalam mengelola klub tersebut, ia berhasil mendatangkan beberapa pemain top dunia dengan gelontoran dana yang tentunya berjumlah fantastis.

Di balik kesuksesannya tersebut, ternyata sosok Roman Abramovich dulunya adalah orang miskin yang berasal dari keluarga tidak mampu. Bahkan saat berusia 2 tahun Roman Abramovich telah menjadi yatim piatu dan dibesarkan oleh pamannya di wilayah subartic, Rusia Utara. Kemudian, saat mengeyam pendidikan di perguruan tinggi di Auto Transport Institute pada 1987. Roman Abramovich mulai berwirausaha secara kecil-kecilan dengan memproduksi mainan plastik.

Bisnis kecil-kecilan inilah yang menjadi batu lompatan terbesar dalam kehidupannya untuk merambah ke bisnis lainnya yakni industri minyak hingga saat ini. Bukan hanya sebagai pemilik klub Chelsea saja, melainkan ia juga memiliki sebuah kapal pesiar terbesar di dunia dengan menghabiskan biaya sebesar $400 juta pada 2010 silam.

Tentunya melalui kisah sukses dari Roman Abramovich, kita bisa banyak belajar bahwa status sosial baik itu menjadi orang miskin maupun orang kaya dinilai tidak begitu penting. Itu semua hanyalah sebuah cara pandang dari tiap-tiap individu. Jurang kemiskinan tetap ada tetapi bagaimana mindset si kaya harus ditiru oleh banyak orang.

Mindset ini terkadang tidak dimiliki ratusan juta jiwa di Indonesia. Seseorang sering menganggap dirinya si miskin. Padahal bisa jadi karena muncul rasa tidak puas. Rasa puas dalam diri manusia akan muncul ketika kamu bisa hidup bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini.

Definisi masyarakat miskin dari setiap orang pasti berbeda-beda. Ada yang mengatakan bahwa orang miskin ketika kamu tidak bisa menikmati jalan-jalan ke luar negeri atau gara-gara tidak memiliki mobil mewah seharga puluhan miliar. Oleh sebab itu, anggapan tingkat kemiskinan tersebut hanyalah sebuah mindset saja yang dikembangkan oleh setiap individu dipikirannya.

Cara Orang Miskin Menjadi Orang Kaya

Roman Abramovich adalah satu dari sekian juta orang sukses yang ada di luar sana. Hal ini telah membuktikan kepada dunia luas bahwa orang miskin pun bisa menjadi kaya raya. Salah satu caranya adalah dengan mengubah mindset-mu dengan cara-cara seperti berikut ini:

1. Berhemat

Mindset pertama yang perlu kamu ubah adalah dengan hidup berhemat. Dalam kasus ini bukannya kamu tidak boleh sama sekali untuk menikmati makan di restoran mewah dan lain sebagainya. Melainkan semua itu perlu dibatasi dengan memiliki skala prioritas yang memang menjadi acuan dan pedoman bagi kamu dalam mengelola keuangan.

Kerap kali mindset bahwa “hidup itu cuma sekali” cukup membuat orang menjadi pribadi yang lebih boros. Kondisi ini membuat seseorang kesulitan untuk menarik rem tangan saat membeli sebuah barang yang sebenarnya tidak sesuai dengan kebutuhan.

Agar kegiatan berhematmu bisa dilakukan tanpa adanya suatu kendala apa pun, kamu bisa membuat dan memisahkan antara rekening pribadi dan rekening tabungan. Namun untuk memaksimalkan kegiatan menabungmu, kamu bisa menentukan terlebih dahulu berapa besaran uang yang bisa kamu tabung secara rutin. Bila kamu sudah mengetahui besaran nominal uang yang bisa ditabung setiap bulannya, kamu bisa mengaktifkan fitur auto debit.

Untuk menekan biaya-biaya pengeluaran lainnya yang dianggap boros, kamu bisa mencatat seluruh transaksi pemasukan dan pengeluaranmu setiap bulannya. Hal ini bisa membantu kamu untuk melakukan evaluasi. Dengan begitu, kamu jadi tahu pos-pos keuangan mana saja yang bisa ditekan pengeluarannya.

2. Berinvestasi

Sebagai generasi milenial, banyak dari kamu yang pasti merupakan tulang punggung keluarga saat ini. Oleh karenanya, memiliki tabungan dirasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan finansialmu. Pastinya kamu membutuhkan suatu cara yang bisa menumbuhkan nilai uang yang ada di tabunganmu.

Salah satu cara yang tepat untuk orang di generasi muda adalah dengan cara berinvestasi. Saat ini, kamu sudah dimanjakan dengan berbagai perkembangan teknologi yang bisa memudahkanmu untuk berinvestasi di produk pasal modal. Misalnya kamu ingin berinvestasi saham dan reksa dana, tentu kamu tidak perlu repot-repot harus datang ke bank maupun sekuritas terdekat.

Melainkan, kamu bisa memiliki pengalaman investasi yang mudah dan cepat di aplikasi Ajaib, yang menawarkan bebas biaya transaksi untuk reksa dana dan biaya transaksi yang relatif murah untuk saham. Semua pilihan opsi reksa dana dan saham yang ditawarkan bisa dilihat dari kinerja pada masa lalunya. Tentu saja opsi ini menyasar orang yang ingin berinvestasi berdasarkan jangka waktu dan tujuan investasi.

Demikianlah cara orang miskin menjadi kaya dengan menerapkan beberapa tips yang sudah redaksi Ajaib jelaskan di atas. Walaupun kita terlahir dari keluarga miskin namun pastinya ada cara lain untuk menekan angka kemiskinan terebut. Pastinya dengan usaha lebih baik baik dari hari ke hari.

Seperti quotes yang diungkapkan Bill Gates. “Jika Anda terlahir miskin, itu bukanlah kesalahan Anda. Tetapi jika Anda meninggal dalam keadaan miskin, itu kesalahan Anda.” Kata bijak ini, sedikit banyaknya memberikan kita pelajaran bahwa kita tidak boleh menyalahkan keadaan. Tetapi, teruslah berusaha untuk bisa keluar dari keadaan sulit tersebut.

Artikel Terkait