Saham

Trik Dapat Cuan dari Strategi Trading dengan Pola Three White Soldiers

three-white-soldiers

Ajaib.co.id – Pola Three White Soldiers adalah salah satu pola candlestick yang mengisyaratkan perubahan tren harga dari bearish (turun) menjadi bullish (naik). Pola ini terdiri atas tiga candlestick bullish secara berurutan, di mana harga penutupan setiap candle selalu lebih tinggi dibandingkan candle sebelumnya. Candle bullish biasanya berwarna putih, biru, atau hijau.

Berikut ini ciri-ciri pola Three White Soldiers secara lebih terperinci:

  1. Harga baru saja mengalami penurunan, tetapi kemudian terbentuk tiga candle bullish secara berturut-turut.
  2. Ketiga candle memiliki body yang cukup panjang dan sumbu yang sangat pendek atau bahkan tanpa sumbu sama sekali. Semakin panjang body, maka sinyal bullish semakin kuat.
  3. Ukuran body pada candle kedua harus sama dengan atau lebih besar daripada candle pertama, sedangkan ukuran body pada candle ketiga harus sama dengan atau lebih besar daripada candle kedua.
  4. Harga penutupan candle kedua berada di atas harga penutupan candle pertama, sedangkan harga penutupan candle ketiga berada di atas harga penutupan candle kedua.

Tampilannya menyerupai formasi tiga batang candle pada bagian yang diarsir abu-abu dalam gambar ilustrasi di bawah ini:

Pola ini mengisyaratkan bullish reversal (pembalikan tren harga dari bearish menjadi bullish). Dengan demikian, pola ini berlawanan dengan pola Three Black Crows yang mengisyaratkan bearish reversal (pembalikan tren harga dari tren bullish menjadi tren bearish). Sangat menarik, bukan!?

Contoh Three White Soldiers di Bursa Saham

Pola candlestick yang terdiri atas tiga batang candle memiki akurasi yang cukup tinggi, meskipun tergolong jarang muncul dalam grafik harga saham harian. Kita juga dapat menemukan beberapa contoh Three White Soldiers di antara grafik saham-saham Indonesia.

Pola Three White Soldiers muncul pada grafik harga saham Allo Bank Indonesia (BBHI) bulan April 2022. Kamu dapat menyaksikan dalam gambar di bawah ini bahwa pola Three White Soldiers selesai terbentuk saat harga ditutup pada level Rp5525. Harga saham BBHI kemudian meningkat lagi pada keesokan harinya hingga mencapai lebih dari Rp5800, dan baru mulai menurun setelah dua hari berlalu.

Contoh Three White Soldiers lain juga terdeteksi pada saham Pakuwon Jati (PWON) bulan April 2022. Pola tersebut selesai terbentuk ketika harga ditutup pada level Rp510. Keesokan harinya, harga terus menerus meningkat. Reli bullish harga saham PWON selanjutnya bahkan mencapai kisaran Rp580.

Berapa lama tren bullish akan berlangsung setelah terbentuknya Three White Soldiers? Kita tidak dapat memprediksi pergerakan harga saham apa pun sejak awal.

Pada dasarnya, tidak ada indikator atau strategi apa pun yang dapat memperhitungkan harga saham secara 100% akurat. Namun, kita dapat memanfaatkan penemuan pola Three White Soldiers sebagai sinyal beli yang cukup jitu dalam strategi trading saham kita.

Strategi Trading dengan Pola Three White Soldiers

Pola Three White Soldiers merupakan sinyal bullish. Tapi, sebaiknya jangan langsung buru-buru memborong saham setelah pola ini terbentuk. Ada trik khusus agar kamu tidak sampai terjebak membeli saham dengan sinyal palsu (fake signal).

Trik utama dalam strategi trading dengan pola Three White Soldiers adalah dengan cara mencari konfirmasi tambahan. Konfirmasi tambahan tersebut dapat berupa salah satu atau beberapa situasi berikut ini:

  1. Pastikan bahwa pergerakan harga saham sebelumnya tidak sedang dalam kondisi sideways, melainkan benar-benar sedang bearish (candle berwarna hitam atau merah).
  2. Tunggulah sampai terbentuk candle satu lagi setelah pola ini muncul. Apabila candle berikutnya berupa candle bullish atau memiliki harga penutupan di atas batang White Soldier terakhir, berarti sinyal bullish terkonfirmasi dan kamu bisa langsung membeli saham itu.
  3. Tren harga saham dalam periode waktu yang lebih panjang sudah terlebih dahulu menunjukkan tren bullish, misalnya pada periode bulanan (1M) atau mingguan (1W).

Selain itu, perlu diketahui bahwa pola candlestick yang terbentuk pada timeframe (periode waktu) lebih panjang akan memiliki akurasi dan signifikansi lebih baik daripada pola yang terbentuk pada timeframe lebih pendek. Umpamanya, pola Three White Soldiers pada grafik saham berperiode bulanan akan lebih akurat daripada pola serupa yang terentuk pada grafik berperiode harian.

Keuntungan Three White Soldiers

Keuntungan Three White Soldiers bagi kita akan tergantung pada seberapa jauh kenaikan harga saham berlangsung. Oleh karena itu, ada baiknya menjalankan trik “let the profit run” atau membiarkan reli berlanjut hingga mencapai titik optimal tanpa target profit tertentu. Kamu juga dapat mengombinasikan pemanfaatan pola candlestick ini dengan indikator teknikal lain agar dapat menentukan kapan waktu ambil untung yang paling tepat.

Kamu dapat mengantisipasi kemunculan sinyal trading yang menguntungkan seperti ini dengan memantau grafik candlestick saham layar penuh via profil masing-masing emiten pada aplikasi Ajaib. Apabila tampilan mobile kurang jelas, kamu juga bisa mengakses platform trading saham via situs web Ajaib pada laptop atau PC.

Artikel Terkait