Tips Menentukan Nama Brand untuk Bisnis Kamu

nama brand
nama brand

Nama brand merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan dalam bisnis. Sebab, nama brand akan menggambarkan bisnis kamu secara menyeluruh. Pemberian namanya pun tidak boleh dilakukan sembarangan.

Dalam menentukan sebuah nama yang bagus untuk bisnis atau produk bukanlah hal yang mudah. Nantinya, nama tersebut akan terus melekat selama bisnismu berjalan.

Nama brand adalah sesuatu yang dapat mewakilkan bisnis tersebut, seperti filosofi, visi, dan misinya. Identitas bisnis sendiri akan menempel kuat di nama tersebut.

Saat ini, sudah banyak perusahaan terkenal yang membuat branding di kalangan masyarakat. Misalnya, Apple yang meluncurkan smartphone yang disebut iPhone.

Agar bisnismu bisa sukses seperti Apple, cobalah pertimbangkan nama brand yang akan digunakan. Jika kamu masih bingung, berikut ini adalah tips menentukan nama yang bagus untuk bisnismu :

Mencari Nama Brand yang Potensial

Sebelum menentukan nama brand, sebaiknya kamu melakukan brainstorming terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan brainstorming dengan rekan bisnis atau orang terdekat untuk menentukan ide-ide baru.

Pertama, kamu harus menjabarkan terlebih dahulu mengenai bisnis apa yang akan dijalani, seperti makanan, produk kecantikan, produk kreatif, dan lainnya.

Kamu bisa menuliskan kata-kata kunci yang berhubungan dengan bisnismu. Mulai dari jenis, target pelanggan, produk, hingga lokasi tempat. Semakin banyak kata-kata, maka akan semakin banyak pula referensi yang bisa didapatkan.

Setelah menuliskan kata-kata kunci, kamu bisa mencoba mencari sinonimnya. Pada intinya, carilah kata-kata yang berbeda, namun dengan arti dan makna yang sama.

Nama yang Mudah Diucapkan

Memberikan nama brand memang berasal dari kreativitas seseorang. Namun, bukan berarti bisa dilakukan sembarangan.

Harus ada beberapa pertimbangan yang dipikirkan, supaya nama tersebut bisa membawa dampak yang positif terhadap penjualan bisnis.

Para pengusaha harus membuat nama brand yang mudah diucapkan. Semakin mudah diucapkan, maka nama tersebut akan semakin mudah diingat oleh konsumen.

Jangan menggunakan nama yang memiliki makna negatif. Jika namanya bermakna negatif, maka bisnis kamu tidak akan berkembang nantinya.

Menentukan Jenis Penamaan Brand

Dikutip dari Tech in Asia, ada tiga jenis penamaan dalam menentukan nama brand. Pertama, Literal atau nama yang sesungguhnya.

Kedua, Methaporic atau perumpamaan. Ketiga adalah Fanciful atau nama yang indah alias keren.

Dari ketiga jenis penamaan tersebut, tipe yang sangat tidak disarankan adalah Fanciful. Sebab, tipe tersebut tidak menggambarkan suatu produk.

Jika kamu menggunakan jenis penamaan ini, maka kamu memerlukan strategi marketing yang kuat untuk mempromosikan produk atau bisnismu.

Brand ternama yang menggunakan tipe Fanciful adalah McDonalds, Nike, dan Apple. Ketiga brand ini menggunakan nama yang berlawanan dengan produk mereka.

Sementara untuk Methaporic adalah nama yang paling sering digunakan. Dengan teknik ini, nama tersebut telah menggambarkan produk yang dijual. Contohnya adalah Facebook, Electronic Arts, hingga Swatch.

Lakukan Pengetesan Nama Terlebih Dahulu

Saat ingin menentukan nama brand, kamu perlu melakukan pengetesan nama terlebih dahulu.

Dilansir dari Marketingmo, terdapat beberapa hal yang wajib kamu perhatikan, yaitu :

  • Mudah diucapkan dan terdengar jelas ketika disebutkan di telepon
  • Tidak salah sebut karena nama yang samar dengan brand lainnya
  • Mudah diucapkan atau dieja
  • Menggambarkan identitasnya
  • Singkat atau ringkas

Jika proses pengetesan tersebut sudah dilewati, sebaiknya jangan langsung menentukan. Kamu bisa meminta pendapat dari orang-orang terdekat.

Kalau menurut mereka nama itu bagus dan mudah diucapkan, jangan ragu untuk menggunakan nama tersebut.

Itulah tips menentukan nama yang bagus untuk bisnismu. Hal yang harus kamu ingat adalah jangan meniru brand lain. Buatlah identitas sendiri tanpa meniru orang lain.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait