Undang-Undang BI: Sejarah Berdiri dan Peraturannya

undang-undang bi
undang-undang bi

Selama ini, kita mengenal Bank Indonesia (BI) hanya melalui media, seperti berita dan surat kabar. Bank Indonesia mulai melaksanakan tugas dan wewenangnya saat adanya Undang-Undang BI.

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia berlaku pada 17 Mei 1999, kemudian diubah menjadi Undang-Undang RI Nomor 6 Tahun 2009.

Undang-Undang BI tersebut memberikan status atau kedudukan sebagai lembaga negara yang independen saat melakukan tugasnya, dan bebas dari kebijakan Pemerintah kecuali untuk hal-hal yang diatur dalam Undang-Undang BI tersebut.

Bank Indonesia sendiri memiliki peran penuh dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya sesuai yang ditentukan dari Undang-Undang BI.

Pihak luar pun tidak diperbolehkan mencampuri pelaksanaan tugas Bank Indonesia (BI). Kemudian, Bank Indonesia juga berhak untuk menolak atau mengabaikan sesuatu dalam bentuk apapun.

Status atau kedudukan Bank Indonesia diperlukan agar dapat melaksanakan tugasnya lebih efektif dan efisien. Status Bank Indonesia sebagai badan hukum publik atau perdata sudah ditetapkan dalam Undang-Undang BI.

Sekilas Sejarah dan Undang-Undang BI

Saat era pemerintahan Hindia-Belanda, De Javasche Bank didirikan pada 1828 silam. Bank tersebut bertugas untuk mencetak dan mengedarkan uang.

Pada 1953, Bank Indonesia dibentuk untuk menggantikan fungsi dari De Javasche Bank. Sebagai bank sentral, Bank Indonesia memiliki tiga fungsi, yaitu bidang moneter, perbankan, dan pembayaran. Bank Indonesia juga memiliki wewenang untuk menerapkan fungsi bank komersial.

Kemudian, Pemerintah menerbitkan Undang-Undang Bank Sentral yang berisi tugas dan kedudukan Bank Indonesia (BI). Undang-Undang tersebut menjadi pembeda dari berbagai bank lainnya yang menerapkan fungsi komersial.

Setelah Undang-Undang tersebut diterbitkan, Bank Indonesia (BI) juga memiliki tugas lain, yaitu membantu Pemerintah menyejahterakan masyarakat.

Pada 1999, Bank Indonesia telah memasuki era baru dalam sejarah Bank Sentral yang memiliki tugas untuk memelihara kestabilan nilai mata uang Rupiah. Tugas tersebut sudah tercantum di dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999.

Selanjutnya, beberapa amandemen Undang-Undang BI telah dilakukan. Pada 2004, Undang-Undang BI diamandemen pada aspek penting yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas Bank Indonesia.

Lalu, amandemen selanjutnya dikeluarkan pada 2008 saat Pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 2 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 23 Tahun 1999.

Dalam perubahan Undang-Undang BI tersebut, Bank Indonesia berperan sebagai bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas sistem keuangan. Perubahan Undang-Undang BI bertujuan untuk mewujudkan ketahanan perbankan nasional agar mencegah krisis global. Hal itu dilakukan dengan meningkatkan akses perbankan terhadap layanan pembiayaan jangka pendek.

Status atau Kedudukan Bank Indonesia

Sejak 1999, status Bank Indonesia (BI) ditetapkan sebagai lembaga negara independen, dan memiliki kewenangan penuh dalam melaksanakan tugasnya tanpa campur tangan dari Pemerintah atau pihak lain.

Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 yang diubah menjadi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2009 tentang Bank Indonesia.

Dengan begitu, pihak luar atau lainnya tidak boleh melakukan upaya dalam bentuk apapun. Bank Indonesia juga memiliki kewajiban untuk menolak campur tangan dari pihak manapun.

Rancangan Undang-Undang BI

Rancangan Undang-Undang BI dan RUU Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan dieksekusi pada 2021 mendatang. Ada beberapa RUU yang diusulkan oleh Pemerintah, yaitu Rancangan Undang-Undang BI, RUU Otoritas Jasa Keuangan (OJK), RUU Penjamin Polis, RUU Pasar Modal, RUU Lembaga Penjamin Simpanan, dan RUU Cukai.

Kurs Bank Indonesia

Merupakan kurs yang dikeluarkan secara resmi oleh Bank Indonesia. Kurs ini menyediakan informasi mengenai kurs jual, kurs tengah, dan kurs beli.

Hal ini juga berguna saat kamu ingin mengonversikan transaksi dalam bentuk mata uang asing. Berbeda dengan KMK, pergerakan kurs BI lebih fluktuatif (naik-turun). Pergerakannya pun bisa beruba-ubah selama setiap menit.

Jika kamu ingin melakukan cek kurs BI, maka kamu hanya perlu klik melalui kolom kurs BI. Kemudian, kamu masukkan tanggal yang diinginkan dan klik tombol cari. Nantinya, akan muncul kurs BI yang terbaru.

Ortax membuat kamu dapat belajar mengenai perpajakan menjadi lebih menyenangkan. Ortax juga didukung oleh website yang informatif.

Tugas Bank Indonesia

Sebagai Bank Sentral, Bank Indonesia memiliki wewenang untuk memelihara kestabilan nilai mata uang Rupiah. Berikut ini adalah tugas dari Bank Indonesia:

  • Menjaga kestabilan nilai mata uang Rupiah terhadap barang dan jasa.
  • Menjaga kestabilan nilai mata uang Rupiah terhadap mata uang negara lainnya.
  • Mengawasi regulasi untuk seluruh bank di Indonesia.
  • Melakukan penelitian dan pemantauan.
  • Menyimpan uang kas negara dan memberi bantuan dana kepada beberapa bank di Indonesia yang mengalami krisis.

Undang-Undang BI

Berikut ini adalah Undang-Undang Bank Indonesia:

  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2009 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia Menjadi Undang-Undang
  • Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2008 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia
  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2004 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 Tentang Bank Indonesia
  • Penjelasan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2004
  • Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 tentang Bank Indonesia
  • Undang-undang Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 1958 Tentang Pengubahan Pasal-pasal 16 Dan 19 Undang-undang Pokok Bank Indonesia (Undang-undang No. 11 Tahun 1953) 

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait