Dunia Kerja

Tips Jitu Menghadapi Walk In Interview Agar Bisa Diterima

walk in interview

Ajaib.co.id – Mencari pekerjaan sekarang ini cukup banyak caranya, salah satunya adalah walk in interview. Dalam bahasan kali ini, redaksi Ajaib akan mebagikan tips jitu agar cara ini berhasil kamu taklukan.

Mencari pekerjaan tidak lagi dengan menunggu panggilan dari perusahaan. Pada zaman digital di mana seluruh informasi sangat mudah untuk didapatkan seperti sekarang ini, sudah saatnya para pencari kerja menjemput bola dan mulai mencari pekerjaan dengan mandiri. Hal inilah yang banyak dilakukan kaum milenial sekarang, mengambil kesempatan sebanyak mungkin untuk mencari pekerjaan terbaik.

Namun ada hal yang perlu dipersiapkan, yaitu cara untuk melalui proses rekrutmen dengan lancar. Proses rekrutmen pekerjaan ini biasanya meliputi cek kesehatan, tes psikologi, hingga wawancara atau interview.

Interview adalah salah satu proses rekrutmen yang selalu ada pada setiap rekrutmen pekerjaan di perusahaan manapun. Interview dilakukan agar perusahaan dapat mengenal baik calon karyawan yang akan direkrut.

Selain interview lanjutan yang biasanya didahului dengan screening test, ada pula yang dinamakan Walk In Interview. Walk In Interview adalah jenis wawancara yang biasanya dilakukan perusahaan untuk posisi pekerjaan yang dilamar oleh banyak orang.

Untuk mempersingkat proses rekrutmen, maka perusahaan mengadakan Walk In Interview yang memungkinkan perusahaan untuk mewawancara banyak pelamar dalam satu waktu.

Milenial dengan umur pekerja seperti kamu pasti sangat membutuhkan kemampuan ini, terutama bagi yang memang sedang mencari kerja. Karena pada artikel kali ini kita akan membahas tips menghadapi Walk In Interview. Setidaknya ada empat tips utama untuk menghadapi Walk In Interview, antara lain:

Teliti Membaca Lowongan Kerja

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam melamar ke sebuah pekerjaan adalah membaca pengumuman rekrutmen dengan teliti. Hal ini akan menghemat waktu kamu dan pihak perusahaan di kemudian hari. Karena jika kamu telah membaca pengumuman tersebut dengan teliti, maka kamu akan mengetahui apakah pekerjaan tersebut cocok untuk kamu.

Namun jika kamu asal saja melamar pekerjaan tanpa mengetahui persyaratannya, maka usaha kamu untuk datang ke Walk In Interview pun akan sia-sia dan hanya menghabiskan waktumu serta perusahaan yang menyelenggarakan rekrutmen.

Maka itu, pastikan syarat pekerjaan sudah kamu pahami. Lebih baik lagi jika pekerjaan yang dilamar sesuai dengan bidangmu sehingga kamu bisa memiliki peluang besar untuk diterima.

Penting juga untuk memperhatikan perusahaan yang membuka rekrutmen. Pastikan perusahaannya jelas dan lowongan kerja yang disebarkan juga resmi. Banyak sekali pencari kerja di masa ini, tidak heran jika banyak pula penipuan yang ada dengan mengatasnamakan rekrutmen. Maka itu, kamu harus berhati-hati dalam melamar pekerjaan, ya!

Mempersiapkan Diri dan Berpenampilan Rapi

Setelah memastikan bahwa lowongan pekerjaan sudah sesuai. Kini kamu mempersiapkan diri untuk datang ke Walk In Interview yang sudah dijadwalkan. Siapkan diri kamu sebelum menghadapi proses rekrutmen yang satu ini, mulai dari mengisi tenaga dengan makan secukupnya dan menyiapkan dokumen serta pakaian untuk digunakan.

Penampilan adalah hal pertama yang dinilai dari seseorang, terutama dalam konteks acara formal, termasuk wawancara kerja. Pada wawancara kerja, pihak rekrutmen dapat menilai seseorang dari penampilan dan cara berbicaranya.

Dengan berpenampilan rapi, kamu juga akan mendapat nilai tambahan dari tim rekrutmen. Mereka pun juga menganggap bahwa kamu serius dalam mencari pekerjaan dan tidak main-main sehingga semakin terbuka peluang kamu untuk diterima di perusahaan tersebut.

Membawa Dokumen Lengkap

Pada Walk In Interview, kamu akan dimintai identitas diri. Hal ini dibutuhkan perusahaan saat rekrutmen agar bisa mengenal diri pelamar yang banyak dalam waktu singkat. Bayangkan jika kamu datang ke Walk In Interview tetapi tidak membawa dokumen identitas lengkap, usaha kamu untuk datang ke Walk In Interview pun menjadi sia-sia.

Setelah menyiapkan segala persyaratan dokumen yang dibutuhkan, jangan lupa juga untuk membuat CV yang menarik. Pada Walk In Interview biasanya kamu hanya mendapat kesempatan dalam hitungan menit saja untuk merepresentasikan diri kamu dengan baik.

Dalam waktu yang singkat ini, tim rekrutmen perusahaan akan langsung menilai apakah kamu cocok dengan persyaratan yang dibutuhkan atau tidak. Maka itu, sangat penting untuk menyiapkan CV yang lengkap dan menarik. Pastikan pula CV kamu dapat mudah dibaca dan tidak berbelit-belit.

Optimis

Hal-hal umum yang ditanyakan dalam Walk In Interview adalah pengalaman dan pemahaman kamu dalam pekerjaan yang dilamar. Kedua hal ini memang terdengar seperti pertanyaan yang sederhana tetapi sebenarnya kedua pertanyaan ini perlu disiapkan terlebih dahulu sebelum Walk In Interview berlangsung.

Kamu bisa menyiasati kedua pertanyaan ini dengan menulis daftar pengalaman yang telah kamu miliki agar kamu mudah untuk menjelaskannya saat Walk In Interview.

Kamu juga dapat mempelajari terlebih dahulu mengenai pekerjaan yang kamu lamar sebelum wawancara kerja dimulai. Hal ini dilakukan agar kamu bisa memahami tujuan dan tugas pekerjaan tersebut dengan tepat. Jika jawabanmu dirasa baik maka tim rekrutmen pasti tidak akan sungkan untuk menerima kamu sebagai bagian dari perusahaannya.

Mencari kerja memang bukanlah sesuatu hal yang mudah. Banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi keputusan perusahaan untuk akhirnya menerima pelamar kerjanya, termasuk faktor keberuntungan.

Namun dengan menjalani empat tips di atas, paling tidak kamu sudah memenuhi kewajiban untuk menjadi pelamar kerja yang baik dengan mempersiapkan diri dan menggunakan pakaian rapi.

Apakah kamu menjadi lebih siap menghadapi Walk In Interview setelah membaca artikel ini? Jangan lupa, kunci utama untuk sukses dalam menghadapi Walk In Interview adalah persiapan! Semakin kamu siap, maka semakin besar peluangmu untuk dapat berhasil menghadapi Walk In Interview. Semoga Walk In Interview kamu sukses, ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait