Bisnis & Kerja Sampingan

Trik Jitu untuk Mendapat Passive Income untuk Pemula

passive income

Ajaib.co.id – Penasaran cara mendapat passive income? Biasanya, istilah ini dikenal sebagai mendapatkan uang meskipun kamu tertidur. Untuk lebih jelasnya soal passive income, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Kamu ingat di masa lalu kita diperingatkan untuk berhati-hati dalam utang karena bunga utang tidak pernah berhenti menagih , bunga tidak pernah tidur, tidak pernah mengambil hari libur, tidak pernah mengambil liburan.

Sekarang hal itu berlaku dengan uang. Uang bisa datang disaat kita tertidur lelap, santai, atau saat sedang berlibur ke negeri seberang. Kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, kan! Karena kita hidup di zaman digital dan terkadang tidaklah sulit untuk mendapatkan passive income, asalkan mau mencari dan berusaha dengan sebaik mungkin. Nah, berikut adalah tujuh cara mendapat passive income:

Mulai Blog

Mungkin cara paling populer untuk mendapatkan penghasilan pasif adalah dengan meluncurkan blog kamu sendiri. Hanya perlu beberapa menit untuk menyiapkan dan murah untuk memulai – cukup beli nama domain kamu dan bayar untuk hosting.

Setelah itu, mulailah membuat konten yang luar biasa sehingga orang akan tertarik membaca atau berbagi atau share.  Pastikan topik yang kamu tulis itu populer dan banyak diminti oleh masyarakat luas. Setelah kamu mendapatkan pengikut, kamu dapat mulai menghasilkan uang dari blog kamu dengan:

Dapatkan komisi sebagai afiliasi. Di sinilah kamu mendorong produk atau layanan orang lain di situs kamu. Pastikan produk atau layanan ini relevan dengan blog kamu. Setelah kamu menemukan mitra afiliasi kamu akan diberikan kode unik sehingga setiap kali pengunjung mengklik tautan itu di situs kamu, kamu akan mendapatkan komisi.

Jual iklan. Jika situs kamu memiliki lalu lintas trafik untuk menjadi afiliasi, maka mungkin juga cukup baik bagi pengiklan untuk membeli iklan di situs kamu. kamu dapat memulai dari yang kecil . Namun sekali lagi, situs kamu harus benar-benar berkualitas, keren penampilan, fiturnya lengkap, bermanfaat dan memuaskan bagi pembaca.

Temukan sponsor. Ini sedikit berbeda dari hanya menjual iklan di situs kamu. Sponsor mungkin berupa konten sponsor atau logo permanen yang disematkan di website/blog kamu.

Kembangkan dan Jual Produk Berdasarkan Keahlian

Jika kamu memiliki pengetahuan di bidang tertentu, maka kamu dapat mulai membuat produk, seperti ebook atau video, dan menjualnya di blog kamu. Mungkin dibutuhkan banyak pekerjaan untuk membuat dan memasarkan produk kamu, tetapi setelah semua pekerjaan selesai, kamu dapat mengatur kembali dan mengumpulkan hasilnya.

Selain itu, bagi kamu yang hobi fotografi, kamu juga bisa menjual hasil foto kamu melalui beberapa platform jual beli foto seperti shuuterstok, iStockphoto, dreamstime.com. Hanya dengan mengupload hasil foto kamu di platform tersebut, kamu bisa memiliki passive income berdasarkan jumlah foto yang didownload oleh orang lain.

Hasilkan Royalti

Jika kamu adalah seoarang musisi, aktor, atau penulis berbakat, maka kamu dapat memperoleh royalti dari pekerjaan kamu. Dengan kata lain, orang akan membayar kamu untuk menggunakan karya atau aset kreatif kamu. Dan jika kamu berada di tahap awal karir kreatif, kamu juga bisa melihat Royalty Exchange, pasar tempat kamu dapat membeli dan menjual royalti.

Misalnya, kamu adalah penulis dan suka menulis buku. Kamu bisa menerbutkan buku yang kamu tulis. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan bayaran jangka panjang hanya dengan menulis buku satu kali. Ini akan sangat menguntungkan apalagi jika kamu bisa menghasilkan buku yang diminati banyak orang dan laku dipasaran.

Investasi dalam Saham

Ketika kamu berinvestasi dalam saham, kamu menjadi pemangku kepentingan. Itu memberi kamu hak untuk bagian dari keuntungan mereka. Berinvestasi dalam saham telah menjadi cara populer untuk mendapatkan penghasilan pasif selama bertahun-tahun, dan berkat internet, lebih mudah dari sebelumnya untuk meriset dan berinvestasi dalam saham sendiri.

Hanya dengen berinvestasi saham, kamu hanya perlu menyetorkan modal kamu di dalam saham tersebut, kemudian kamu hanya perlu memonitor berapa banyak keuntungan yang kamu dapatkan. Namun, perlu diperhatikan bahwa ketika kamu bermain saham, maka kamu harus bisa menganalisa pasar dengan baik, karena hal inilah yang akan menentukan apakah kamu rugi atau untung.

Menyewakan Properti

kamu dapat menyewakan rumah kamu saat berlibur atau pulang ke rumah saat tidak digunakan. kamu juga dapat menyewakan garasi, tempat parkir, atau ruang kantor yang tidak digunakan. Ini merupakan penghasilan tambahan yang bagus tanpa benar-benar melakukan apa pun kecuali menempatkan iklan.

Investasi dalam bidang properti ini sangat lah besar. Namun tidak ada salahnya jika keluarga kamu meiliki properti lebih dari satu dan tidak sedang ditempati, ada baiknya jika itu disewakan atau dikontrakkan dengan bayaran atau perbulan.

Jadi YouTuber

Seperti blogger, tidak semua YouTuber akan menjadi kaya, itu  kenyataan yang ada . Tapi, YouTube adalah cara yang menyenangkan untuk bercerita, membuat DIY, menawarkan tutorial, dan masih banyak lagi. Asalkan konten yang kamu hasilkan ada baiknya orisinal dan keren.

kamu menghasilkan uang di YouTube dengan pendapatan iklan. Tautan pada video kamu membawa pemirsa ke produk dan layanan yang dapat mereka beli.

Sponsor. Tidak sepenuhnya pasif, tetapi kamu dapat dibayar untuk mempromosikan produk dan perusahaan yang kamu yakini. Dan menciptakan produk kamu sendiri, seperti  kursus yang kamu jual melalui situs web kamu, dan lain sebagainya.

Jualan Online

Cara menghasilkan uang sambil tidur yang terakhir adalah, jualan online. Kalau dulu kita mengenal berbisnis harus mempunyai toko fisik maka aturan itu hari ini sudah tidak berlaku lagi. Selagi tidur nyenyak pun kamu tetap bisa mendapatkan order barang apapun yang dijual di merchant online. Proses pengiriman bisa dilakukan keesokan harinya ketika kamu memang sudah siap untuk mengantar barangnya ke jasa pengiriman atau menunggu jasa pengiriman datang

Membuat Komunitas dengan Keanggotaan

Bagi yang suka dengan kehidupan bersosial. kamu bisa menciptakan sebuah komunitas yang akan banyak memberi keuntungan immateri seperti pengetahuan dan berbagi pengalaman bagi para anggotanya. Umumnya komunitas tersebut adalah komunitas yang berhubungan dengan hobi.

Bagi peserta yang ingin masuk ke dalam komunitas tersebut dapat membayar registrasi atau biaya pendaftaran untuk bisa masuk ke dalam keanggotaannya.

Investasi Reksa Dana

Selain itu, cara untuk mendapatkan passive income adalah dengan berinvestasi reksa dana. Jenis investasi ini hampir mirip dengan saham. Namun, kamu tidak perlu melakukan analisa mendalam seperti saham. Karena kamu hanya perlu memercayakan modal yang kamu miliki kepada manajer investasi, dan mereka lah yang akan membantu kamu menghasilkan passive income dengan mudah.

Ajaib merupakan salah satu platform reksa dana online yang dapat membantu kamu mendapatkan passive income dengan mudah. Melalui Ajaib, kamu bisa melakukan investasi reksa dana secara online, kapan dan di mana saja hanya dengan modal Rp10 ribu. Jadi tunggu apalagi? Yuk mulai investasi reksa dana sekarang juga di Ajaib.

Artikel Terkait