Dunia Kerja

Walk In Interview Adalah Cara Tepat untuk Menunjukkan Skill

walk in interview adalah

Ajaib.co.id – Jangan ragu untuk menghadiri walk in interview. Pasalnya, walk in interview adalah salah satu cara tepat untuk menunjukkan skill. Mengapa demikian?

Dalam pencarian kerja, interview tak dapat dihindari. Interview merupakan proses kedua setelah seleksi administrasi pelamar atau kandidat pekerja. Proses interview akan melibatkan divisi Sumber Daya Manusia (SDM), user atau divisi yang membutuhkan karyawan baru, dan kandidat.

SDM akan memverifikasi curriculum vitae yang diterima dengan hasil wawancara dengan kandidat. Selanjutnya kandidat akan berbicara dengan user mengenai masalah teknis pekerjaan.

Namun tak sedikit perusahaan yang menggabungkan kedua proses tersebut dalam satu waktu, yaitu melalui walk in interview. Salah satu alasannya untuk menghemat waktu. Biasanya, perusahaan mengumumkan walk in interview pada laman dan media sosial perusahaan, serta situs pencarian kerja.

Walk in interview adalah proses penyaringan pekerjaan yang terjadi tanpa janji atau pertemuan yang dijadwalkan oleh pihak perusahaan. Pengumuman walk in interview akan memuat nama perusahaan, posisi pekerjaan yang dibutuhkan, persyaratan kandidat, spesifikasi keterampilan, dokumen yang harus dibawa, hari pelaksanaan, dan alamat kantor beserta nomor teleponnya.

Proses tak hanya dilakukan di kantor saja. Namun tak sedikit perusahaan yang memerlukan banyak tenaga kerja. Jadi walk in interview adalah rekrutmen besar-besaran dan digelar di gedung pertemuan, gedung olahraga, atau tempat yang luas untuk menampung semua kandidat.

Cek Sebelum Datang

Jika ada pengumuman walk in interview dan kamu tertarik terhadap pekerjaan tersebut, jangan ragu untuk ikut serta. Namun sebelum mendatangi kantor perusahaan, kamu harus mengecek kebenarannya. Cek ulang kebenaran informasi di laman atau media sosial perusahaan. Tanyakan juga ke teman yang mengetahui informasi tersebut.

Jangan sampai kamu menjadi korban walk in interview bodong. Proses interview seperti itu ada yang meminta uang muka sebelum bekerja, dengan alasan sebagai uang jaminan atau uang pengikat.

Ada pula yang meminta dokumen penting (KTP atau ijazah) sebagai jaminan. Hati-hati terhadap modus seperti itu. Jika kamu mengalaminya, tolak dan langsung pulang.

Selain itu, hati-hati dengan email dan SMS yang berisi panggilan walk in interview. Apalagi kalau sebelumnya kamu tidak pernah melamar ke perusahaan yang mengirimkan email atau SMS itu. Jika kamu mendapatkan hal tersebut, cek saja keabsahan perusahaannya tetapi tidak perlu mendatangi interview.

Persiapan Sebelum Interview

Setelah memastikan bahwa walk in interview adalah informasi resmi dari perusahaan, siapkan semua hal yang berkaitan dengan interview. Beberapa hari sebelum berangkat ke tempat interview:

  • Pelajari industri perusahaan. Seperti bergerak pada sektor apakah perusahaan, apa saja produk dan jasanya, dan siapa direktur utama atau penyandang dana.
  • Pelajari posisi yang dibutuhkan. Seperti posisi apa yang kamu inginkan, apa saja spesifikasi yang dibutuhkan, dan pelajari pula masing-masing spesifikasi tersebut. Misal kamu melamar posisi digital marketing, pelajari tentang pemasaran digital, mulai dari melakukan campaign dan pemasaran produk atau jasa via digital, analisis, mengidentifikasi tren, marketing tools yang dikuasai, dan lainnya.
  • Latihan interview. Agar tidak kaku, kamu bisa berlatih interview di depan kaca atau mengajak saudara atau teman untuk berperan sebagai kandidat dan HRD.
  • Siapkan dokumen. Bawa surat lamaran atau cover letter, curriculum vitae, portofolio, fotokopi KTP dan ijazah, dan surat referensi yang disyaratkan.
  • Bawa alat tulis lengkap. Seperti pensil (2), pulpen (2), penghapus, rautan pensil, dan alas tulis.

Persiapkan semua hal di atas secara matang. Karena walk in interview adalah cara tepat menunjukkan skill kandidat ke HRD atau user. Selain itu, siapkan fisikmu agar segar bugar. Misalnya malam sebelumnya, siapkan semua dokumen di dalam tas, siapkan pula baju rapi, jangan begadang atau tidur lebih awal. Sehingga pagi harinya kamu bisa bersiap dan datang tepat waktu.

Ketika Hari H

Inilah hari yang kamu tunggu-tunggu dalam meniti karier. Hari H walk in interview adalah kondisi yang menegangkan tetapi menyenangkan. Anggap saja hari ini, kamu sedang maju berperang. Jadi kerahkan semua kemampuanmu. Ketika hari interview datang, ada beberapa hal yang wajib kamu lakukan:

Berpenampilan Menarik

Berpenampilan menarik bukan soal penampilan fisik harus cantik atau ganteng atau badan langsing atau tegap. Berpenampilan menarik adalah kamu merepresentasikan diri melalui berpakaian rapi (sesuaikan perusahaan), pakai sepatu yang layak (pastikan sepatu bersih dan sesuai tempat kerja), wajah tersenyum (jangan cemberut atau terlihat bingung), tatanan rambut rapi, wangi (jangan sampai bau badan).

Sarapan

Terkesan sepele, tetapi sarapan sangat penting untuk membuatmu fokus pada pekerjaan termasuk menjawab pertanyaan selama interview. Jika kamu tak sempat sarapan, bawalah bekal seperti roti sandwich atau nasi dan lauk, serta cukup minum. Hindari interview dalam kondisi lapar.

Datang Lebih Awal

Jangan terlambat sampai lokasi interview. Karena hal ini akan menjadi catatan bagi HRD. Usahakan sebelum hari H, cari tahu rute perjalanan atau transportasi menuju lokasi. Perkirakan waktu tempuh bila daerah tersebut macet.

Ada baiknya kamu datang 20 atau 30 menit lebih awal, sehingga kamu bisa istirahat sambil sarapan, atau jika datang lebih awal akan di-interview lebih dulu. Karena pelamar yang datang cukup banyak.

Perhatikan Bahasa Tubuh

Ketika menghadapi HRD atau user, perhatikan body language atau bahasa tubuh. Misalnya menjabat tangan erat dan tatap mata lawan bicara, duduk senyamannya tetapi jangan menyilangkan kaki atau tangan.

Komunikasi Interaktif

Bagi sebagian orang, tak mudah membangun komunikasi interaktif dengan lawan bicara yang baru saja dikenal. Tetapi hal ini bisa dilatih dan menguasai materi. Perkenalkan diri dengan percaya diri, jawab pertanyaan HRD atau user sesuai kemampuan, dan tunjukkan skill pekerjaanmu plus portofolionya.

Jika HRD atau user mempersilakanmu untuk bertanya, manfaatkan kesempatan tersebut. Tanya tentang tugas pekerjaan secara spesifik, berapa tenaga yang dibutuhkan, dan apa saja proses selanjutnya. Jangan lupa, ucapkan terima kasih karena kamu diberikan kesempatan ini.

Setelah proses walk in interview, tunggu jawaban HRD seminggu ke depan. Jika belum ada jawaban, kamu bisa menanyakannya melalui email atau telepon. Sembari menunggu jawaban, kirimkan lamaran ke perusahaan lain dan pertajam skill-mu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait