7 Visi Indonesia Emas 2045 yang Digagas Generasi Milenial

5 Visi Indonesia Emas 2045 yang Digagas Generasi Milenial
5 Visi Indonesia Emas 2045 yang Digagas Generasi Milenial

Indonesia Emas 2045 adalah impian besar para milenial dan pemuda Indonesia di usia produktif untuk membentuk negara dan bangsa yang mampu bersaing dengan bangsa lain. Serta dapat menyelesaikan masalah-masalah yang mendasar di Tanah Air kita, seperti isu korupsi dan kemiskinan. Kuncinya berada pada kualitas sumber daya manusianya, terutama pemuda dan para anak muda.

Pada Agustus 2018 kemarin, pemuda dan pemudi dari 34 provinsi di Indonesia dan dari organisasi Diaspora Indonesia berkumpul dalam sebuah konferensi untuk merancang visi Indonesia Emas 2045. Visi ini melanjutkan Sumpah Pemuda, penasaran apa saja? Simak yuk cerita dari Indonesia Emas.

Demokrasi Indonesia

Visi Indonesia Emas 2045 mencatat harapan generasi muda atas terciptanya demokrasi Indonesia yang berkualitas, didukung dengan pemilihan umum yang fair dan berintegritas. Harapannya, pemilu ini akan menghasilkan pemimpin yang bersih, akuntabel, dan berbobot. Tentunya yang berorientasi pada rakyat. Perjalanan demokrasi Indonesia ke depan harus memperkokoh perlindungan dan pemenuhan hak manusia di lndonesia dan juga di kancah internasional

Supremasi Hukum

Selain itu, para generasi muda ini ingin agar generasi Emas 2045 menikmati supremasi hukum yang murni, konsisten, dan absolut. Hukum harus diterapkan tanpa pandang bulu dan bebas kepentingan politik. Di mana, hukum di Indonesia harus ditegakkan tanpa pandang bulu dan bebas kepentingan politik, karena itulah hukum di Indonesia harus melakukan reformasi demi memberikan hukum yang progresif dan berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Emansipasi Pendidikan

Visi Indonesia Emas juga mencakup harapan generasi muda akan emansipasi di bidang pendidikan bagi seluruh masyarakat. Mereka beranggapan bahwa setiap warga negara harus punya akses mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Hal ini sejalan dengan keinginan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Sistem pendidikan Indonesia (kurikulum, sumber daya pengajar, infrastruktur) juga harus menghasilkan manusia Indonesia yang berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan berdaya saing global.

Pemuda Indonesia merupakan generasi penerus bangsa Indonesia. Pemuda merupakan aset masa depan Indonesia. Sudah sepatutnya sebagai pemuda memberikan inovasi dan kontribusi untuk memajukan bangsa.

Menjadi Bangsa Entrepreneur

Visi berikutnya mengenai semangat entrepreneurship di Indonesia pada 2045. Di mana, generasi muda menginginkan Indonesia menjadi bangsa entrepreneur pada tahun mendatang. Indonesia emas 2045 BAPPENAS juga menggarisbawahi pada entrepreneur untuk menjadi pelopor anti-korupsi. Dengan begitu, bangsa Indonesia bisa menjadi salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang lebih unggul dalam Revolusi Industri 4.0, dan bisa seterusnya menjadi bangsa pemenang globalisasi

Akses Layanan Kesehatan Lebih Mudah

Kini banyak warga Indonesia yang sulit mendapatkan akses terhadap layanan kesehatan. Padahal ini menjadi salah satu kebutuhan utama bagi seluruh warga negara. Di tahun 2045, Indonesia diharapkan bisa memiliki akses layanan kesehatan yang berkualitas dan dapat dinikmati oleh seluruh warga dan masyarakat Indonesia tanpa melihat kondisi ekonomi dan geografis. Generasi muda berharap, Indonesia di tahun 2045 bisa memiliki wajah berupa majunya infrastruktur dan layanan kesehatan yang murah dan mudah dijangkau.

Pemberantasan Kemiskinan

Visi terakhir Indonesia emas adalah memberantas kemiskinan di tahun 2045. Setidaknya, mereka menargetkan untuk mengubah nasib 60% masyarakat Indonesia yang berada di bawah garis kemiskinan. Hal ini juga berkaitan dengan kasus stunting saat ini. Mereka berharap tidak ada lagi kasus serupa di tahun 2045, terutama masalah-masalah sosial yang erat kaitannya dengan kemiskinan Misalnya, kerja paksa anak dan perbudakan modern, perkawinan usia anak, buta huruf, kelaparan dan kurang gizi, desa tertinggal, dan masalah kemiskinan lainnya.

Indonesia Emas 2045 merupakan sebuah kondisi saat negara Indonesia yang diharapkan mampu bersaing dengan bangsa lain. Selain itu dapat menyelesaikan masalah-masalah kebangsaan seperti korupsi dan kemiskinan. Tantangan yang harus dihadapi bangsa ini untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045 adalah kualitas SDM, moral, dan karakter bangsa.

Memiliki Kekuatan Maritim Dunia

Indonesia memiliki hamparan lautan yang luas, mulai dari ujung Sabang hingga Merauke. Hal ini membuat generasi milenial berharap bahwa di masa yang akan datang, Indonesia bisa menjadi negara kekuatan maritim dunia. Untuk mencapai visi tersebut, Indonesia harus memiliki kekuatan militer yang memadai untuk melindungi kepentingan nasional. Terlebih dengan dibangunnya Blue Water Navy yang dapat membantu menjaga stabilitas keamanan kawasan. Industri pertahanan maritim di Indonesia juga harus menjadi yang terdepan di Asia.

Dengan segala keinginan Indonesia untuk menjadi negara yang lebih baik tentu dibutuhkan persiapan yang matang. Problematika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tidak bisa dihindari seiring berjalannya waktu, mulai dari masalah sosial, ekonomi, politik, pertahanan dan keamanan, dan arus globalisasi yang tiada habisnya.

Status warga negara tidak hanya berhenti pada negara ini saja, yaitu negara Indonesia, melainkan kita pemuda Indonesia sebagai warga negara dunia. Kompetisi ini jauh lebih ketat dan penuh persaingan, bukan lagi kompetisi antar anak bangsa, melainkan antar warga dunia. Jadi, sudah siapkah menyambut Indonesia Emas 2045?

Untuk menyambut Indonesia Emas di 2045, kamu sebagai salah satu pemuda Indonesia jangan pernah berhenti untuk memulai hal baru demi kemajuan dan perkembangan Indonesia. Jika dirasa belum mampu memberikan yang terbaik, kamu bisa mulai dengan hal kecil, misalnya membuang sampah pada tempatnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait