Rumah Tangga Masa Kini

Tips Mempersiapkan Biaya Program Hamil

biaya-program-hamil

Ajaib.co.id – Kehamilan secara alami tanpa program memang diidamkan oleh banyak pasangan yang telah menikah. Namun, tidak sedikit pasangan menikah yang mengalami kesulitan untuk memiliki anak. 

Saat ini banyak program hamil yang ditawarkan untuk mengatasi kesulitan tersebut. Tes kesehatan dan kesuburan serta berbagai rangkaian pemeriksaan perlu dilakukan yang tentunya akan menghabiskan banyak biaya.

Oleh karena itu selain kondisi kesehatan, biaya program hamil yang cukup mahal juga penting untuk dipersiapkan. Nah, berikut ini beberapa tips untuk mempersiapkan biaya program hamil.

Pengertian Program Hamil

Program hamil atau yang sering disebut sebagai promil merupakan serangkaian proses atau program yang biasanya disusun oleh dokter sebagai bentuk usaha yang dilakukan oleh pasangan untuk mendapatkan keturunan.

Infertilitas bisa saja terjadi baik dari faktor istri maupun suami atau bahkan keduanya. Mungkin saja terdapat gangguan masa subur, atau haid pada istri atau kelainan pada sperma suami, dan hambatan pada organ reproduksinya.

Pada awal program, umumnya pasangan akan berdiskusi dengan dokter kandungan terlebih dahulu mengenai pola hidup seperti vitamin, konseling genetik, olahraga, obat-obatan maupun konseling genetik.

Selain itu, konsultasi jadwal hubungan seksual pasangan juga diatur, dan dilakukan setiap bulan pada masa subur secara teratur. Kemungkinan untuk suksesnya pembuahan pada masa ini akan lebih tinggi. 

Tujuan dari pemeriksaan dan konsultasi ini adalah untuk mengetahui hal-hal yang menyebabkan infertilitas. Selanjutnya dokter akan memberikan program dan melakukan prosedur berikutnya. 

Beberapa metode program hamil yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah infertilitas, yaitu:

  1. Pemberian obat-obatan untuk membantu ovulasi.
  2. Inseminasi buatan atau inseminasi intrauterin (IUI).
  3. Pembedahan pada tuba falopi yang mengalami penyumbatan.
  4. Bayi tabung / In Vitro Fertilization (IVF).
  5. Terapi Akupuntur.
  6. ICSI atau injeksi sperma intracytoplasmic.
  7. Suntik hormon hCG.

Harga Program Hamil

Program hamil dapat dilakukan di klinik maupun di rumah sakit. Saat ini banyak sekali rumah sakit atau klinik yang menawarkan paket program hamil.

Beberapa rumah sakit mungkin mematok harga yang sangat mahal untuk program kehamilannya dengan garansi keberhasilan program yang tinggi dan pelayanan yang eksklusif.

Namun jangan khawatir masih ada beberapa klinik dan rumah sakit yang memberikan penawaran dengan harga yang masih terjangkau pada paket-paket program mereka. 

Berikut ini adalah kisaran harga prosedur program hamil yaitu:

  • Untuk konsultasi dokter spesialis sekitar Rp200.000 hingga Rp500.000.
  • Biaya USG Rp200.000 hingga Rp500.000.
  • Biaya bank sperma dan juga embrio  mulai dari Rp1.650.000.
  • Biaya pemeriksaan hormon Rp300.000 hingga Rp600.000.
  • Biaya Histerosalpingografi (HSG) berada di kisaran Rp1.400.000 hingga Rp2.500.000.
  • Biaya pembekuan embrio mulai dari Rp6.000.000.
  • Biaya inseminasi buatan Rp2.000.000 hingga Rp17.600.000.
  • Biaya bayi tabung (IVF) mulai dari Rp21.000.000.

Paket yang disediakan oleh klinik dan rumah sakit biasanya termasuk tindakan-tindakan yang akan dilakukan namun belum termasuk biaya obat-obatan yang harus dikonsumsi. 

Apakah Program Hamil Ditanggung oleh BPJS Kesehatan?

BPJS Kesehatan memang merupakan andalan pengobatan bagi masyarakat Indonesia. Namun tidak semua penyakit atau pengobatan yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Untuk melakukan program hamil, tes kesuburan adalah langkah awal yang harus dilakukan. Tes kesuburan yang detail  diperlukan pada tahap pemeriksaan.

Pada pria dilakukan pemeriksaan organ reproduksi dan juga analisa sperma. Wanita perlu melakukan pemeriksaan dasar seperti USG transvaginal, USG perut, HSG dan juga pemeriksaan dasar lainnya. 

Pemeriksaan secara detail ini hingga saat ini belum ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Berdasarkan Peraturan Presiden No 12 Tahun 2013 Pasal 25 bahwa pelayanan kesehatan untuk mengatasi infertilitas tidak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. 

Namun demikian, jika program hamil yang dilakukan berhasil, semua layanan yang menyangkut kehamilan bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan, seperti usg, persalinan, pelayanan KB. 

Tips Mempersiapkan Biaya Program Hamil

Program hamil membutuhkan biaya yang tidak sedikit atau terbilang relatif mahal. Sebelum memulai program hamil, setiap pasangan perlu mempersiapkan biaya agar tidak mengganggu keberlangsungan program karena kekurangan biaya. 

 Berikut ini adalah beberapa tips untuk mempersiapkan biaya program hamil, antara lain:

Ketahui kondisi kesuburan

Memeriksa kondisi kesuburan pasangan suami istri adalah hal pertama yang harus dilakukan untuk mempersiapkan biaya program hamil. 

Setiap pasangan yang ingin mengikuti program hamil terlebih dahulu harus melakukan pemeriksaan kesuburan untuk mengetahui masalah infertilitas yang mereka alami. 

Kondisi kesuburan dapat disebabkan oleh banyak hal seperti pola hidup, penyakit, kondisi genetik dan lainnya. Oleh karena itu penting untuk mengetahui dengan pasti kondisi kesuburan setiap pasangan.

Pilih jenis dan biaya program hamil  yang ingin diikuti

Setelah mengetahui masalah infertilitas, maka hal selanjutnya adalah memilih jenis dan juga program hamil yang ingin diikuti. 

Cari tahu dan kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya untuk mengetahui jenis program hamil yang dapat mengatasi masalah infertilitas yang dialami. 

Biasanya dokter akan memberikan masukan dan informasi mengenai program yang akan dijalani dan juga kisaran biaya yang dibutuhkan untuk menjalani program hamil tersebut. 

Periksa kondisi keuangan 

Setelah mengetahui biaya dan jenis program yang dijalani, periksa kondisi keuanganmu dan pasangan. Cobalah untuk menyesuaikan  jenis dan biaya program hamil yang yang akan dijalani dengan jumlah tabungan yang dimiliki. 

Kurangi pengeluaran yang tidak perlu dan mulailah menambah sumber penghasilan atau jika belum memiliki tabungan sama sekali, mulailah berkomitmen untuk menabung dengan segera. 

Jangan lupa untuk tetap mempersiapkan biaya tak terduga sebagai biaya cadangan yang mungkin dibutuhkan. 

Manfaatkan asuransi kesehatan yang dimiliki

Untuk menghemat biaya program hamil, cobalah untuk mencari tahu mengenai asuransi kesehatan yang kamu dan juga pasangan miliki.

Jika asuransi yang dimiliki bisa digunakan untuk melakukan program hamil, manfaatkan asuransi tersebut dengan sebaik mungkin untuk biaya yang lebih hemat.

Penting untuk kamu ketahui bahwa cakupan dan juga prosedur asuransi mengenai masalah infertilitas cukup beragam, yah.

Mempersiapkan biaya program hamil juga dapat dilakukan dengan menambah sumber penghasilan, seperti yang telah dibahas pada poin di atas. 

Kamu dapat menambah penghasilan dengan melakukan investasi pada berbagai instrumen yang sesuai dengan portofolio risiko yang kamu miliki. 

Ajaib merupakan aplikasi investasi yang dapat membantu kamu untuk memulai investasi. Telah terdaftar di OJK dan mudah serta aman untuk berinvestasi. Yuk, investasi di Ajaib sekarang!

Artikel Terkait