Bisnis & Kerja Sampingan

Bisnis Stagnan Adalah Normal? Ini Jawaban dan Solusinya

stagnan adalah

Ajaib.co.id – Di dalam kehidupan ini setiap individu dituntut untuk selalu bergerak melakukan berbagai kegiatan yang bisa membawa pada perubahan. Entah apakah perubahan itu berdampak baik atau justru menjadikannya makin buruk, semuanya tetap harus dilalui. Namun, tidak selalu apa yang sudah direncanakan berjalan lancar dan berhasil.

Terkadang seseorang mengalami situasi terpuruk dan merasa hidup stagnan, seolah-olah semesta tidak berpihak kepadamu sehingga membuatmu frustasi. Menarik kesimpulan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, stagnan adalah suatu kondisi dimana keadaan terhenti seperti tak ada kemajuan yang signifikan.

Sementara secara ekonomi, stagnan adalah tingkat pertumbuhan ekonomi yang berjalan lambat bahkan lebih kecil dari yang diharapkan. Akan tetapi hal itu wajar dan bisa dialami oleh siapa saja. Namun, untuk bisa melalui itu tergantung bagaimana sikap kamu dalam menghadapinya. Perlu diingat bahwa hidup ini bagaikan roller coaster, yang terkadang naik dan kadang turun.

Ketika kamu berada di fase terpuruk dalam hidup, jangan sampai kamu menyerah dan membiarkannya semakin terpuruk. Atau istilah milenialnya baper, sehingga jadi berlarut-larut dalam kondisi tersebut. Tetapi yang harus dilakukan adalah bangkit dan melakukan beberapa hal berikut ini:

Bersikap Realistis Terhadap Keadaan yang Dialami

Keadaan hidup hanya bisa dirubah oleh diri sendiri. Maka dari itu, realistis dan menerima jika keadaan kamu sedang tidak baik-baik saja. Bersyukur dan renungkan apa yang sudah terjadi selama beberapa waktu ke belakangan, sehingga kamu bisa belajar dari kesalahan tersebut. Selanjutnya, bangkit dan tegakkan kembali kepalamu untuk mengubah situasi saat ini.

Lakukan Sesuatu yang Berbeda

Stagnan adalah suatu keadaan yang membuatmu tidak merasakan suatu perubahan. Mungkin saja situasi tersebut lantaran kamu terjebak dalam rutinitas yang sama setiap harinya. Itu bisa jadi sangat membosankan sehingga membuatmu makin terpuruk dan menurunkan motivasimu.

Jika kamu memang sudah bosan dan muak dalam situasi seperti itu, ubahlah rutinitas harian kamu melakukan sesuatu kebiasaan yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Kamu bisa berolahraga di pagi hari sebelum melakukan rutinitas, atau ubah suasana meja kerjamu. Opsi lainnya kamu bisa mengambil beberapa hari libur untuk melakukan aktivitas yang berbeda, seperti hiking, memancing, dll.

Lakukan Hal yang Kamu Sukai

Kamu akan cepat merasa bosan jika mengerjakan sesuatu yang tidak disukai. Hal ini terjadi pada banyak generasi milenial, yang demi mencari uang mereka bekerja di bidang yang tidak disukai. Maka tak heran, jika akhirnya kinerjanya kurang begitu berkontribusi terhadap perusahaan tetapi ingin ada kenaikan gaji.

Lama-kelamaan kamu pun akan merasa jenuh dan tak berkembang, sehingga terjebak dalam kondisi yang stagnan. Untuk itu, kerjakan hal-hal yang memang kamu sukai seperti hobi . Dengan begitu, kamu akan selalu merasa mendapatkan energi dan semangat baru menjalaninya setiap hari.

Jangan Biarkan Mental Kamu Jatuh

Selain yang sudah disebutkan di atas, stagnan adalah suatu kondisi yang sangat mungkin untuk menjatuhkan mental seseorang jika terus menerus terperangkap dalam situasi yang sama. Keadaan yang tidak berubah dalam waktu yang lama bisa menyebabkan seseorang frustasi. Jika itu terjadi sama kamu, berarti mental atau jiwa kamu mulai melemah.

Untuk bisa melewati masa tersebut, kamu harus menguatkan mental. Coba untuk selalu menanamkan sugesti di benak kamu bahwa keadaan pasti bisa dilalui dengan indah. Teruslah untuk memikirkan sesuatu yang positif dalam benakmu, karena hal itu akan dengan sendirinya membuat mental dan jiwamu lebih kuat.

Tanggung Jawab Pada Diri Sendiri

Kebanyakan orang seringkali mengeluh dan menyalahkan keadaan jika sedang terpuruk. Namun, percayalah hal itu malah menambah beban hidup kamu. Akan tetapi, berusahalah untuk bertanggung jawab dalam kondisi yang sedang terjadi dan kuatkan dirimu untuk bangkit dari keterpurukan.

Mengatasi Bisnis yang Stagnan

Stagnan adalah tidak adanya perubahan yang sedang dialami seseorang baik itu dalam karir maupun bisnis. Suatu perusahaan yang sedang dalam kondisi stagnan bisa terjadi karena tidak berkembangnya kreativitas dan inovasi sehingga bisnisnya pun tidak mengalami perubahan. Masalah ini seringkali dihadapi oleh pengusaha dan jika tidak segera diperbaiki, kesehatan bisnis akan terganggu. Tidak hanya tertinggal dari kompetitor, lebih parahnya lagi bisa bangkrut.

Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk mengatasi kondisi bisnis yang sedang stagnan, yaitu:

Lakukan Review dan Evaluasi

Coba review dan evaluasi semua kegiatan bisnismu dalam satu bulan kemarin. Apakah selama periode itu terdapat kesalahan dalam mengambil kebijakan? Pastikan semua proses yang sudah kamu jalankan di bisnismu sesuai dengan standar operasionalnya.

Indentifikasi Masalah

Buat poin-poin apa saja yang menyebabkan bisnismu stagnan. Umumnya yang jadi penyebab bisnis stagnan adalah adanya kompetitor yang lebih baik. Oleh karena itu, seorang pebisnis harus bisa berkompetisi jika tidak ingin bisnisnya berjalan stagnan.

Ciptakan ide-ide baru yang kompetitor tidak lakukan supaya bisnismu berkembang. Jika bisnismu sudah lebih baik, coba untuk membuka cabang agar menjangkau market lebih luas lagi, sehingga pendapatanmu makin besar.

Mengkaji Ulang Sistem

Sistem bisnis yang sudah kamu terapkan coba dikaji ulang, apakah masih layak atau tidak. Sistem ini harus mendukung inovasi dan membuatnya lebih efektif serta efisien.

Pemilihan SDM yang Tepat

Merekrut SDM yang tepat juga membantu mengatasi bisnis yang stagnan. Dalam artian mereka punya pengalaman bagus, visi, dan ide yang inovatif untuk diterapkan.

Bacaan menarik lainnya:

Coulter, M. (2002). Strategic Management in Action.SecondEdition. New Jersey :Prentice-Hall


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait